Sukses

Ayo Lakukan, Ini Tips Makan Sehat saat Tahun Baru

Melihat hidangan tahun baru yang beragam dan enak, pastinya bikin Anda jadi kalap untuk mengonsumsinya. Atur porsi makan, yuk, dan ikuti tips makan sehat ini!

Apa yang paling Anda tunggu-tunggu saat tahun baru? Biasanya hidangan barbeque dan camilan manis yang jadi favorit. Namun ingat, Anda harus tetap mengontrol konsumsinya.

Konsumsi menu-menu menggiurkan tersebut secara berlebihan berpotensi kurang baik untuk kesehatan Anda. Namun, bagaimana kalau godaan untuk melahap semuanya sulit ditolak?

Tak usah panik, hal ini masih bisa diatasi dengan sejumlah trik, kok! Ikuti tips makanan sehat untuk perayaan tahun baru berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Batasi Porsi Makan

Meski semua makanan terlihat menggugah selera, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan berat badan dengan menjaga porsi makan.

Kalau ingin memakan semua jenis makanan yang terhidang, ambillah makanan dengan porsi sedikit.

2. Jeli Memilih Makanan

Cobalah memilih hidangan yang relatif lebih sehat, misalnya sajian ikan. Bila Anda ingin mengonsumsi ayam, sebaiknya hindari bagian kulitnya karena mengandung kolesterol sangat tinggi.

Untuk menu daging sapi, jenis daging yang perlu Anda pilih sebaiknya yang tidak mengandung lemak.

Jenis daging lean meat yang bebas lemak memiliki kalori yang relatif lebih rendah. Plus, lebih sehat untuk jantung dan pembuluh darah.

Artikel Lainnya: 5 Resolusi Sehat Menyambut Tahun Baru

2 dari 6 halaman

3. Hindari Daging yang Terlalu Lama Dibakar

Perayaan tahun baru sering dimeriahkan dengan acara bakar daging yang dilakukan secara langsung.

Bila memungkinkan, sebaiknya berikan permintaan khusus kepada chef untuk makanan yang akan Anda konsumsi.

Minta proses pembakaran daging tidak dilakukan terlalu lama. Makanan yang dibakar cenderung kurang sehat akibat potensi karsinogenik yang bisa muncul. Karsinogenik adalah zat-zat yang memicu timbulnya kanker.

Lalu, minta juga agar proses pembakaran tidak ditambahkan banyak minyak. Sebab, minyak yang diproses dalam suhu tinggi akan berubah menjadi lemak jenuh. Inilah yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Artikel Lainnya: Empat Cara Sehat Meski Begadang di Tahun Baru

4. Imbangi dengan Makanan Sehat

Tetap makan menu makanan sehat seperti buah dan sayur saat pesta tahun baru. 

Dengan begitu, Anda tetap bisa menyeimbangkan kebutuhan serat, serta memperoleh asupan vitamin dan mineral yang cukup dari keduanya.

3 dari 6 halaman

5. Banyak Minum Air Putih

Pesta tahun baru pasti juga identik dengan beragam minuman segar, misalnya soda, es sirup, dan alkohol. Nah, tanamkan dalam diri bahwa air putih-lah pilihan terbaik!

Minuman manis dapat membuat kadar gula darah meningkat. Konsumsi dalam jumlah banyak memberikan risiko diabetes.

Begitu pula dengan alkohol. Selain efek jangka pendeknya yang bisa menyebabkan sakit kepala dan mabuk, alkohol pun dapat menyebabkan kerusakan organ hati dalam jangka panjang.

Artikel Lainnya: Merayakan Tahun Baru di Keramaian? Waspadai 5 Risiko Kesehatan Ini

6. Katakan “Tidak” pada Makanan Olahan 

Kurangi konsumsi makanan olahan. Contohnya, nugget, sosis, dan daging asap. Cara pengolahannya yang sering kali menggunakan minyak banyak, misalnya digoreng, akan menghasilkan asupan lemak jenuh dan kolesterol tinggi.

Selain asupan lemak yang kurang sehat tersebut, makanan olahan umumnya sangat tinggi kadar garamnya. Konsumsi garam dalam jumlah berlebihan membuat Anda berisiko mengalami hipertensi.

4 dari 6 halaman

7. Pilih Karbohidrat Sehat

Karbohidrat sederhana seperti roti putih, kentang, dan nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat. Beberapa saat setelahnya, gula darah juga dengan cepat akan kembali menurun.

Akhirnya, Anda akan cepat merasa lapar kembali. Lonjakan gula darah tersebut juga kurang baik untuk pengaturan sistem gula darah dalam tubuh.

Untuk itu, sebisa mungkin pilihlah karbohidrat yang lebih sehat yaitu jenis karbohidrat kompleks. Bila tersedia, sebaiknya pilih nasi merah maupun olahan gandum.

Artikel Lainnya: Pentingnya Batasi Minuman Beralkohol Saat Perayaan Tahun Baru

8. Pilih Camilan Sehat

Saat tahun baru, akan ada banyak camilan enak yang tersedia. Mulai dari keripik kentang, gorengan, kue, cokelat, kentang goreng, dan sebagainya.

Asal tidak dikonsumsi terlalu banyak, makan beragam kudapan tersebut tidak masalah, kok.

Namun, kalau ingin tetap sehat selama tahun baru, Anda bisa memilih camilan yang lebih bermanfaat. Misalnya, buah segar, kacang-kacangan, dan buah kering. 

5 dari 6 halaman

9. Tetap Lengkapi Kebutuhan Nutrisi

Sangat mungkin Anda akan kalap untuk melahap daging sapi atau ayam hasil barbeque-an. Namun, hidangan tersebut hanya merupakan sumber lemak dan protein.

Tetap pastikan asupan Anda mengandung nutrisi lengkap sesuai kebutuhan tubuh dan dalam porsi yang tepat.

Usahakan setiap menu makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral, serta serat yang cukup.

Itulah beberapa tips makanan sehat di malam tahun baru yang patut Anda ikuti. Selain bisa menurunkan risiko kenaikan berat badan, tips tersebut bisa bantu Anda tetap sehat!

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar makanan sehat lebih mudah, pakai LiveChat dari Klikdokter. Anda pun bisa mengetahui berat badan ideal lewat Kalkulator BMI.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar