Kulit

Penyebab Selangkangan Hitam dan Cara Mengatasinya

dr. Devia Irine Putri, 07 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selangkangan yang hitam bisa membuat Anda tidak percaya diri. Yuk, kenali penyebab selangkangan hitam dan cara mengatasinya lewat fakta medis berikut ini.

Penyebab Selangkangan Hitam dan Cara Mengatasinya

Selangkangan memang terletak di bagian yang cukup tersembunyi. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kesehatan bagian tubuh tersebut. 

Ada kalanya, selangkangan bisa berwarna hitam dan terasa gatal. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan mampu menurunkan rasa percaya diri Anda ketika mengenakan celana pendek atau pakaian renang. Jika Anda mengalami rasa gatal pada selangkangan yang berlanjut hingga mengganggu aktivitas, ada baiknya untuk segera Anda konsultasikan ke dokter, ya!

Awas, jangan sampai kondisi tersebut terjadi pada Anda. Yuk, kenali penyebab selangkangan hitam dan cara mengatasinya lewat fakta di bawah ini!

Penyebab Selangkangan Hitam 

Kulit di selangkangan bisa berwarna gelap akibat produksi pigmen atau melanin yang berlebihan. Kondisi ini dikenal medis dengan sebutan hiperpigmentasi kulit. 

Artikel Lainnya: Ada Benjolan di Selangkangan, Apa Penyebabnya?

Waspada, berikut ini penyebab selangkangan hitam dan gatal yang mungkin tidak Anda sadari:

1. Perubahan Hormonal

Adanya ketidakseimbangan hormonal, terutama pada wanita, bisa menjadi salah satu faktor penyebab selangkangan hitam. 

Biasanya, area selangkangan lebih hitam ketika sedang haid, hamil, menyusui, maupun pada wanita yang mengalami polycystic ovarian syndrome (PCOS). 

2. Akibat Gesekan

Gesekan antara kulit dengan pakaian yang ketat secara terus-menerus bisa menimbulkan selangkangan berubah warna menjadi lebih hitam tanpa disadari.

Tak hanya dengan pakaian saja. Pada wanita, kombinasi antara gesekan area kelamin yang lembap dengan kulit di sekitarnya, pinggiran pembalut (khususnya yang bersayap), pakaian atau celana juga dapat meningkatkan risiko selangkangan menghitam. 

3. Luka Lecet

Kulit selangkangan yang sering mengalami iritasi atau lecet menjadi lebih tipis, dan mudah gatal.

Pada akhirnya, selangkangan berubah warna menjadi lebih hitam daripada sebelumnya.

3. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang bisa memicu efek samping berupa perubahan warna selangkangan menjadi lebih hitam.

Beberapa obat yang dimaksud, misalnya pil KB atau pengobatan kemoterapi.

4. Gangguan Pigmentasi Kulit

Salah satu gangguan pigmentasi kulit ada akantosis nigrikans. Kondisi ini ditandai dengan perubahan warna menjadi lebih gelap, tebal, dan ketika disentuh memiliki tekstur seperti beludru. 

Akantosis nigrikans umumnya tertentu di bagian lipatan tubuh, seperti leher, ketiak, dan selangkangan. 

5. Infeksi Jamur

Infeksi jamur dermatofita atau candida juga dapat menjadi penyebab selangkangan hitam. Dalam dunia kedokteran, penyakit jamur yang mengenai selangkangan disebut tinea cruris.

Pada kondisi tersebut, penderitanya sering mengeluhkan rasa gatal yang hebat. Penderita juga bisa mengalami ruam kulit berbatas tegas, kemerahan, atau kadang terlihat lenting-lenting berisi nanah. 

Setelah beberapa hari, akan tampak bagian tengah yang menyembuh berupa area cokelat kehitaman dan bersisik.

Artikel Lainnya: Bahaya Putihkan Selangkangan dengan Ketoconazole-Betametason

Cara Memutihkan Selangkangan Hitam

Berikut ini beberapa cara menghilangkan hitam di selangkangan, baik secara alami maupun medis, yang bisa Anda coba:

1. Lulur atau Scrub di Area Selangkangan saat Mandi

Penggunaan lulur atau scrub di selangkangan bisa membantu mencerahkan selangkangan hitam. Pasalnya, produk tersebut memiliki fungsi membantu mencerahkan dan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Anda bisa mengaplikasikan lulur atau scrub yang berbahan halus secara perlahan di area selangkangan. Ingat, jangan digosok terlalu keras untuk menghindari timbulnya iritasi atau luka lecet. 

Anda dapat menggunakan lulur atau scrub di area selangkangan sebanyak 1–2 kali dalam seminggu.

