Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Salak, Buah Bersisik yang Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Salak, Buah Bersisik yang Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Buah salak merupakan salah satu buah yang populer dikonsumsi. Apa saja manfaat salak bagi kesehatan? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

Salak adalah salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang berasal dari Sumatra dan Jawa ini memiliki kulit berwarna coklat dan bersisik kasar, sehingga dikenal juga dengan nama snake fruit

Selain rasanya enak, yang mana cenderung manis dan asam, ternyata manfaat salak bagi kesehatan juga cukup beragam. Salak mengandung kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, zat besi, dan juga serat. Kandungan tersebut tentu saja sangat dibutuhkan bagi tubuh.

Berikut manfaat salak yang perlu Anda ketahui:

1 dari 5 halaman

1. Menunjang Kesehatan Mata

Salak mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui, kesehatan mata perlu ditunjang asupan vitamin A yang baik. Salak juga memiliki kandungan beta-karoten, yaitu salah satu antioksidan yang sangat dibutuhkan mata.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Baik

Pertahanan tubuh yang baik adalah kunci agar Anda bisa beraktivitas dengan baik. Pertahanan tubuh bisa berada dalam kondisi prima apabila mendapat asupan vitamin B yang memadai. Sementara itu, salak merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin B yang melimpah, lho

Artikel Lainnya: Fakta di Balik Mitos Salak Sebabkan Gangguan Pencernaan

3. Menambah Stamina

Salak memiliki kandungan karbohidrat atau dalam kata lain punya kadar gula. Tetapi, jenis gula dalam salak adalah jenis gula yang baik. Sehingga, manfaat salak bagi kesehatan juga bisa menambah stamina. Nantinya, karbohidrat dari salak akan diubah menjadi glukosa. Lalu, glukosa akan diubah lagi menjadi energi.

2 dari 5 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salak diketahui tidak mengandung kolesterol, tapi mengandung kalium. Kalium punya manfaat baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, salak juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Menghindari Tubuh dari Penyakit Kronis

Makan buah salak juga dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit kronis. Lantaran, salak mengandung antioksidan yang beragam dan bisa menghambat terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Dengan demikian, makan salak tidak hanya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, tapi bisa mencegah Anda dari diabetes dan stroke. Antioksidan dari buah salak juga dapat mencegah penumpukan sel radang.

Artikel Lainnya: Hindari! 8 Buah Ini Tidak Baik untuk Sarapan

6. Menjaga Kesehatan Pankreas

Di dalam salak, ada kandungan yang bisa meregenerasi sel pankreas. Organ pankreas yang sehat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Pasalnya, penderita diabetes tidak bisa menghasilkan insulin yang normal akibat penurunan fungsi sel pankreas.

3 dari 5 halaman

7. Meningkatkan Memori

Manfaat salak yang satu ini membuatnya dijuluki sebagai buah ingatan. Alasannya, karena salak mengandung mineral serta bahan aktif berupa kalium dan pektin. Kandungan zat tersebut mampu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan kemampuan kognitif, serta memperkuat daya ingat.

Di samping itu, antioksidan di dalam buah salak turut membantu mencegah terjadinya stres oksidatif di dalam sel-sel tubuh. Sehingga, makan buah salak dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif.

8. Mengontrol Gula Darah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, salak punya manfaat baik untuk kesehatan pankreas. Pankreas adalah organ yang berperan penting dalam menghasilkan insulin, sehingga dapat membantu mengontrol gula darah.

Selain itu, kandungan pterostilbene, yaitu zat kimia yang mirip dengan resveratrol, dinilai mampu melindungi sel beta dalam pankreas dan dapat mencegah resistensi insulin.

Artikel Lainnya: Manfaat Jus Buah Belimbing yang Baik untuk Kesehatan

4 dari 5 halaman

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan, salak dapat menjadi pilihan buahnya. Buah bersisik ini mengandung karbohidrat, serat, kalsium, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Karbohidratnya dapat menjadi tambahan energi saat menjalani diet. Lalu, zat antioksidannya sangat baik dalam merawat sel-sel dan menghambat penuaan dini. Sedangkan seratnya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

10. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat salak juga dapat menyehatkan saluran pencernaan karena mengandung tanin, saponin, dan flavonoid. Ketiga zat tersebut merupakan senyawa antioksidan tinggi yang baik untuk pencernaan.

Tanin di dalam buah salak juga dapat bersifat sebagai antidiare yang bisa membantu menyembuhkan diare, lho. Anda juga disarankan mengonsumsi salak dengan kulit arinya, yang dapat membantu mencegah sembelit.

Itulah deretan manfaat makan buah salak bagi kesehatan yang perlu Anda tahu. Tertarik mencobanya? Meski bersisik seperti ular, buah ini punya rasa yang lezat, mudah didapat, dan mudah pula  untuk dikonsumsi. Cari tahu informasi atau fakta sehat dari buah lainnya dengan baca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar