Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bagaimana Efek bagi Kesehatan Jika Suka Olahraga di Ruangan Ber-AC?

Bagaimana Efek bagi Kesehatan Jika Suka Olahraga di Ruangan Ber-AC?

Karena malas panas-panasan, banyak orang yang lebih suka olahraga di ruangan ber-AC. Adakah dampaknya bagi kesehatan?

Sebagai pencinta olahraga, Anda pasti menyukai tempat olahraga yang nyaman, entah itu outdoor ataupun indoor. Tentunya keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing.

Tempat olahraga di dalam ruangan tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan. Berolahraga indoor memungkinkan Anda bisa memilih kapanpun waktu untuk berolahraga, tidak perlu memedulikan cuaca.

Oleh sebab itu, banyak orang lebih memilih berolahraga di gym atau tempat fitness. Karena selain bebas polusi dan panas, hampir setiap gym atau tempat fitness sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Namun, bolehkah Anda berolahraga di dalam ruangan ber-AC? Adakah efek dari olahraga di dalam ruangan yang memiliki pendingin udara? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1 dari 3 halaman

Efek Olahraga di Ruangan Ber-AC

Tujuan dari olahraga adalah mengeluarkan keringat. Lalu, bolehkah bila olahraga di lakukan di tempat yang dilengkapi pendingin udara? Sebetulnya, tidak ada yang melarang Anda berolahraga di ruangan dingin, asalkan udaranya bersih dan suhunya tepat.

Selain itu, ternyata ada beragam manfaat yang cukup menguntungkan dari olahraga di tempat ber-AC.

Artikel Lainnya: Manfaat Peregangan Saat Gagal Olahraga di Luar Ruangan

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa olahraga di ruangan ber-AC dapat meningkatkan produksi energi ketimbang berolahraga di tempat yang panas.

Mengapa demikian? Alasannya adalah karena tubuh perlu waktu lebih lama untuk berkeringat sehingga durasi olahraga yang dilakukan di ruangan dengan pendingin udara jadi lebih lama.

Beda halnya saat Anda berolahraga di luar ruangan pada pagi atau siang hari. Tubuh Anda akan cenderung lebih mudah berkeringat. Semakin cepat tubuh mengeluarkan keringat, makin cepat pula tubuh mengalami kelelahan.

Alhasil, durasi olahraga menjadi lebih pendek dan pembakaran lemak kurang maksimal. Tak hanya itu, risiko dehidrasi pun meningkat.

Keuntungan lainnya dari olahraga di ruangan ber-AC meliputi:

  • Udara yang sejuk membuat orang-orang betah berolahraga.
  • Mendinginkan tubuh lebih cepat pasca berolahraga.
  • Kram otot lebih jarang terjadi saat berolahraga di ruangan dengan temperatur terkontrol.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, Anda tetap boleh berolahraga di dalam ruangan ber-AC karena manfaatnya tetap bisa dirasakan.

Artikel Lainnya: Lari di Treadmill atau Luar Ruangan, Mana Lebih Baik?

2 dari 3 halaman

Tips Olahraga di Tempat Ber-AC

Meski sama-sama bermanfaat untuk tubuh, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila Anda sering olahraga di tempat ber-AC.

Agar berolahraga di ruangan ber-AC tetap aman dan bermanfaat bagi kesehatan, maka berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Suhu pendingin ruangan yang disarankan untuk berolahraga adalah 20-22 derajat Celsius. Hindari suhu ruangan yang terlampau dingin.
  • Kebersihan AC harus diperhatikan. AC perlu rutin dibersihkan karena jika tidak, dapat menjadi sarang jamur dan bakteri, khususnya bakteri Legionella pneumophila yang dapat menginfeksi paru-paru.
  • Jika sedang sakit, sebaiknya hindari untuk berolahraga di dalam ruangan karena berisiko menularkan penyakit ke orang yang berada di dalam satu ruangan.
  • Ruangan harus sering dibuka agar terjadi pertukaran udara.
  • Gunakan purifier dan humidifier. Pada ruangan tertutup kedua alat ini dapat sangat membantu agar menjaga udara tetap bersih dan tidak kering.  

Selain beberapa poin di atas, olahraga di ruangan dengan AC juga sebaiknya divariasikan dengan olahraga di luar ruangan. Dengan lebih banyak pilihan jenis olahraga, Anda tidak akan mudah bosan.

Anda dapat berolahraga di pagi, sore, bahkan malam hari agar udaranya cukup nyaman. Anda pun dapat memilih lokasi yang rindang, banyak pepohonan, atau pemandangan yang membuat Anda lebih bersemangat.

Manfaat berolahraga di dalam ruangan ber-AC memang banyak sekali. Namun, pastikan bahwa gym atau kelas olahraga tempat Anda berlatih merawat kebersihan tempat sekaligus pendingin ruangan secara rutin.

Selain itu, jangan lupakan juga olahraga di luar ruangan. Ingat, olahraga di ruangan yang sejuk ataupun di luar ruangan, manfaatnya sama-sama baik bagi tubuh. Tentunya khasiat tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. 

Konsultasi seputar gaya hidup sehat lebih mudah dilakukan melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar