Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Purwaceng, Benarkah Bisa Meningkatkan Kejantanan Pria?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Manfaat Purwaceng, Benarkah Bisa Meningkatkan Kejantanan Pria?

Banyak yang memanfaatkan purwaceng atau purwoceng untuk vitalitas. Namun, apakah manfaat purwaceng untuk meningkatkan kejantanan pria terbukti secara medis?

Banyak cara yang dipercaya bisa meningkatkan kejantanan pria di atas ranjang. Salah satu cara yang dianggap efektif dan paling sering dilakukan adalah memanfaatkan tanaman purwaceng.

Bagi pria yang sering mampir ke toko jamu, istilah purwaceng atau purwoceng mungkin sudah tidak asing di telinga. Menurut rumor yang beredar, tanaman ini bisa meningkatkan kejantanan pria di atas ranjang. Namun, apakah medis setuju dengan rumor tersebut?

 

1 dari 3 halaman

Apa itu Tanaman Purwaceng?

Purwaceng, purwoceng, suripandak abang, gebangan depok, atau antanan gunung adalah sebuah tumbuhan berkhasiat obat yang mempunyai nama latin Pimpinella pruatjan.

Tumbuhan purwaceng berbentuk terna (tidak berkayu) dan berukuran kecil yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Tumbuhan ini mirip semanggi namun tidak merambat, dengan daun berwarna hijau kemerahan dan berdiameter 1 hingga 3 sentimeter.

Artikel Lainnya: 5 Fakta Tentang Seks Pada Pria dan Penuaan

Sebelumnya, purwaceng banyak ditemukan di daerah Dataran Tinggi Dieng dan Gunung Lawu (Jawa Tengah), di Gunung Pangrango dan Galunggung (Jawa Barat), serta di Dataran Tinggi Tengger dan Iyang (Jawa Timur).

Namun, karena banyak diambil untuk dikonsumsi tanpa memperhatikan populasi yang ada di alam, tanaman purwaceng termasuk ke dalam kategori langka dan hampir punah.

2 dari 3 halaman

Manfaat Purwaceng untuk Meningkatkan Kejantanan Pria

Beberapa penelitian fitokimia yang mempelajari bahan kimia pada purwaceng mengatakan bahwa akar tumbuhan ini mengandung bergapten, isobergapten, dan sphondin. Senyawa tersebut termasuk ke dalam kelompok furanokumarin.

Ada pula penelitian lain yang mengatakan bahwa akar purwaceng mengandung senyawa kumarin, saponin, sterol, alkaloid, dan beberapa gula.

Menambahi temuan yang telah ada, penelitian lain yang dilakukan pada bidang farmakologi sempat dilakukan. Penelitian ini mencari tahu pengaruh kandungan purwaceng menggunakan hewan tikus.

Artikel Lainnya: Hobi Masturbasi Picu Kanker Prostat?

Tikus yang telah dikebiri diberikan ekstrak akar purwaceng dikatakan mengalami peningkatan kelenjar prostat dan kelenjar seminalis. Tidak ada penjelasan lengkap bagaimana percobaan itu dilakukan dan tidak ada pula penjelasan mengenai efek samping dari percobaan tersebut.

Lantas, bagaimana dengan penelitian manfaat purwaceng pada manusia? Sampai saat ini belum ada penelitian yang mencari tahu manfaat kandungan tanaman tersebut pada manusia.

Lagi pula, untuk dapat mengklaim bahwa sebuah tanaman dapat digunakan sebagai obat-obatan yang dapat memberikan keuntungan tertentu perlu proses yang sangat panjang.

Proses tersebut termasuk mengetahui kandungan tanaman secara pasti, adanya uji coba pada hewan sebelum pada manusia, serta untuk mengetahui dosis yang tepat dan efek samping yang mungkin terjadi.

Artikel Lainnya: Cegah Disfungsi Ereksi dengan Konsumsi Ini

Lebih lanjut, uji coba bahan kimia tertentu pada manusia juga memerlukan perwakilan dari seluruh golongan manusia. Ini karena efek yang terjadi mungkin berbeda dengan adanya perbedaan usia, ras, etnis, dan jenis kelamin. Latar belakang kesehatan setiap subjek juga perlu diperhatikan, karena dapat memberikan hasil yang berbeda pula.

Kesimpulannya, masih terlalu dini untuk mengklaim bahwa purwaceng dapat meningkatkan kejantanan pria di atas ranjang. Pasalnya, belum ada penelitian terkini yang telah disetujui bahwa purwaceng benar-benar bisa memberikan efek tersebut.

Mengetahui bahwa manfaat purwaceng atau purwoceng untuk vitalitas masih belum terbukti secara medis, Anda dianjurkan untuk lebih berhati-hati. Jangan langsung percaya dengan cerita orang, yang bahkan belum benar-benar terbukti secara penelitian.

Yuk, bersikap lebih bijak terkait segala sesuatu yang dikonsumsi. Periksalah terlebih dahulu kandungan yang ada pada bahan makanan atau obat-obatan. Periksa pula izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang seharusnya tercantum pada label makanan atau obat-obatan tersebut.

Jika Anda ragu, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Anda bisa bertanya segala masalah kesehatan, termasuk soal cara aman yang efektif meningkatkan kejantanan pria.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar