Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Tidur Siang seperti yang Sering Dilakukan Budi Karya

Manfaat Tidur Siang seperti yang Sering Dilakukan Budi Karya

Menteri Perhubungan Budi Karya ternyata suka tidur siang singkat. Mari ketahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Budi Karya Sumadi, hari ini (23/10), kembali ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Perhubungan di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Kiprahnya tak perlu diragukan lagi untuk urusan perhubungan di Indonesia. Akan tetapi, ada satu hal menarik dari Budi Karya, yakni punya kebiasaan tidur siang singkat atau power nap.

Karena kebiasaannya itu, alumnus Universitas Gadjah Mada ini kerap terlihat bugar dan menebar senyum. Tak perlu lama-lama, waktu tidur siang yang dibutuhkan Budi Karya pun relatif pendek, yakni 15-30 menit setiap hari.

Itu dilakukan demi membuat tubuhnya bugar dalam menjalani aktivitas yang bisa sangat padat. Dilansir dari detik.com, Budi Karya biasa memulai aktivitas pada pukul 05.00 WIB hingga malam.

Manfaat tidur siang seperti Budi Karya

Dalam dunia medis, tidur siang singkat yang dilakukan Budi Karya itu disebut dengan power nap. Meski singkat, power nap rupanya memiliki banyak manfaat, selama dilakukan dengan cara yang tepat.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, power nap dapat meningkatkan daya ingat, mendongkrak performa kerja, dan memperbaiki suasana hati saat sedang berada di kantor.

Tak hanya itu, power nap juga sangat baik bila Anda ingin meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Dokter Karin menyebut bahwa kondisi otak pekerja cenderung kekurangan oksigen pada siang hari, sehingga tingkat fokus dan konsentrasi akan menurun.

“Nah, dengan tidur siang, oksigen dalam otak akan kembali terisi. Pada akhirnya, otak bisa kembali fokus,” lengkapnya.

Di samping itu, dilansir dari Web MD, power nap selama sekitar 20 menit bagus juga untuk kewaspadaan dan keterampilan belajar motorik –seperti mengetik dan bermain piano. Bahkan, tidur siang singkat lebih baik daripada secangkir minuman kafein, seperti kopi.

“Itu karena kafein dapat menurunkan kinerja memori. Anda mungkin akan tetap terjaga saat minum kafein, tapi Anda juga cenderung membuat lebih banyak kesalahan,” tutur Sara C. Mednick, PhD, seorang pakar tidur.

Dokter Karin menambahkan, ada sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa tidur siang memiliki peran yang penting untuk daya ingat. Selain itu, tidur siang juga diketahui bisa mengembalikan keterampilan motorik, persepsi, dan mengingat secara verbal.

Kiat untuk bisa melakukan power nap

Jadi, Anda tertarik mencoba tidur siang singkat seperti Budi Karya? Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan:

  • Konsisten

Power nap tidak bisa hanya dilakukan sekali, lalu langsung Anda bisa merasakan manfaatnya. Diperlukan konsistensi dalam hal ini.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, Anda perlu membuat jadwal yang rutin dan konsisten terhadap kebiasaan tidur siang. Misalnya, tidur siang dari pukul 13.00-13.30.

  • Pasang alarm supaya tidak kebablasan

Pasti Anda tidak mau gara-gara tidur siang dimarahi atasan Anda karena terlalu lama tidur alias kebablasan? Anda bisa pasang alarm pada ponsel Anda selama 30 menit atau kurang, agar tidak terburu-buru saat terbangun.

  • Suasana

Tidurlah di ruangan yang gelap atau gunakan penutup mata agar Anda bisa lebih cepat tertidur. Buat nyaman juga posisi tidur Anda.

Tidur siang singkat adalah salah satu rahasia Budi Karya tetap bugar di tengah aktivitas yang padat. Jadi, jangan ragu lagi untuk meniru kebiasaan ini sekarang karena banyak manfaat tidur siang pada tubuh. Namun yang perlu diingat, lakukan power nap dengan benar untuk mendapatkan manfaatnya dan jangan sampai kebablasan ya!

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar