Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mudah Terpengaruh Influencer, Ini Efek Terlalu Banyak Pakai Skin Care

Mudah Terpengaruh Influencer, Ini Efek Terlalu Banyak Pakai Skin Care

Meja rias kini dipenuhi skin care yang Anda sendiri bingung kapan harus pakai semuanya. Hati-hati, bukannya glowing, justru bikin kulit bermasalah!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi penyuka dunia kecantikan, menyaksikan influencer mengulas beragam skin care memang bikin ketagihan. Pasalnya, siapa sih, yang tidak ingin kulitnya mulus dan glowing? Namun, tunggu dulu, sebenarnya terlalu banyak coba-coba skin care juga bisa memberikan efek buruk buat kulit, lho!

Kulit Akan Terasa Berat

Ya, ternyata yang bisa bingung bukan cuma pikiran Anda, tapi juga kulit! Mengerjakan sesuatu saat sedang bingung saja hasilnya cenderung gatot alias gagal total. Begitu pula dengan kondisi kulit yang bingung terpapar skin care berbeda setiap harinya. Bukannya membuat kondisi kulit menjadi lebih baik, hasil yang terjadi malah sebaliknya. 

Bila memakai satu jenis skin care yang mengandung zat pemicu alergi kulit, risikonya kulit jadi gatal dan muncul beruntus. Apalagi kalau Anda tak paham kandungan produknya. Risiko alergi dan muncul masalah kulit lainnya tentu semakin tinggi!

Lalu, bagaimana tolak ukurnya sampai Anda bisa dikategorikan sebagai pengguna yang terlalu sering berganti produk skin care? Dilansir dari laman Beauty RX, ternyata, tidak ada patokan pasti soal jumlahnya. Ini karena kebutuhan tiap orang berbeda-beda.

Artikel Lainnya: Awas, Jangan Oleskan 9 Bahan Ini ke Kulit Wajah 

Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa mengetahuinya. Saat Anda sedang memakai produk skin care berlapis-lapis atau kerap disebut sebagai teknik layering, ada kalanya kulit wajah sudah terasa berat. Misalnya, terlalu berminyak, terlalu lengket, serta menimbulkan rasa gatal dan tak nyaman.

Produk skin care berbahan dasar krim atau serum kental umumnya yang paling sering menimbulkan kesan berat. Jika perasaan tersebut timbul pada pemakaian produk X, lebih baik konsultasikan hal tersebut kepada dokter kulit. Apakah Anda mesti memberhentikan teknik layering tersebut di tahapan sebelum produk X atau tidak? 

1 dari 2 halaman

Efek yang timbul Saat Anda Terlalu Banyak Pakai Skin Care

Sementara itu, apabila rasa berat sudah muncul, lalu Anda mengabaikannya, risiko yang bisa muncul pada kulit wajah, antara lain:

  • Alergi

Seperti yang sudah dikatakan di atas, terlalu banyak pakai skin care dapat menyebabkan alergi. Sebagai orang awam, mungkin di pikiran Anda, mencampurkan skin care A, B, dengan C  yang berbeda merek dan berbeda bahan aktif adalah hal yang sah-sah saja untuk dilakukan. 

Artikel Lainnya: Ingin Kulit Wajah Cantik dan Sehat? Ikuti Rutinitas Ini 

Padahal, sama seperti obat minum, percampuran skin care yang tidak cocok pun dapat menyebabkan masalah kulit tertentu! Gejala yang ditimbulkan berupa gatal, kemerahan, dan beruntus. Bila Anda mengaplikasikannya sampai ke leher, gejala tersebut juga bisa muncul di leher. 

  • Iritasi Kulit

Iritasi kulit biasanya terjadi bila Anda terlalu banyak memakai produk skin care yang fungsinya untuk eksfoliasi. Efek eksfoliasi kini bisa langsung dirasakan pada produk scrub, toner, dan serum.

Misalnya, kulit Anda sensitif. Namun, Anda tetap menggunakan produk-produk skin care yang berfungsi untuk eksfoliasi. Hati-hati, hal ini hanya dapat membuat kulit iritasi! Gejala iritasi antara lain kulit kemerahan, kering mengelupas, dan perih. 

  • Kulit Jadi Berminyak dan Berjerawat 

Sebagian besar produk skin care fungsinya untuk melembapkan. Sayangnya, produk ini tak cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Pasalnya, bila produk jenis itu digunakan untuk layering, bisa-bisa jadi terlihat berat dan mengilap.

Minyak berlebih tersebut, nantinya justru menyumbat pori-pori. Tentunya, ini menjadi cikal bakal timbulnya jerawat. Oleh karena itu, memilih produk pelembap untuk kulit berminyak tak boleh sembarangan. 

Bahkan, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter mengatakan Anda mesti memilih pelembap yang oil-free, non-komedogenik, dan berbahan dasar air.

“Bahan dasar air biasanya memiliki kandungan dengan akhiran -icone, misalnya dimethicone. Dimethicone akan mampu melembapkan sekaligus membuat tampilan kulit menjadi lebih matte,” jelas dr. Reza. 

Itu dia efek yang ditimbulkan apabila Anda terlalu banyak pakai skin care. Bila Anda ingin memakai sejumlah rangkaian produk tanpa efek samping yang berarti, lebih baik konsultasi ke dokter kulit. Biasanya, akan diberikan sejumlah produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

(AYU/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar