Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sehat dan Serunya Akhir Pekan di Acara Fun Walk IDINESIA

Sehat dan Serunya Akhir Pekan di Acara Fun Walk IDINESIA

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama KlikDokter menyelenggarakan puncak acara Fun Walk IDINESIA (IDI untuk Indonesia), kemarin. Seperti apa keseruannya?

Klikdokter.com, Jakarta Puncak HUT IDI ke-69 sukses terlaksana. Mengambil momentum Hari Bakti Dokter Indonesia yang ke-111, IDI bersama KlikDokter menggelar acara Fun Walk IDINESIA pada Minggu (24/11) di Pintu 5 Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. 

Antusiasme dari masyarakat pun luar biasa. Ya, pendaftaran ludes! Para dokter dan masyarakat diharapkan bisa merasakan keseruan sekaligus merasa lebih sehat setelah mengikuti acara jalan sehat kemarin. 

Pasalnya, tak cuma jalan sehat, di area pintu 5 GBK, banyak pula booth yang menawarkan pemeriksaan kesehatan gratis, mulai dari gula darah, pemeriksaan lemak tubuh, hingga kondisi kulit. Bermacam makanan dan minuman pun tersedia di sana. Jadi, peserta Fun Walk IDINESIA tak kebingungan mengisi perut dan menghilangkan dahaga pasca beraktivitas.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sebelum acara jalan sehat dimulai, ada pula sesi zumba bersama. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai pemanasan sekaligus membangkitkan mood dan memeriahkan suasana. 

Adapun menurut dr. Daeng, M. Faqih, SH, MH, selaku Ketua Umum PB IDI, dipilihnya Pintu 5 GBK dari sekian banyak lokasi bukan tanpa sebab. Lokasi Parkir Selatan, pintu 5 GBK penuh dengan ruang terbuka hijau dan ramah anak. Dengan demikian, baik orang dewasa maupun anak-anak dapat beraktivitas secara nyaman di area tersebut. 

Dia menambahkan, “Kegiatan Fun Walk IDINESIA ini sebagai bentuk komitmen IDI dalam pengabdiannya menyehatkan masyarakat Indonesia. Bentuk kegiatannya, antara lain senam dan jalan sehat, serta cek dan konsultasi kesehatan gratis. Ada juga penyuluhan kesehatan dengan topik stunting dan kesehatan reproduksi remaja.”

“Praktik cuci tangan yang baik dan benar juga akan diajarkan di sini. Dalam satu hari, akan dirangkum berbagai kegiatan yang menarik dan sehat. Selain itu, ada juga area bermain untuk anak, photobooth, dan bazar olahan sehat serta produk lain yang berkaitan dengan gaya hidup sehat,” tutur dr. Daeng. 

2 dari 3 halaman

Fokus pada stunting

Meski terlihat sebagai aktivitas olahraga yang menyenangkan, IDI tidak melupakan fokus tema kesehatan yang digalakkan, yakni stunting. Adapun, stunting yang merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, masih menjadi pekerjaan rumah Indonesia.

Dalam jangka panjang, stunting berdampak negatif untuk kecerdasan anak dan meningkatkan risiko untuk terkena penyakit tidak menular. 

Prevalensi stunting selama 10 tahun terakhir juga masih tinggi dan belum menunjukkan perbaikan signifikan. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat angka 36,4 persen pada 2017. Untungnya, pada 2018 lalu, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) melaporkan, terjadi penurunan hingga berada di 23,6 persen. 

Kesehatan reproduksi juga dibahas dalam acara Fun Walk IDINESIA. Pasalnya, pengetahuan terkait kesehatan reproduksi perlu diketahui agar remaja bisa terhindar dari penyakit menular seksual, kehamilan di usia muda, dan kanker serviks.

Sebagai pihak yang bekerja sama dengan IDI, Mia Argianti selaku Head of KlikDokter juga memberikan tanggapannya terhadap acara Fun Walk IDINESIA. 

KlikDokter sangat senang dapat bekerja sama dengan IDI dalam acara ini. Penanggulangan masalah stunting, penyakit tidak menular, dan kesehatan remaja merupakan hal yang kami anggap penting, ” katanya. 

“Kami berharap, dengan acara bersama IDI ini, pendekatan dengan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang baik dan tepat semakin melekat di hati masyarakat,” Mia menambahkan. 

Di sisi lain, dokter sekaligus selebritas, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, mengatasi masalah kesehatan di Indonesia bukan hanya tugas Kementerian Kesehatan, melainkan semua elemen masyarakat. 

“Membiasakan mencuci tangan saja sudah menyumbang perbaikan kesehatan 90 persen karena dapat mencegah penyebaran berbagai penyakit,” pungkas dr. Reisa.

Diharapkan, usai mengikuti acara Fun Walk IDINESIA ini, masyarakat bisa mencoba memulai hidup sehat, aktif, dan menjadikannya sebuah kebiasaan hidup. Perbanyak jalan kaki sekaligus rutin berkonsultasi atau memeriksakan kesehatan juga akan melengkapi pola hidup sehat Anda.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar