Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pilek Karena Cuaca, Apakah Vaksin untuk Flu Bisa Mengatasinya?

Pilek Karena Cuaca, Apakah Vaksin untuk Flu Bisa Mengatasinya?

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat Anda rentan terserang flu atau pilek. Lantas, apakah vaksin flu dapat dijadikan sebagai solusinya?

Flu atau pilek merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap remeh. Padahal, penyakit ini bisa menyebabkan kondisi sangat serius yang bahkan bisa berujung pada kematian.

Fakta menyebutkan bahwa jutaan orang terkena flu setiap tahun, di mana ratusan ribu di antaranya dirawat di rumah sakit dan ribuan lainnya meninggal dunia. Sebagai tindak lanjut dari kondisi ini, setiap orang disarankan untuk mendapatkan vaksin untuk flu pada waktu yang tepat.

Vaksin untuk flu (vaksin influenza) adalah jenis vaksin tahunan yang terbukti efektif dalam mengurangi risiko penyakit flu. Selain itu, vaksin ini juga bisa menurunkan risiko penyakit pernapasan akibat virus yang sangat mudah menyebar, apalagi di negara tropis seperti Indonesia.

Artikel Lainnya: Belum Terlambat, Inilah Waktu yang Tepat untuk Vaksinasi Flu

Vaksin flu diperbarui setiap tahun untuk melindungi Anda dari jenis virus influenza yang paling mungkin menyebar setiap tahunnya. Pembaruan vaksin ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kemampuan virus yang dapat bermutasi dengan cepat.

Selain itu, pembaruan vaksin flu setiap tahunnya juga bertujuan untuk mengurangi keparahan penyakit dan mencegah komplikasi yang paling serius, termasuk menurunkan risiko kematian. 

Namun, dibalik manfaat tersebut, vaksin flu tetap tidak bisa memberikan perlindungan hingga 100%. Seperti telah disinggung sebelumnya, virus flu dapat bermutasi dengan sangat cepat. Pada akhirnya, vaksin yang ditujukan untuk satu rantai virus tidak akan bekerja dengan efektif dalam melawan rantai virus yang sudah berkembang.

Artikel Lainnya: Masuk Musim Hujan, Perlukah Anak Vaksin Influenza?

1 dari 2 halaman

Waktu yang Tepat untuk Mendapatkan Vaksin Flu

Anda tetap dianjurkan untuk mendapat vaksin flu di waktu yang tepat, yaitu sebelum virus influenza mulai menyebar di sekitar lingkungan tempat tinggal. Dengan kata lain, Anda disarankan untuk mendapat vaksin flu sesegera mungkin.

Vaksin untuk flu diberikan sebelum ada kejadian, karena tubuh membutuhkan waktu sekitar 14 hari dalam membentuk antibodi. Nah, dari antibodi ini, tubuh Anda akan terlindung dari dampak terburuk yang bisa terjadi akibat virus influenza.

Tidak cukup hanya dengan vaksin, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang. Anda pun perlu berolahraga secara rutin dan teratur, istirahat cukup, menjauhi rokok dan alkohol, serta mengelola stres dengan baik. Dengan kombinasi ini, risiko Anda terserang flu akan jauh lebih rendah.

Vaksin influenza dapat dijadikan sebagai cara untuk mencegah dan mengatasi flu. Namun, agar manfaatnya optimal, pemberian vaksin mesti dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat.

Jika Anda ingin mendapat vaksin untuk flu, pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Anda juga bisa bertanya pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar