Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Agar Tak Sia-Sia, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

Agar Tak Sia-Sia, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

Jangan sampai masker wajah yang Anda beli hingga menguras isi dompet sia-sia karena cara penggunaannya salah. Begini cara pakai yang benar!

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu produk perawatan kecantikan kulit wajah yang digandrungi adalah masker. Jenisnya banyak, fungsinya beragam, harganya pun cukup terjangkau. Agar manfaat masker bisa dirasakan, Anda harus tahu cara pakai masker dengan benar.

Meski banyak sekali dijual dan penggunaannya relatif mudah, tetapi tak banyak yang tahu cara penggunaan masker secara benar. Apa saja yang harus diperhatikan?

Pertama-tama, Anda tentu tahu bahwa masker wajah ada banyak macamnya. Mulai dari sheet mask (masker lembaran), krim, gel, lumpur (mud), tanah liat (clay), atau berbentuk bubuk yang dicampurkan air. Meski demikian, apa pun jenis masker wajah yang Anda gunakan, dokter kulit menyarankan frekuensi penggunaannya yang ideal adalah dua kali seminggu.

Selanjutnya, begini panduan cara pakai masker wajah yang dianjurkan.

  • Pilih masker jenis masker sesuai jenis kulit

Langkah pertama dan terpenting sebelum mengaplikasikan masker ke wajah adalah memilih jenis masker yang pas dengan tipe kulit.

- Kulit kering: hydrogel, krim, masker minyak hangat (warm oil mask), dan sheet mask.

- Kulit kombinasi, berminyak, dan berjerawat: lumpur dan tanah liat. 

- Kulit kusam: masker yang mengandung eksfoliator.

- Kulit yang mulai menua: masker peel-off dan masker minyak hangat. 

Masker jenis gel cocok digunakan untuk kulit sensitif, kulit berjerawat, dan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Masker gel biasanya juga memberikan sensasi dingin, sehingga dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari. 

  • Hal yang dilakukan sebelum dan sesudah pakai masker

Sebelum mengaplikasikan jenis masker apa pun, kulit wajah harus dalam keadaan bersih. Bersihkan wajah dari makeup dan kotoran dengan metode double cleansing. Pastikan kondisi tangan juga bersih.

Jika sudah mengangkat dan membersihkan masker yang mengering di wajah, jangan lupa untuk tetap memakai toner serta pelembap. Sebab, makin terhidrasi kulit, makin efektif pula kerja nutrisi yang diberikan oleh masker tadi. 

  • Cara menggunakan masker wajah yang benar sesuai jenisnya

Agar merasakan manfaatnya, berikut ini panduan cara menggunakan masker wajah yang sesuai dengan jenisnya.

  • Cream mask:

Gunakan ujung jari untuk meratakan masker

- Hindari daerah bibir, mata, dan alis 

  • Bubble mask:

Oleskan ¼ masker ke seluruh wajah

- Hindari area bibir dan mata

  • Sheet mask:

Lepaskan sheet mask dari kemasannya

- Buka perlahan agar tidak sobek

- Sejajarkan mask dengan wajah 

- Tekan secara perlahan 

- Sisa serum atau essence pada kemasan bisa dioleskan lagi ke wajah atau bagian tangan dan leher

  • Clay dan mud mask:

Oleskan ¼ masker ke seluruh wajah 

- Hindari area bibir dan mata 

  • Gel mask:

Gunakan ujung jari untuk meratakan masker

- Ratakan tipis-tipis, sama seperti saat Anda mengaplikasikan pelembap

- Hindari daerah bibir dan mata

Setelah mengaplikasikannya, langkah selanjutnya adalah mendiamkannya selama 20 menit. Khusus untuk masker yang akhir penggunaannya harus dibilas, gunakan air hangat dan gosok dari secara perlahan.

Untuk masker peel-off, lepaskan masker secara perlahan. Setelahnya, lanjutkan dengan ritual perawatan kecantikan seperti biasanya, mulai dari toner, essence, serum, dan krim malam.

1 dari 2 halaman

Seberapa sering boleh memakai masker wajah?

Sejatinya, sesuatu yang berlebih tak baik, termasuk terlalu sering menggunakan masker wajah. Bila dipakai terlalu sering atau terlalu lama, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter mengatakan, kebiasaan itu bisa bisa menimbulkan berbagai masalah kulit.

Frekuensi penggunaan masker wajah yang dianjurkan adalah beberapa kali seminggu.

“Memang belum ada jurnal medis yang menyatakan seberapa sering penggunaan masker kulit yang disarankan. Pada umumnya masker kulit mengandung bahan alami yang aman. Namun anjurannya adalah 2-3 kali seminggu untuk semua jenis kulit baik kulit sensitif, kering, kombinasi, berminyak dan berjerawat,” ungkap dr. Theresia.

Jika lebih dari itu, ada potensi risiko iritasi, terganggunya kelembapan kulit, bakteri jerawat berkembang biak, dan lain-lain.

Selain itu, pada masker bersifat exfoliator atau mengangkat sel-sel kulit mati, pemakaian yang terlalu sering dapat membuat kulit jadi kering dan mudah keriput.

Penggunaan masker kulit yang terlalu lama, misalnya selama berjam-jam, juga dapat menyebabkan masalah yang sama. 

“Sebaiknya gunakan masker wajah selama 15-30 menit agar nutrisinya meresap dengan baik,” pungkas dr. Theresia.

Setelah selesai, jangan lupa untuk membilas wajah (jika masker perlu dibilas) sampai bersih. Bila tidak, sisa masker dapat mengendap di kulit dan menimbulkan jerawat.

Semoga penjelasan tentang cara memilih dan cara pakai masker wajah yang benar tadi bermanfaat, terutama jika Anda masih “pemula” dalam hal perawatan kulit wajah. Bila penggunaan masker memunculkan efek samping seperti perih, gatal, atau kulit kemerahan, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan kondisi tersebut kepada dokter spesialis kulit.

(RN)

0 Komentar

Belum ada komentar