Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Resep Infused Water yang Sehat!

Tak cuma pakai lemon atau mentimun, di bawah ini ada beragam resep infused water yang bisa Anda buat di rumah. Dijamin segar dan bermanfaat!

Bisa dibilang resep infused water yang paling populer adalah air dingin dengan potongan lemon ataupun mentimun. Padahal, masih banyak resep infused water lain yang bisa Anda buat untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Resep infused water pun sebenarnya tak boleh sembarangan. Perpaduan setiap bahannya harus tepat, supaya manfaat infused water benar-benar bisa dirasakan.

Jika tidak, campuran tersebut hanya menambah rasa pada air dan tidak memberikan efek apa-apa buat kesehatan Anda. 

Khasiat infused water untuk kesehatan itu cukup banyak. Mulai dari membantu menurunkan berat badan, menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) tubuh, melancarkan saluran pencernaan, memperbaiki kesehatan kulit, hingga meningkatkan energi. 

Nah, agar manfaat infused water tadi tak cuma jadi mitos, Anda mesti tahu campuran terbaik untuk membuat minuman tersebut! Sederet resep infused water sehat yang bisa dengan mudah Anda buat di rumah, antara lain:

Artikel Lainnya: 3 Mitos Populer Seputar Manfaat Infused Water

1 dari 6 halaman

1. Infused Water Stroberi dan Daun Basil

Tak usah bingung cari daun basil di mana. Daun basil bisa Anda beli di supermarket. Kalau ingin di rumah saja, Anda juga bisa beli online. Cara membuatnya, siapkan air putih beserta tumbler-nya.

Untuk memberikan sensasi dingin, sediakan es batu. Lalu, siapkan beberapa daun basil segar. Potongan-potong buah stroberi dan campurkan semua bahan ke dalam air.

2. Infused Water Nanas dan Daun Mint

Cara membuat infused water yang satu ini juga sama dengan yang di atas. Tapi perlu diingat, pastikan nanas sudah dikupas (jangan sampai ada sisa bagian yang hitam-hitam) dan dicuci bersih dengan air (air matang, jangan air mentah) sebelum dimasukkan ke dalam tumbler.

Siapkan air putih di dalam tumbler. Bila suka dengan sensasi dingin, tambahkan es batu. Sediakan pula beberapa lembar daun mint. Siapkan potongan-potongan buah nanas, lalu campurkan semua bahan ke dalam air.

2 dari 6 halaman

3. Infused Water Melon Madu, Mentimun, dan Daun Mint 

Melon madu dipilih karena rasanya yang paling manis ketimbang jenis melon lainnya. Jika tidak menemukan melon madu, pakai melon apa saja juga boleh. Cara membuat infused water yang satu ini juga sama.

Siapkan air putih beserta tumbler-nya. Bila suka dengan sensasi dingin, sediakan es batu. Potong-potong buah melon madu hingga ½ cangkir.

Sajikan pula potongan tipis 1 buah mentimun dan sediakan 10 lembar daun mint. Jangan lupa buang tangkai daun mint. Lalu, campurkan semua bahan ke dalam air. 

Artikel Lainnya: Membakar Lemak dengan Lemon Infused Water, Efektifkah?

4. Infused water Bluberi, Lemon, dan Daun Rosemary

Sama seperti daun basil, daun rosemary bisa dibeli di supermarket (beli yang utuh, bukan yang bubuk). Siapkan air putih beserta tumbler-nya. 

Bila suka dengan sensasi dingin, sediakan es batu. Siapkan buah bluberi sebanyak ½ cup. Lalu, potong tipis-tipis 1 buah lemon. Siapkan 4 tangkai rosemary segar. Campurkan semua bahan ke dalam air. 

3 dari 6 halaman

5. Infused Water Nanas, Kelapa Muda, dan Jeruk Nipis

Kelapa yang digunakan di sini adalah kelapa muda dan yang diambil adalah dagingnya sebanyak 1 cangkir, bukan airnya. Siapkan air putih beserta tumbler. Bila suka dengan sensasi dingin, sediakan es batu.

Lalu, potong dadu buah nanas sebanyak 1 cangkir. Potong tipis-tipis 1 buah jeruk nipis (jangan lupa dicuci dulu). Campurkan semua bahan ke dalam air. 

6. Infused Water Semangka, Kiwi, dan Jeruk Nipis

Resep infused water yang satu ini rasanya akan sedikit manis seperti resep yang pakai melon madu. Siapkan air putih beserta tumbler.

Potong dadu buah semangka sebanyak 1 cangkir. Potong tipis 1 buah kiwi (jangan sampai ada kulit kiwi yang tertinggal). Lalu, potong tipis-tipis 1 buah jeruk nipis. Campurkan semua bahan dan tambah es batu.

4 dari 6 halaman

7. Infused Water Mangga, Raspberry, dan Jahe

Kali ini mangga tidak kita jadikan jus, tetapi infused water saja. Siapkan air putih beserta tumbler.

Kupas 1 buah mangga dan potong-potong dadu. Siapkan raspberry sebanyak ½ gelas. Kupas 1 ruas jahe, lalu iris tipis-tipis. Campurkan semua bahan ke dalam air dan tambahkan es batu.

Artikel Lainnya: Detoks Tubuh dengan Infused Water, Efektifkah?

8. Infused Water Jeruk Bali Merah, Delima, dan Daun mint

Siapkan air putih beserta tumbler. Bila  Iris tipis 1 buah jeruk bali merah. Sediakan ½ cangkir biji delima (pomegranate).

Sediakan 10 lembar daun mint, buang tangkainya. Campurkan semua bahan ke dalam air dan tambahkan es batu.  

5 dari 6 halaman

9. Infused Water Apel dan Kayu Manis

Iris satu buah apel (boleh apel hijau atau apel merah). Cuci dulu sebelum dipotong. Tambahkan 2 batang kayu manis, lalu masukkan air ke dalam tumbler.

Untuk memberi sensasi dingin, Anda bisa memasukkan di dalam kulkas kira-kira 2 jam atau tinggal tambahkan es batu.

10. Infused Water Oralit

Nah, jika Anda mengalami masalah kesehatan spesifik seperti diare, Anda juga bisa menjadikan infused water sebagai larutan oralit. Caranya mudah! Tambahkan 3 sdt gula dan ½ sdt garam ke dalam 400-500 air. Lalu, didinginkan agar lebih segar.

Gula akan memberikan energi sekitar 50 kalori pada penderita diare yang lemas akibat dehidrasi. Sedangkan garam, itu akan meningkatkan penyerapan cairan sehingga diare akan berangsur membaik. 

Itu dia beberapa resep infused water  yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Satu tips tambahan agar air tersebut bisa memberikan manfaat sehat.

Jangan lupa cuci bersih semua buah, daun, dan rempah dengan air mengalir sebelum Anda gunakan sebagai bahan infused water.

Bila Anda masih punya pertanyaan seputar minuman sehat ataupun masalah medis lainnya, langsung saja konsultasikan hal itu dengan kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(AM/AYU)

1 Komentar

  • Tuti Handa

    Apakah sudah ada penelitian nya? Beberapa artikel kesehatan lainnya , menginfokan infused water dengan bahan" di atas dalam penurunan berat badan, sebenarnya belum ada uji klinis nya , hanya saja yang bermanfaat dalam menurunkan berat badan adalah konsumsi air putih nya semakin banyak. Sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Mohon penjelasannya. Terimakasih.