Kanker

Kanker Payudara, Berapa Lama Penderita Bisa Bertahan?

dr. Arina Heidyana, 28 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kanker payudara adalah penyakit mematikan yang dialami oleh banyak wanita di Indonesia. Pasca diagnosis, berapa lama penderitanya bisa bertahan?

Kanker Payudara, Berapa Lama Penderita Bisa Bertahan?

Tahukah kamu bahwa selain kanker serviks, kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang banyak dialami wanita di Indonesia?

Menurut data Global Cancer Observatory 2018 dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), kasus kanker yang paling banyak di Indonesia adalah kanker payudara, yaitu 58.256 kasus atau 16,7 persen dari total 348.809 kasus kanker.

Walaupun sudah ada beberapa metode untuk mendiagnosis dini kanker payudara, namun tetap masih banyak kasus yang terlambat dideteksi. Akibatnya, penderita baru mendapat pertolongan dokter saat kanker sudah dalam tahap lanjut.

Padahal, semakin lanjut kanker payudara, maka akan semakin kecil harapan hidup pasien. Harapan hidup dalam konteks penyakit mematikan adalah berapa lama kemungkinan penderita kanker bertahan hidup setelah terdiagnosis suatu penyakit.

Angka harapan hidup tersebut didapatkan dari survei dan penelitian. Namun, fakta lapangan bisa berbeda, karena bisa saja pasien bertahan hidup lebih sebentar atau lebih lama dari angka harapan hidup tersebut.

Lalu, pasca diagnosis, berapa lama kanker payudara menyebar dan berapa lama pasien bertahan hidup?

Harapan Hidup Penderita Kanker Payudara

Harapan hidup untuk penderita kanker payudara biasanya ditentukan berdasarkan stadium (istilah yang digunakan untuk menentukan tingkat keganasan kanker) penyakit kanker payudaranya.

Perlu kamu ketahui, kanker payudara terdiri atas stadium 1 hingga stadium 4. Pada setiap stadium, gejala yang ditunjukkan akan berbeda.

Pada stadium 1, benjolan kanker masih berukuran di bawah 2 cm, atau jika sudah menyebar ke kelenjar getah bening, masih berukuran di bawah 2 mm. Sementara itu, pada stadium 4, kanker sudah menyebar ke organ lain.

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara sejatinya dapat menyebar ke mana saja. Namun, ada beberapa lokasi yang paling berisiko, di antaranya tulang, kelenjar getah bening, paru-paru, hati, otak dan payudara sehat. 

Bila kanker sudah menyebar ke tempat lain, maka prinsip pengobatan bukan lagi untuk penyembuhan, tetapi paliatif. Artinya, pengobatan bertujuan untuk meringankan gejala, bukan menyembuhkan.

Sebagai contoh, bila kanker telah menyebar ke tulang dan menyebabkan nyeri, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan radiasi pada tulang agar nyeri mereda bahkan hilang.

Kendati demikian, radiasi pada tulang tersebut tidak menyembuhkan kanker, hanya mengurangi atau menghilangkan keluhan nyeri pada tulang.

Harapan hidup penderita kanker payudara tergantung pada stadium kankernya. Penderita kanker payudara stadium 0 dan 1 dapat hidup lebih dari 5 tahun. Sementara untuk stadium 2, 93 persen penderita dapat hidup hingga 5 tahun.

Lalu pada stadium 3, harapan hidup penderita sebesar 72 persen. Terakhir, pada stadium 4, hanya 22 persen penderita yang dapat bertahan hidup hingga 5 tahun. 

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Kanker Payudara Sesuai Stadium

Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, angka harapan hidup tersebut hanya rata-rata yang didapat dari survei dan penelitian. Nyatanya, berapa lama kanker payudara menyebar dan penderita kanker bertahan hidup bisa berbeda-beda.

Terdapat berbagai faktor yang memengaruhi harapan hidup tersebut, seperti usia, respons terhadap pengobatan, ukuran tumor, atau kondisi kesehatan umumnya.

Jangan lupa lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin, agar kanker payudara bisa dideteksi secara dini sehingga tingkat efektivitas terapi juga makin tinggi.

Bila mendapati benjolan pada payudara, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter bedah onkologi untuk menegakkan diagnosis.

Diagnosis dan pengobatan kanker memerlukan kerja sama multidisiplin dari berbagai pihak, seperti bedah onkologi, hemato-onkologi, patologi anatomi, radiologi dan radioterapi.

Itu dia penjelasan seputar kanker payudara dan tingkat harapan hidup pasien. Jika ingin berkonsultasi terkait kanker payudara bisa sembuh atau tidak, kamu bisa menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[WA]

Referensi:

PubMed. Diakses pada 2022. ESMO Clinical Practice Guideline for the Diagnosis, Staging and Treatment of Patients With Metastatic Breast Cancer. 

PubMed. Diakses pada 2022. Metastatic Heterogeneity of Breast Cancer: Molecular Mechanism and Potential Therapeutic Targets.

PubMed. Diakses pada 2022. Metastatic Breast Cancer.

Kanker Payudara

Konsultasi Dokter Terkait