Sukses

Inilah Segudang Manfaat Kopi untuk Rambut Sehat

Tidak hanya bikin mata melek dan konsentrasi lebih terjaga, tahukah Anda bahwa kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut?

Kopi selama ini dikenal sebagai minuman mengandung kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan membuat mata terjaga. Siapa sangka, di balik hal tersebut, kopi ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut, lho!

Anda bisa merasakan manfaat tersebut berkat kandungan kafein di dalam kopi. Kafein merupakan senyawa stimulan yang terdapat tak hanya dalam kopi, tetapi juga teh dan kakao. 

Penelitian mengatakan bahwa partisipan studi yang diberikan obat topikal mengandung kafein memiliki pertumbuhan rambut yang lebih signifikan. Yuk, intip apa saja manfaat kopi untuk rambut dalam artikel ini. 

Artikel lainnya: Minimalkan Kerusakan, Yuk Coba Cara Alami Luruskan Rambut

Manfaat Kopi bagi Kesehatan Rambut

Secara spesifik, berikut ini adalah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan rambut Anda:

1. Mengurangi Kerontokan

Kondisi rambut rontok tentunya bisa sangat mengganggu. Nah, kandungan kafein dalam kopi mampu merangsang pertumbuhan dan menghentikan kerontokan rambut. 

Oleh karena itu, mengaplikasikan kopi dengan mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala secara rutin dapat membuat Anda terbebas dari masalah rambut rontok.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Menurut sebuah studi, kafein membantu menghalangi efek dihydrotestosterone (DHT) di folikel rambut pria. DHT adalah hormon yang dapat menyebabkan kebotakan.

Studi tersebut mengatakan bahwa kafein dapat merangsang perpanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih luas. 

Selain itu, kopi juga merangsang pertumbuhan keratin yang merupakan protein penting untuk folikel rambut. Meningkatnya keratin akan merangsang sel-sel matriks untuk membelah, sehingga rambut tumbuh lebih cepat.

Artikel lainnya: Bahan Alami untuk Cegah Rambut Rontok

3. Membuat Rambut Lebih Lembut dan Berkilau

Kopi juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut dan berkilau, lho

Ya, beberapa orang percaya bahwa membilas rambut dengan kopi dapat mengurangi kadar kekusaman rambut. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid, yang merupakan antioksidan pendorong regenerasi rambut.

Tidak hanya itu, kandungan kopi diduga bisa membuat batang rambut menjadi lebih halus, tidak kusut, dan mudah diatur. Bahkan, kafein disebut mampu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala, sehingga membuatnya tampak lebih berkilau.

4. Menggelapkan Warna Rambut

Warna rambut Anda tampak memudar? Jika ya, Anda dapat mengandalkan kopi untuk mengatasi masalah tersebut. Ini karena kopi dapat menggelapkan warna rambut seperti sedia kala jika digunakan sebagai cat rambut.

Perlu diingat, manfaat tersebut hanya berlaku untuk Anda yang pada dasarnya memiliki rambut berwarna cokelat dan hitam. Dan untuk hasil terbaik, gunakan kopi yang kental seperti jenis espresso.

5. Menyeimbangkan pH Rambut

Peneliti menemukan bahwa rambut dan kulit kepala secara alami bersifat asam. Serat rambut memiliki pH 3,67, sedangkan kulit kepala memiliki pH 5,5. 

Karena itu, menggunakan produk rambut yang memiliki nilai pH lebih tinggi akan merusak rambut Anda.

Sebagai solusi dari masalah tersebut, Anda bisa mengaplikasikan kopi ke rambut secara berkala. Tindakan ini dapat membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala, sehingga menurunkan risiko kerusakan pada rambut.

Artikel lainnya: Ini Dia Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat kopi untuk rambut adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Ini berkat kandungan minyak yang ada dalam kopi. Bahkan, kandungan tersebut bisa membantu menstimulasi akar rambut. 

Minyak kopi mengandung asam lemak, yang terdiri dari asam linoleat, asam palmitat, dan asam oleat. Kombinasi senyawa itu pun dapat mempertahankan kelembapan rambut Anda.

7. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Anda bisa memanfaatkan masker kopi untuk rambut dan kulit kepala. Gunanya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit kepala Anda.

Setiap kali Anda merasa kulit kepala sangat berminyak dan kotor, gunakanlah masker kopi untuk mengatasinya. Hal ini dapat membuat kulit kepala Anda menjadi bersih dan segar.

Cara Menggunakan Kopi untuk Perawatan Rambut 

Tertarik untuk merasakan sendiri manfaat kopi untuk rambut? Jika ya, maka ikutilah langkah-langkah berikut:

  • Buatlah seduhan kopi yang kemudian dimasukkan ke dalam botol semprot (spray). 
  • Setelah keramas, semprotkan racikan tersebut di batang rambut dan kulit kepala.
  • Berikan pijatan lembut dan diamkan selama 20 menit. Jangan lupa untuk membungkus rambut dengan shower cap supaya tidak mudah menguap. 
  • Jika sudah 20 menit, bilas rambut Anda menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih.

Artikel lainnya: Ragam Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Kusam

Satu hal yang mesti Anda perhatikan adalah hasil yang didapat bisa berbeda-beda pada tiap orang. Pasalnya, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi rambut dan kulit kepala masing-masing orang. 

Jadi, jika pada dasarnya kondisi rambut dan kulit kepala Anda sudah memiliki masalah yang sangat berat, kopi mungkin tidak dapat memberikan manfaat yang begitu signifikan. 

Sebab, masalah rambut dan kulit kepala yang sudah telanjur berat hanya dapat diatasi dengan tindakan medis.

Adakah Risiko Efek Sampingnya?

Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut Anda, pemberian kopi untuk rambut juga ada efek sampingnya. 

Beberapa jenis kopi memiliki bahan pengawet dan telah mengalami pemrosesan tertentu, yang jika digunakan pada rambut secara rutin dapat membuat rambut menjadi rapuh.

Hindari penggunaan kopi panas pada rambut Anda, karena akan membakar rambut dan kulit kepala Anda. 

Selain itu, jika Anda memiliki warna rambut yang lebih terang, cokelat misalnya, maka penggunaan kopi pada rambut secara perlahan akan mengubah warna rambut. 

Yang terakhir, penggunaan kopi yang berlebihan pada rambut dapat menyebabkan munculnya rasa gatal atau bahkan kerontokan pada rambut Anda.

Kopi terbukti dapat bermanfaat untuk rambut Anda. Namun, sekali lagi diingatkan bahwa hal ini hanya berlaku jika kondisi rambut dan kulit kepala Anda belum sepenuhnya parah.

Apabila Anda punya pertanyaan mengenai kesehatan rambut, jangan sungkan untuk tanya dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar