Sukses

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jiwa Lansia

Lansia merupakan masa yang rentan terhadap kondisi kesehatan jiwa. Namun, para lansia bisa melakukan tiga hal ini untuk menjaganya.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kesehatan jiwa para lansia tak jarang menjadi hal yang kerap terlupakan. Penyebabnya, banyak lansia lebih memilih untuk mengutamakan kesehatan fisik dibandingkan dengan kesehatan jiwa. Padahal, kesehatan jiwa yang baik akan dapat mendukung terjaganya kesehatan fisik. 

Hal yang bisa ganggu kejiwaan lansia

Banyak hal yang dapat mengganggu kesehatan jiwa saat usia semakin tua. Misalnya adalah penyakit degeneratif. 

Beberapa jenis penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan demensia, dapat menyebabkan gangguan pola pikir dan daya ingat, serta membuat para lansia mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Seiring bertambahnya usia, tubuh juga akan menjadi semakin kesulitan untuk beraktivitas atau pergi ke tempat yang diinginkan. Ujung-ujungnya, hal ini dapat memicu depresi dan perasaan tidak berdaya. Hal-hal ini dapat memicu tidak nafsu makan hingga kesulitan tidur yang merembet pada gangguan kesehatan fisik lainnya.

Selain itu, semakin usia bertambah, Anda juga akan banyak kehilangan orang yang ada di dalam hidup. Misalnya, sahabat, keluarga, bahkan pasangan hidup yang meninggal dunia. Lagi-lagi, hal ini dapat memicu depresi dan kesepian. 

Gangguan mengingat dan berkonsentrasi juga menjadi masalah lain yang dihadapi para lansia. Penurunan fungsi sistem persarafan seiring dengan bertambahnya usia merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hal ini.

Sebagai contoh, Anda dapat mulai lupa apa yang ingin dibeli ketika masuk ke pusat perbelanjaan, lupa kapan terakhir menelepon seseorang, atau lupa kapan terakhir minum obat.

Cara lansia menjaga kesehatan jiwa 

Hal-hal di atas berisiko membuat lansia depresi, merasa kesepian, bahkan memilih hidup menyendiri. Agar tidak menimpa Anda, ada berbagai hal dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa para lansia, yaitu:  

  • Mengonsumsi makan sehat

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mulai mengonsumsi makanan yang benar secara teratur. Asupan makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang dapat memberikan dampak yang baik kepada kesehatan fisik dan jiwa para lansia. 

  • Jangan lupa bersosialisasi

Penting untuk membiasakan diri agar tetap bersosialisasi. Meskipun bersosialisasi akan terasa semakin sulit seiring dengan bertambahnya usia, penting untuk tetap menjalani aktivitas bersama keluarga dan teman. 

Anda dapat datang ke acara arisan keluarga, bepergian ke taman, atau melakukan hobi yang sama dengan teman-teman. 

Melakukan interaksi sosial dapat menjaga kesehatan jiwa, dan membuat pikiran menjadi lebih terbuka. Selain itu, lansia juga tidak akan merasa terkurung di dalam rumah.

  • Hindari membebani pikiran berlebihan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghindari stres.  Jangan bebani pikiran Anda dengan stres dan pikiran yang berat. Ingat, stres memicu depresi dan cemas berlebihan yang tentu buruk untuk setiap orang, bukan hanya lansia. 

Ketimbang stres, Anda bisa mencurahkan perasaan pada orang yang Anda ajak percaya, seperti sahabat atau keluarga dekat. Salurkan juga beban pikiran Anda pada kegiatan olahraga bersama teman atau berpartisipasi dalam komunitas-komunitas yang ada di sekitar rumah Anda. 

Menjaga kesehatan jiwa para lansia sama penting dengan merawat kondisi fisik karena keduanya dapat saling memengaruhi. Untuk itu, lakukan langkah-langkah mudah di atas untuk menjaga kesehatan jiwa. Bila Anda mengalami perasaan negatif yang terus-menerus, jangan ragu untuk menemui dokter atau psikolog. 

[HNS/ RH]

1 Komentar