Kulit

Mudah Terpengaruh Influencer, Ini Efek Terlalu Banyak Pakai Skin Care

dr. Valda Garcia, 23 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukannya bermanfaat, terlalu banyak pakai skincare ternyata bisa merusak kesehatan kulit Anda. Kenali efek samping pemakaian skincare berlebihan lewat fakta berikut!

Mudah Terpengaruh Influencer, Ini Efek Terlalu Banyak Pakai Skin Care

Bagi penyuka dunia kecantikan, menyaksikan influencer mengulas beragam skincare memang bikin ketagihan. Pasalnya, setiap orang ingin memiliki kulit mulus dan glowing. Anda juga begitu, bukan?

Namun, tunggu dulu, sebenarnya penggunaan terlalu banyak skincare bisa memberikan efek buruk buat kulit, lho.

Bila memakai satu jenis skincare yang mengandung zat pemicu alergi kulit, risikonya menjadi gatal-gatal dan muncul beruntus. Apalagi kalau Anda tak paham kandungan produknya. Risiko alergi dan muncul masalah kulit lainnya tentu semakin tinggi.

Awas, akibat memakai produk skincare berlapis-lapis atau kerap disebut teknik layering, beberapa masalah yang mungkin muncul adalah sebagai berikut:

1. Wajah Terasa Berat

Produk skincare berbahan dasar krim atau serum kental adalah yang paling sering menimbulkan kesan berat di wajah.

Jika perasaan itu timbul pada pemakaian produk X, lebih baik konsultasikan hal tersebut kepada dokter kulit. Hal ini untuk memastikan perlu atau tidaknya Anda memberhentikan teknik layering tersebut di tahapan sebelum produk X.

2. Alergi

Salah satu efek samping skincare berlebih yang mesti diwaspadai adalah munculnya reaksi alergi. Hal ini mungkin terjadi akibat reaksi dari kandungan bahan aktif yang berbeda-beda pada skincare A, B, dan C.

Diibaratkan seperti minum obat, percampuran bahan aktif yang tidak cocok dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Dalam kasus percampuran senyawa dari produk skincare berbeda, masalah yang dapat muncul adalah gatal, kemerahan, dan beruntus. Bila Anda mengaplikasikannya sampai ke leher, gejala tersebut juga bisa muncul di bagian tubuh ini.

Artikel Lainnya: Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur

3. Iritasi Kulit

Iritasi kulit juga bisa terjadi sebagai efek samping penggunaan skincare berlebih. Hal ini biasanya terjadi bila Anda terlalu banyak memakai produk skincare yang fungsinya untuk eksfoliasi.

Misalnya, Anda adalah pemilik kulit sensitif. Namun, Anda tetap menggunakan produk-produk skincare yang berfungsi untuk eksfoliasi.

Bukannya bermanfaat, hal tersebut malah akan membuat kulit Anda teriritasi. Gejala iritasi, yaitu kulit kemerahan, kering mengelupas, dan perih.

Artikel Lainnya: Komunitas Skincare, Kiprah Pejuang Kulit Sehat di Medsos

4. Lebih Mudah Berkomedo

Penggunaan produk perawatan wajah yang terlalu banyak atau berlapis-lapis bisa meningkatkan risiko penyumbatan pada pori-pori kulit.

Cepat atau lambat, kondisi itu dapat memicu munculnya komedo. Risiko munculnya komedo bisa meningkat berkali lipat jika produk yang dipilih kurang tepat untuk jenis kulit Anda.

5. Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sebagian besar produk skincare berfungsi untuk melembapkan. Sayangnya, produk ini tak cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Pasalnya, bila produk jenis itu digunakan untuk layering, bisa-bisa wajah Anda malah terlihat berat dan mengilap.

Minyak berlebih tersebut nantinya dapat menyumbat pori-pori dan menjadi awal mula timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, memilih produk pelembap untuk kulit berminyak tak boleh sembarangan. Pilihlah pelembap yang oil-free, non-komedogenik, dan berbahan dasar air.

Itu dia efek samping pakai skincare berlebihan. Bila Anda ingin memakai sejumlah produk tanpa mengalami kerugian yang berarti, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit.

Anda juga bisa berkonsultasi secara daring kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

kulitKecantikanSkincare

Konsultasi Dokter Terkait