Seks

Manfaat Purwaceng, Benarkah Bisa Meningkatkan Kejantanan Pria?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 14 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak yang memanfaatkan purwaceng atau purwoceng untuk vitalitas. Namun, apakah manfaat purwaceng untuk meningkatkan kejantanan pria terbukti secara medis?

Manfaat Purwaceng, Benarkah Bisa Meningkatkan Kejantanan Pria?

Banyak cara yang dipercaya bisa meningkatkan kejantanan pria di atas ranjang. Salah satu cara yang dianggap efektif dan paling sering dilakukan adalah memanfaatkan tanaman purwaceng.

Bagi pria yang sering mampir ke toko jamu, istilah purwaceng atau purwoceng mungkin sudah tidak asing di telinga. Menurut rumor yang beredar, tanaman ini bisa meningkatkan kejantanan pria di atas ranjang. Namun, apakah medis setuju dengan rumor tersebut?

 Apa itu Tanaman Purwaceng

Purwaceng, purwoceng, suripandak abang, gebangan depok, atau antanan gunung adalah sebuah tumbuhan berkhasiat obat yang mempunyai nama latin Pimpinella pruatjan.

Tumbuhan purwaceng berbentuk terna (tidak berkayu) dan berukuran kecil yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Tumbuhan ini mirip semanggi namun tidak merambat, dengan daun berwarna hijau kemerahan dan berdiameter 1 hingga 3 sentimeter.

Artikel lainnya: 6 Cara Simpel Meningkatkan Stamina dan Performa Pria

Sebelumnya, purwaceng banyak ditemukan di daerah Dataran Tinggi Dieng dan Gunung Lawu (Jawa Tengah), di Gunung Pangrango dan Galunggung (Jawa Barat), serta di Dataran Tinggi Tengger dan Iyang (Jawa Timur).

Namun, karena banyak diambil untuk dikonsumsi tanpa memperhatikan populasi yang ada di alam, tanaman purwaceng termasuk ke dalam kategori langka dan hampir punah.

Manfaat Purwaceng untuk Meningkatkan Kejantanan Pria

Manfaat Purwaceng untuk Meningkatkan Kejantanan Pria

Beberapa penelitian fitokimia yang mempelajari bahan kimia pada purwaceng mengatakan bahwa akar tumbuhan ini mengandung bergapten, isobergapten, dan sphondin. Senyawa tersebut termasuk ke dalam kelompok furanokumarin.

Ada pula penelitian lain yang mengatakan bahwa akar purwaceng mengandung senyawa kumarin, saponin, sterol, alkaloid, dan beberapa gula.

Menambahi temuan yang telah ada, penelitian lain yang dilakukan pada bidang farmakologi sempat dilakukan. Penelitian ini mencari tahu pengaruh kandungan purwaceng menggunakan hewan tikus.

Artikel lainnya: Hobi Masturbasi Picu Kanker Prostat?

Tikus yang telah dikebiri diberikan ekstrak akar purwaceng dikatakan mengalami peningkatan kelenjar prostat dan kelenjar seminalis. Tidak ada penjelasan lengkap bagaimana percobaan itu dilakukan dan tidak ada pula penjelasan mengenai efek samping dari percobaan tersebut.

Lantas, bagaimana dengan penelitian manfaat purwaceng pada manusia? Sampai saat ini belum ada penelitian yang mencari tahu manfaat kandungan tanaman tersebut pada manusia.

Lagi pula, untuk dapat mengklaim bahwa sebuah tanaman dapat digunakan sebagai obat-obatan yang dapat memberikan keuntungan tertentu perlu proses yang sangat panjang.

Proses tersebut termasuk mengetahui kandungan tanaman secara pasti, adanya uji coba pada hewan sebelum pada manusia, serta untuk mengetahui dosis yang tepat dan efek samping yang mungkin terjadi.

Artikel lainnya: 8 Ciri-Ciri Penis Sehat, Pria Wajib Tahu!

Lebih lanjut, uji coba bahan kimia tertentu pada manusia juga memerlukan perwakilan dari seluruh golongan manusia. Ini karena efek yang terjadi mungkin berbeda dengan adanya perbedaan usia, ras, etnis, dan jenis kelamin.

Latar belakang kesehatan setiap subjek juga perlu diperhatikan, karena dapat memberikan hasil yang berbeda pula.

Manfaat Lain Purwaceng untuk Kesehatan

Manfaat Lain Purwaceng untuk Kesehatan

1. Mengurangi Gejala Menopause

Beberapa wanita menggunakan tanaman purwaceng untuk mengurangi gejala menopause seperti hot flashes dan mood swing, meskipun belum ada bukti ilmiah yang kuat mendukung bahwa tanaman purwaceng dapat mengurangi gejala menopause

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Tanaman purwaceng dapat membantu Kamu untuk menjaga kesehatan jantung, karna memiliki khasiat afrodisiak pada akarnya. Namun penelitian masih terbatas dan memerlukan waktu untuk penelitian lebih lanjut.

3. Mengurangi Stres

Beberapa penelitian menunjukan bahwa purwwaceng memiliki efek relaksasi pada tubuh, yang dapat membantuu mengurangi tingkat stres.

4. Mengatasi Disfungsi Seksual 

Diklaim dapat membantu mengatasi masalah seksual seperti disfungsi ereksi atau libido rendah. Dalam Journal of Basic and clinical Physicology and Pharmacology menunjukkan bahwa ekstak purwaceng dapat meningkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kualitas sperma.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa studi praklinis menunjukan bahwa tanaman purwaceng mungkin memiliki efek menurunkan kadar gula darah, namun hal tersebut diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kesimpulannya, masih terlalu dini untuk mengklaim bahwa purwaceng dapat meningkatkan kejantanan pria di atas ranjang. Pasalnya, belum ada penelitian terkini yang telah disetujui bahwa purwaceng benar-benar bisa memberikan efek tersebut.

Mengetahui bahwa manfaat purwaceng atau purwoceng untuk vitalitas masih belum terbukti secara medis, Kamu dianjurkan untuk lebih berhati-hati. Jangan langsung percaya dengan cerita orang, yang bahkan belum benar-benar terbukti secara penelitian.

Yuk, bersikap lebih bijak terkait segala sesuatu yang dikonsumsi. Periksalah terlebih dahulu kandungan yang ada pada bahan makanan atau obat-obatan.

Periksa pula izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang seharusnya tercantum pada label makanan atau obat-obatan tersebut.

Jika Kamu ragu, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Kamu bisa bertanya segala masalah kesehatan, termasuk soal cara aman yang efektif meningkatkan kejantanan pria.

(NB/RPA)

herbalSeksVitalitas

Konsultasi Dokter Terkait