Sukses

Tanda Kutu Rambut yang Tak Boleh Diabaikan

Kutu di rambut kepala bisa mengganggu Anda. Apa saja tanda atau ciri-ciri adanya kutu di rambut? Simak tanda kutu di rambut berikut ini.

Masalah di kulit kepala bukan cuma ketombe. Masalah lain yang juga sangat mengganggu adalah kutu rambut yang bersarang di kulit kepala. Selain menyebabkan keluhan gatal-gatal, apa lagi tanda kutu rambut yang tak boleh diabaikan?

Kutu rambut umumnya tidak berbahaya, karena tidak menyebarkan penyakit. Meski begitu, hewan kecil ini bisa menyebabkan iritasi dan mengganggu kesehatan kulit kepala. Mereka mengisap darah dari kulit kepala sebagai makanan. Berikut ciri-ciri rambut berkutu.

1 dari 4 halaman

1. Gatal

Keluhan yang paling sering dialami oleh mereka yang terserang kutu di rambut adalah gatal di kulit kepala, leher, maupun telinga. Hal ini disebabkan oleh reaksi alergi terhadap air liur yang dikeluarkan kutu saat mengisap darah penderita untuk mencegah pembekuan darah. 

Ketika seseorang baru pertama kali terserang, gatal mungkin baru terjadi setelah 4-6 minggu. Beberapa orang mungkin bahkan tidak mengalami gatal karena toleransi tubuhnya.

2. Titik Putih di Rambut

Orang yang memiliki masalah kutu di rambut biasanya akan mendapati banyak bulir kecil berwarna putih di batang rambutnya. Ini bukan ketombe, tapi ciri-ciri rambut berkutu.

Bagaimana membedakannya? Pertama, telur kutu sulit dihilangkan dari rambut, sementara ketombe biasanya mengelupas dengan mudah.

Artikel lainnya: Bisakah Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih?

Kedua, ketombe umumnya berwarna putih pekat (atau kekuning-kuningan) dan mengelupas dari kulit kepala secara langsung. Sementara telur kutu terlihat seperti butiran beras kecil yang melekat di folikel rambut.

2 dari 4 halaman

3. Sensasi Menggelitik di Kulit Kepala

Pada beberapa kasus, kehadiran kutu rambut bisa memicu sensasi menggelitik di kulit kepala. Sensasi ini bisa sangat terasa, khususnya saat kutu sedang menjelajahi kulit kepala. Meski demikian, tanda kutu rambut ini tak dirasakan semua penderita. 

4. Benjolan Merah di Kulit Kepala

Air liur yang keluar saat kutu menggigit kulit kepala penderita tidak hanya menyebabkan gatal. Reaksi alergi juga bisa muncul, yang ditandai dengan timbulnya ruam merah atau benjolan di kulit kepala.

5. Terlihat Kutu Rambut yang Bergerak

Kutu di kepala tidak suka cahaya dan akan berusaha menghindari segala benda yang mengganggu keberadaannya.

Namun, bukan tidak mungkin Anda akan menemukan kutu rambut di kepala atau sedang bergerak di sisir yang digunakan.

Artikel lainnya: Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

6. Luka atau Keropeng di Kepala

Tanda kutu rambut berikutnya adalah muncul keropeng di kepala. Gatal yang disebabkan oleh gigitan kutu dapat menyebabkan iritasi di kulit kepala. Akibat gatal, penderita cenderung untuk menggaruk.

Garukan tersebut akan menyebabkan iritasi kulit berupa kemerahan, luka, bahkan keropeng.

3 dari 4 halaman

7. Susah Tidur

Kutu rambut cenderung aktif pada malam hari untuk mencari makan dan bergerak. Hal ini dapat membuat penderita kutu rambut tak bisa tidur dan sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

Jika Anda terbukti kutuan, jangan khawatir. Masalah ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan obat kutu yang banyak dijual. Selain itu, sebaiknya orang yang seranjang dengan penderita mungkin juga perlu diobati.

Kutu di kepala akan mati saat terpapar suhu tinggi (sekitar 540 Celsius). Agar tak tertular, cuci sarung bantal, sprei, topi, serta benda yang berkontak dengan kepala penderita menggunakan air panas setidaknya 5 menit.

Selanjutnya, barang-barang yang sukar dicuci, misalnya karpet, bisa dibersihkan menggunakan mesin vacuum. Kalau tidak tersedia, Anda bisa membungkus barang-barang itu dengan kantong plastik selama 2 minggu.

Itu dia tanda-tanda kutu rambut yang tak boleh diabaikan. Meski tidak berbahaya, kutu di rambut adalah masalah kesehatan yang harus diatasi.

Dapatkan informasi terkait kesehatan kulit dan rambut beserta tips perawatannya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar