Otot dan Sendi

Kenali Tanda Sakit Punggung Bagian Atas yang Berbahaya

dr. Nadia Octavia, 07 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit punggung bagian atas kerap tak jelas penyebabnya. Anda mesti waspada jika rasa sakitnya memiliki tanda-tanda ini karena ada potensi bahaya

Kenali Tanda Sakit Punggung Bagian Atas yang Berbahaya

Sakit punggung atas dapat dimulai dari bagian tengkuk hingga tulang rusuk bagian bawah. Nyeri punggung pada bagian ini lebih jarang dikeluhkan dibandingkan nyeri punggung bawah. 

Perlu diketahui, tulang belakang merupakan struktur paling kokoh di tubuh dan berperan untuk fleksibilitas dan kekuatan tubuh. 

Tulang punggung terdiri atas 24 tulang atau vertebrae, dan terdapat struktur yang disebut diskus. Pada sekeliling tulang belakang, terdapat otot yang berfungsi untuk menyokong tulang.

Menurut penelitian, 80% orang dewasa pernah mengalami sakit punggung di sepanjang hidupnya, termasuk sakit punggung bagian atas. 

Pada kebanyakan kasus, kondisi ini tak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, sakit punggung atas bisa juga didasari oleh kondisi medis yang berbahaya. Berikut adalah ciri-ciri sakit punggung bagian atas yang perlu diwaspadai: 

1. Rasa Sakit Tak Kunjung Hilang 

Untuk menghilangkan nyeri punggung atas, Anda mungkin sudah mencoba berbagai cara, seperti pijat, menggunakan koyo, bahkan sampai membeli kasur baru. Namun bila nyerinya tak kunjung hilang, bisa jadi itu merupakan tanda adanya tumor paru-paru.

American Cancer Society mengatakan bahwa kanker paru-paru stadium lanjut dapat mengakibatkan nyeri tulang, termasuk di bagian punggung. Tanda lain yang mengikuti, antara lain penurunan berat badan, nyeri dada, dan rasa lemah.

Jika sakit atau nyeri punggung tak kunjung hilang bahkan sering membangunkan Anda di malam hari, segera buat janji temu dokter. 

2. Demam Berlarut-larut

Dalam kasus-kasus tertentu, sakit punggung atas yang parah disertai demam, mati rasa, atau kesemutan di lengan dapat disebabkan oleh infeksi tulang belakang.

Kondisi ini memang sangat jarang, tetapi Anda berisiko mengalami imunosupresi (kondisi penurunan sistem kekebalan tubuh), kankerdiabetes, atau obesitas.

Jika dokter mencurigai infeksi tulang belakang, Anda mungkin akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan sinar-X atau MRI untuk membantu menegakkan diagnosis.

3. Kaki Mati Rasa 

Apabila sakit punggung bagian atas disertai kesemutan atau mati rasa yang menjalar ke arah panggul, paha, bahkan ke jari-jari kaki, ada kemungkinan Anda mengalami hernia nukleus pulposus (herniated nucleosus pulposus atau HNP). Awam menyebutnya sebagai saraf terjepit.

4. Sakit Saat Menarik Napas Dalam-Dalam 

Ketika punggung bagian atas Anda nyeri, lalu diikuti dengan sakit saat menarik napas yang dalam, Anda harus segera memeriksanya ke dokter. Bisa jadi Anda mengalami emboli paru.

Penderita emboli paru akan merasakan sakit yang tajam dan kesulitan bernapas setelah perjalanan panjang dengan mobil atau pesawat, atau setelah operasi. 

5. Rasa Sakit Bertambah Ketika Bergerak

Jika rasa sakit pada tulang punggung atas Anda makin bertambah ketika bergerak, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terutama apabila Anda baru saja mengalami trauma, seperti punggung tertimpa benda berat atau terjatuh.

Pasalnya, ini bisa menjadi tanda adanya retak atau patah di tulang rusuk atau tulang belakang.

6. Rasa Sakit Menjalar ke Dada 

Apabila nyeri punggung atas terasa hebat hingga menjalar ke dada bagian tengah, hati-hati. Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh robekan dinding aorta.

Aorta merupakan pembuluh darah terbesar di tubuh. Robekan dinding aorta berisiko dialami pasien hipertensi yang tidak terkontrol. Kondisi ini memerlukan tindakan emergensi sesegera mungkin. 

7. Tidak Dapat Mengontrol BAB atau BAK

Sakit punggung atas yang disertai gangguan BAB atau BAK, dan tidak bisa mengontrol BAB atau BAK, bisa jadi tanda dari cauda equina syndrome. Ini harus segera ditangani.

Pada kondisi cauda equina syndrome, terjadi penekanan cabang saraf di tulang belakang. Kondisi ini timbul karena adanya herniasi diskus, fraktur, tumor, stenosis tulang belakang, atau trauma.

Selain nyeri pada punggung atas dan tidak dapat mengontrol BAB atau BAK, gejala lain dapat berupa kelemahan kedua tungkai. 

Bila sakit punggung bagian atas yang Anda alami tidak disertai gejala lain, coba atasi dahulu dengan beristirahat atau obat pereda nyeri. Namun, jika nyeri tak kunjung hilang atau disertai gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. 

Ingin konsultasi seputar keluhan nyeri punggung? Jangan sungkan untuk chat dokter melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter.

[WA]

sakit punggungNyeri Punggung

Konsultasi Dokter Terkait