Diet dan Nutrisi

Inilah Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 12 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak hanya menyehatkan tubuh, kunyit juga dapat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Simak manfaat kunyit untuk wajah di sini.

Inilah Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga sudah digunakan sebagai bahan produk kosmetik dan perawatan wajah. Manfaat kunyit untuk wajah dinilai berasal dari sifat antiradang dan antioksidan kunyit, sehingga dapat mengoptimalkan kesehatan kulit wajah.

Apa saja manfaat kunyit untuk kecantikan yang telah diakui medis? Berikut beberapa di antaranya:

1. Mencerahkan Wajah Secara Alami

Kombinasi zat antiradang dan antioksidan yang ada di dalam kunyit dapat membuat kulit wajah lebih cerah alami. Untuk mendapatkan kebaikan kunyit untuk muka, kamu bisa mencoba masker wajah berbahan dasar kunyit.

Cara membuat masker wajah dari kunyit agar kulit cerah yaitu: 

  • Campurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan sedikit greek yogurt dan madu
  • Aplikasikan racikan tersebut ke wajah secara merata, biarkan selama 15 menit
  • Bersihkan dengan air bersih setelahnya

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat di Wajah

Tak hanya membuat kulit cerah, masker kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya.

Sifat antiradang yang dimiliki kurkumin di dalam kunyit dapat pula memperbaiki struktur pori-pori wajah, serta membuat kulit lebih tenang sehingga jaringan parut ikut berkurang.

Artikel lainnya: Manfaat Kunyit untuk Melancarkan Peredaran Darah

3. Solusi Psoriasis di Wajah

Kandungan antioksidan dan antiradang di dalam kunyit dapat membantu mengendalikan gejala psoriasis di wajah. Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), manfaat kunyit buat wajah ini bisa dirasakan dengan menambahkan ekstrak kurkumin pada makanan.

Kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang dosisnya telah ditentukan oleh dokter.

4. Mengurangi Tampilan Kantung Mata 

Salah satu manfaat masker kunyit buat wajah adalah meredakan kantung mata. Karena, kunyit memiliki sifat antiradang, sehingga dapat merangsang sirkulasi darah dan membantu mengurangi bengkak di bawah mata.

5. Melindungi Kulit dari Penuaan Dini

Paparan sinar matahari, terutama ultraviolet B (UVB), dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah apabila kamu jarang menggunakan tabir surya.

Penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-68 American Academy of Dermatology (AAD) menyebutkan, krim pelembap yang berbahan dasar kunyit memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerutan dan bintik cokelat akibat sinar matahari.

6. Melembapkan Kulit 

Daftar Makanan Sehat yang Bikin Wajah Bebas Jerawat

Kulit wajah cenderung kering? Coba pakai skincare mengandung kunyit! Kunyit diketahui dapat melembapkan dan memperbarui kulit secara mendalam. 

Selain itu, masker kunyit untuk wajah bisa mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati dan membuat kulit lebih lembut.

Artikel lainnya: Kunyit Bermanfaat untuk Memutihkan Gigi, Benarkah?

7. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Kunyit kaya akan antioksidan, sehingga diduga dapat menangkal dampak buruk radikal bebas. Apabila dikombinasikan dengan gaya hidup dan pola makan sehat, kunyit bahkan dinilai dapat menurunkan risiko kanker kulit.

8. Mengurangi Gejala Dermatitis

Sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan 360 orang dengan eksim menemukan, aplikasi olesan dari bahan yang mengandung ekstrak kunyit dapat mengurangi pembengkakan, gatal, dan kemerahan.

9. Menyembuhkan Luka


Salah satu manfaat kunyit untuk wajah adalah menyembuhkan luka. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi pada tahun 2016.

Penelitian tersebut menyatakan, kombinasi kunyit dan kolagen dapat membantu penyembuhan luka pada penderita diabetes

Kunyit memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiradang yang sangat penting dalam mekanisme penyembuhan luka.

10. Mengurangi Pigmentasi

Beberapa penelitian telah membuktikan, kunyit dapat membantu mengurangi bercak kehitaman pada kulit. Bahkan, terdapat studi yang membuktikan bahwa penggunaan ekstrak kunyit selama 4 minggu dapat mengurangi bercak kehitaman sampai 14 persen.

Artikel lainnya: Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Kunyit umumnya aman digunakan pada wajah. Namun, ada juga beberapa orang yang justru alergi kunyit. Alergi kunyit dapat menimbulkan penyakit dermatitis kontak. 

Gejala dermatitis kontak akibat kunyit dapat berupa kulit kemerahan, timbul rasa gatal, rasa terbakar, nyeri, dan kulit bersisik.

Bagi kamu yang berkulit sensitif, oleskan dahulu sedikit kunyit pada lengan dan diamkan beberapa saat untuk melihat reaksi alergi yang mungkin timbul.

Penelitian memang menyebutkan bahwa kunyit bisa membantu mengurangi gejala dermatitis. Akan tetapi, penderita dermatitis khususnya dermatitis atopik harus berhati-hati jika ingin menggunakan kunyit.

Karena, penderita dermatitis atopik memiliki skin barrier yang lemah. Penyerapan zat dari kunyit bisa terjadi berlebihan. Hal ini nantinya malah bisa menimbulkan efek merugikan seperti muncul kemerahan dan iritasi. 

Kalau kamu ingin mencoba masker kunyit di rumah, bisa tambahkan beberapa bahan seperti yoghurt, madu, atau lidah buaya ke dalam campuran masker untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Madu mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel kulit dan mencegah penuaan dini. Lidah buaya juga dapat membantu melembapkan dan mengatasi iritasi pada kulit.

Sebelum menggunakan masker kunyit untuk wajah, lakukan dahulu tes alergi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika timbul reaksi alergi, segeralah hentikan penggunaan kunyit dan berkonsultasi dengan dokter.

Mau tahu tips kecantikan wajah lainnya? Download aplikasi KlikDokter, kamu juga bisa langsung tanya dokter kulit!

(FR/JKT) 

Referensi:

  • Phytotherapy research. Diakses 2022. Effects of Turmeric (Curcuma longa) on Skin Health: A Systematic Review of the Clinical Evidence.
  • Nutrients. Diakses 2022. Potential of Curcumin in Skin Disorders.
  • Pakistan journal of pharmaceutical sciences. Diakses 2022. Formulation and clinical evaluation of topical dosage forms of Indian Penny Wort, walnut and turmeric in eczema.
  • Current pharmaceutical biotechnology. Diakses 2022. Wound Healing Effects of Curcumin: A Short Review.
  • Journal of clinical and aesthetic dermatology. Diakses 2022. Curcumin: A Contact Allergen.


KecantikanKunyitKanker Kulit

Konsultasi Dokter Terkait