2. Kombinasi Minyak Kelapa dan Air Lemon

Lemon adalah sumber vitamin C, yang bisa membantu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Sementara itu, minyak kelapa berguna untuk melembapkan kulit dan menjaga elastisitasnya.

Untuk menikmati manfaat keduanya, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan minyak kelapa dengan air perasan dari setengah buah lemon. 

Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada area selangkangan yang menghitam. Pijat secara perlahan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. 

Setelah itu, bersihkan area tersebut dengan air dan keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk secara perlahan. 

3. Scrub Oatmeal dan Yoghurt

Kesulitan untuk mendapatkan lulur atau scrub berbahan halus? Jika ya, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan oatmeal dan yoghurt. 

Oatmeal terkenal sebagai eksfolian yang lembut, dan memiliki kandungan antiradang. Sedangkan, yoghurt mengandung lactic acid yang membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Campurkan oatmeal dan yoghurt dengan perbandingan yang sama. Misalnya, Anda menggunakan 2 sendok yoghurt, maka jumlah oatmeal yang dibutuhkan adalah 2 sendok juga. 

Aduk hingga rata dan berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada area kulit selangkangan yang berwarna hitam. Gosok secara perlahan dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air mengalir. 

4. Ekstrak Lidah Buaya

Menggunakan produk yang mengandung lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kulit selangkangan yang sedang iritasi. 

Lidah buaya atau aloe vera itu sendiri mengandung aloin, yang berpotensi sebagai pencerah kulit alami. 

5. Kentang

Menggosokan kentang pada kulit sudah menjadi cara klasik untuk mengatasi noda hitam. Enzim katekolase yang ada pada umbi-umbian tersebut dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit. 

Untuk menikmati manfaatnya, Anda hanya perlu memotong 1 buah kentang hingga berukuran agak kecil. Kemudian, gosokkan pada area selangkangan selama 15 menit. Setelah itu, cuci bersih area tersebut.

Artikel Lainnya: Mengapa Vagina Terasa Gatal Saat Haid?

6. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Penyebab selangkangan hitam yang sering tidak disadari adalah gesekan antara kulit dengan pakaian atau celana ketat.  

Keringat akan terperangkap dalam pakaian yang ketat, sehingga area di sekitar alat kelamin menjadi lembap. 

Semakin lembap area sekitar kelamin dan selangkangan, semakin tinggi pula risiko Anda mengalami infeksi jamur penyebab selangkangan menghitam.

7. Produk Perawatan Tertentu

Saat ini terdapat beberapa produk perawatan yang berguna untuk mencerahkan kulit, termasuk untuk area selangkangan. 

Jika ingin dikombinasikan dengan perawatan alami, pastikan Anda menggunakan produk yang mengandung senyawa niacinamide, ellagic acid, soy, lignin peroxide, asam kojic, licorice, maupun arbutin. 

Senyawa-senyawa tersebut berfungsi mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Meski begitu, Anda tetap harus waspada, karena senyawa tersebut dapat pula menyebabkan reaksi alergi

Guna mencegah reaksi yang tidak diinginkan dari produk pemutih kulit, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya.

8. Segera Obati Jika Ada Masalah Kulit di Area Selangkangan

Jika tidak ditangani, luka atau iritasi di sekitar kulit selangkangan bisa meninggalkan bekas kehitaman.

Untuk itu, jika muncul keluhan luka, lecet, kemerahan, atau gatal, Anda sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter guna mendapatkan terapi yang tepat.

Artikel Lainnya: Cegah Aroma Tak Sedap di Penis dengan Cara Ini

9. Menjaga Kebersihan Diri

Area selangkangan sangat riskan lembap, terlebih jika Anda sering menggunakan pakaian ketat dan tidak mengeringkan area genital setelah buang air kecil. 

Jika Anda merasa lembap, sebaiknya segera buka pakaian ketat Anda dan biarkan area selangkangan mendapatkan udara. Jika perlu, bersihkan atau lap dengan tisu maupun handuk guna mengurangi kelembapan.

10. Perawatan Medis

Terdapat metode medis yang bisa membantu mencerahkan selangkangan hitam, misalnya terapi laser, atau penggunaan krim yang mengandung retinoid maupun hydroquinone dengan kadar tertentu. 

Jika ingin mencoba perawatan tersebut, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit. 

Dengan mengenali penyebab dan cara mengatasi selangkangan hitam, diharapkan Anda bisa terbebas dari kondisi ini. Alhasil, Anda bisa tetap beraktivitas dengan nyaman dan tanpa terganggu rasa gatal.

Punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan kulit? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui Tanya Dokter atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

kesehatan kulitkulitSelangkangan

Konsultasi Dokter Terkait