Sukses

7 Terapi Psikologis yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Untuk membantu meningkatkan kesehatan mental Anda, berbagai jenis terapi psikologis telah dikembangkan. Apa saja terapi itu?

Klikdokter.com, Jakarta Berbagai terapi psikologis sebenarnya sudah banyak tersedia untuk membantu mengatasi mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. Sayangnya, stigma orang gila membuat banyak dari mereka yang enggan untuk menjalani terapi.

Syukurlah akhir-akhir ini masalah kesehatan mental mulai mendapat perhatian yang cukup luas. Ini jelas hal yang positif. 

Diharapkan, dengan peningkatan kesadaran akan banyaknya masalah mental yang mungkin terjadi, masyarakat bisa lebih memahami mereka yang memiliki masalah mental dan menghentikan stigma orang gila yang selama ini melekat.

Tentunya hal ini akan membuat mereka yang merasa memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya jadi tidak malu lagi untuk mencari bantuan dokter spesialis kejiwaan atau psikiater. 

Deretan terapi psikologis yang bisa membantu Anda

Lalu, terapi psikologis apa saja yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mental Anda? Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang telah terbukti efektif:

  • Cognitive Behavioural Therapy (CBT)

Ini adalah salah satu jenis terapi psikologis yang paling sering dipakai. Terapi ini bertujuan mengubah pemikiran, perilaku, ataupun emosi yang salah terhadap sesuatu, sehingga dapat menyelesaikan masalah dan meningkatkan rasa bahagia.

Prinsip dari CBT adalah pemikiran dan persepsi akan memengaruhi perilaku, sehingga mencapai pemikiran dan persepsi yang “sehat” adalah kuncinya. 

CBT dapat digunakan untuk berbagai kondisi mental, seperti depresi, kecemasan, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), kelainan makan, gangguan obsesif kompulsif (OCD), fobia, atau insomnia.

  • Interpersonal Therapy (IPT)

IPT merupakan jenis terapi yang relatif baru, tapi memiliki prinsip yang mirip dengan CBT. 

Jika CBT lebih berfokus pada bagaimana pemikiran bisa memengaruhi persepsi penderita terhadap dirinya sendiri, maka IPT bertujuan untuk mengubah pemikiran dan perilaku yang berpengaruh terhadap relasi seseorang, 

IPT banyak digunakan untuk mengatasi kelainan mood, seperti kelainan bipolar. Selain itu, terapi ini juga sering digunakan pada masa-masa sulit di kehidupan seseorang, seperti setelah bercerai atau ada kematian anggota keluarga.

Terdapat empat masalah utama yang dapat ditangani IPT, yaitu:

- Masalah pada hubungan, misalnya merasa terisolasi atau terlibat dalam hubungan yang membuat Anda merasa tidak bahagia.

- Membantu menyelesaikan duka yang belum teratasi.

- Membantu mengatasi perubahan hidup yang sulit dijalani, misalnya pindah tempat tinggal, pensiun, atau bercerai.

- Membantu mengatasi masalah yang timbul dalam hubungan akibat harapan yang bertentangan antara Anda, pasangan, keluarga, atau teman.

  • Terapi pernikahan dan keluarga

Terapi ini juga dikenal sebagai konseling pernikahan atau konseling keluarga. Terapi ini berusaha mempelajari perilaku anggota keluarga, serta bagaimana pengaruhnya terhadap hubungan dengan anggota keluarga lainnya dan keluarga secara keseluruhan.

Pada terapi ini, biasanya Anda akan menjalani sesi privat bersama terapis selama beberapa kali. Setelah itu, baru akhirnya Anda dan pasangan atau anggota keluarga lainnya menjalani sesi bersama.

Terapi ini dinilai sangat efektif untuk mengatasi konflik antar suami-istri, ataupun antar anggota keluarga. Menurut sebuah studi, 70 persen pasangan yang mengikuti terapi ini berhasil menyelesaikan masalahnya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Psychodynamic Therapy

Ini merupakan salah satu bentuk terapi yang memerlukan pembicaraan secara mendalam. 

Terapi ini akan mendorong Anda untuk berbicara bebas mengenai berbagai masalah, ketakutan, impian, dan fantasi yang Anda miliki. Tujuannya, untuk mengurangi gejala negatif yang ada dan meningkatkan rasa percaya diri.

Terapi ini banyak digunakan untuk mengatasi depresi, serta pada mereka yang bermasalah dalam membentuk dan mempertahankan hubungan atau kehilangan arti hidup. 

Psychodynamic therapy umumnya dapat bermanfaat dengan baik bagi mereka yang sadar akan adanya masalah, namun sulit untuk menyelesaikannya sendiri.

  • Terapi seni

Terapi ini memberikan kebebasan kepada Anda untuk mengekspresikan diri melalui seni –seperti dengan melukis, menggambar, mewarnai, atau mematung. 

Nantinya, terapis yang berpengalaman dapat membantu memahami arti di balik karya seni tersebut dan mengaitkannya dengan perasaan dan perilaku Anda.

Terapi seni sering digunakan pada anak-anak, walau dapat dijalani oleh siapa pun tanpa pembatasan usia. Manfaatnya, antara lain dapat memperbaiki keahlian dalam membina relasi dengan orang lain serta proses dan cara-cara menyelesaikan masalah.

  • Psikoedukasi

Psikoedukasi merupakan proses memberikan edukasi mengenai masalah mental tertentu, termasuk pengetahuan dasar mengenai kondisi mental Anda, cara mengatasi masalah, bagaimana dan di mana mencari pertolongan lebih lanjut, dan sebagainya. 

Terapi ini dapat dijalani dalam bentuk kelas, support group, ataupun sesi privat dengan terapis.

  • Hipnoterapi

Hipnoterapi bertujuan menarget alam bawah sadar Anda, sehingga pemberian saran untuk menyelesaikan masalah mental dapat diterima dengan lebih baik. 

Terapi ini lebih sering digunakan bersamaan dengan jenis terapi lainnya. Umumnya, terapi ini disarankan untuk menyelesaikan masalah yang spesifik, seperti fobia, insomnia, ingin berhenti merokok, atau disfungsi seksual.

Kini, Anda sudah tahu jika sebenarnya ada banyak terapi psikologis yang dapat dijalani untuk meningkatkan kesehatan mental. Namun harus diingat juga, hasil positif dari terapi-terapi tersebut tidak akan langsung terlihat hanya lewat beberapa kali terapi. Berikan waktu agar proses terapi dapat membantu masalah Anda.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar