Sukses

Ayo Lakukan, Ini Tips Makan Sehat Saat Tahun Baru

Melihat hidangan tahun baru yang beragam dan enak, pastinya bikin Anda jadi kalap untuk mengonsumsinya. Atur porsi makan, yuk, dan ikuti tips makan sehat ini!

Apa yang paling Anda tunggu-tunggu saat perayaan tahun baru? Salah satunya adalah hidangan barbeque dan juga camilan manis. Namun ingat, Anda harus tetap terkontrol mengonsumsinya. Supaya tidak bablas, Anda bisa mengikuti tips makan sehat saat perayaan tahun baru ini.

Namun, bagaimana kalau godaan mengonsumsi segalanya sulit ditolak? Tak usah panik, sebenarnya hal ini masih diatasi oleh sejumlah trik. Namun sebelumnya, tips makan sehat menurut medis ini harus Anda ketahui. Ini supaya Anda paham betapa penting untuk mengontrolnya.

Tips Makan Sehat Saat Tahun Baru

Daging bakar, jagung bakar, sosi bakar, roti bakar, ayam panggang, kue kering dan hidangan berbagai lainnya tersedia di meja makan saat tahun baru. Apalagi jika tahun baru kali ini, dirayakan bersama dengan keluarga besar maupun dengan teman-teman kelompok Anda. 

Meski begitu, janganlah Anda kalap melihat semua jenis makanan yang tersedia di atas meja. Ini karena makan terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan, khususnya sistem pencernaan Anda. Untuk itu, ketahuilah beberapa tips makan sehat saat tahun baru, menurut pandangan medis di bawah ini.

Artikel Lainnya: Beragam Makanan Sehat yang Bisa Anda Santap Sesuai Usia

  • Batasi Porsi Makan 

Meski semua makanan terlihat menggugah selera, Anda tetap perlu menjaga kesehatan dan berat badan dengan menjaga porsi makan. Jika Anda ingin memakan semua jenis makanan yang tersedia di meja, ambilah makanan dengan porsi sedikit. Ini supaya Anda bisa mencicipi semua jenis makanan yang ada di meja. 

  • Imbangi dengan Makanan Sehat

“Makanan sehat, seperti sayuran dan buah pasti tersedia di atas meja makan. Imbangi kedua jenis makanan ini dengan daging panggang yang tersedia. Anda juga bisa memilih daging yang lebih sehat seperti ikan untuk menu makan malam di tahun baru,” jelas dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter

  • Banyak Minum Air Putih

Tidak hanya air putih, tetapi ada juga minuman soda, sirup, dan alkohol juga mungkin tersedia di atas meja ketika tahun baru tiba. Jika Anda ingin tetap mengonsumsi makanan sehat saat tahun baru, hindari minuman-minuman tersebut. Minumlah air putih sebagai penggantinya. 

“Minuman manis mengandung kalori tinggi yang bisa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh. Ini pada akhirnya bisa menimbulkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes, ” ujar dr. Seruni Mentari.

Artikel Lainnya: 10 Makanan Sehat ini Tidak Boleh Anda Makan Berlebihan

  • Katakan Tidak pada Makanan Olahan 

Jangan tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji lagi. Berikanlah setidaknya satu hari penuh dengan makanan sehat karena di hari biasanya, sudah Anda isi dengan makanan olahan yang praktis. 

Bila perlu, masaklah makanan sehat di rumah, jangan tergoda untuk memesan makan via ponsel. Ini supaya terhindar dari makanan berlemak yang menguras kocek Anda.

  • Pilih Karbohidrat Sehat

Penuhi asupan karbohidrat dengan karbohidrat kompleks, misalnya umbi-umbian. Ya, Anda bisa mengganti roti tawar dan nasi putih dengan nasi merah, kentang kukus atau rebus, atau gandum.

  • Pilih Camilan Sehat

Saat tahun baru, akan ada banyak camilan yang tersedia. Mulai dari keripik kentang, gorengan, biskuit, cokelat, permen, kentang goreng dan sebagainya. Jika ingin tetap sehat selama tahun baru, Anda bisa memilih camilan sehat. Misalnya, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering. 

  • Jangan Gunakan Saus Kemasan 

Meski Anda disarankan untuk memasak makanan di rumah, hindarilah juga saus-saus kemasan. Misalnya, saus tomat, saus cabai, ataupun mayones. Selain tidak baik untuk kesehatan, saus kemasan juga mengandung kalori tinggi yang berdampak buruk pada kenaikan berat badan. 

  • Pilih Makan Siang yang Sehat 

Jika Anda berencana untuk mengadakan pesta bakar-bakaran di malam tahun baru isilah perut Anda dengan makanan sehat di siang harinya. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks dan serat tinggi. Isi juga perut Anda dengan buah dan sayur. 

Itulah beberapa tips makan sehat di malam tahun baru yang patut Anda ikuti. Selain menurunkan risiko kenaikan berat badan. Tips di atas juga membantu Anda tetap sehat, meski jumlah asupan makananan yang dikonsumsi lebih banyak dari biasanya. 

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar