Sukses

Agar Lebih Menyenangkan, Lakukan 5 Kegiatan Ini Saat Bangun Tidur

Ingin punya hari yang menyenangkan dan berkualitas setiap harinya? Lakukan lima kegiatan ini saat bangun tidur!

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tentu ingin menjalankan hari dengan perasaan senang tanpa ada aura negatif yang mengganggu. Tapi rupanya, aktivitas yang salah di pagi hari bisa merusak mood secara keseluruhan. Untuk mencegah hal itu terjadi, ada beberapa kegiatan saat bangun tidur yang bisa dilakukan agar hari Anda jadi lebih menyenangkan.

Seperti dijelaskan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, bangun pagi dengan perasaan bahagia dapat meningkatkan fokus dan mengatasi stres dengan lebih baik. 

Memang rasanya sangat sulit untuk bangun pagi. Tapi percayalah, bangun pagi yang dilanjutkan dengan aktivitas-aktivitas positif bisa buat hari Anda lebih menyenangkan. Jadi, apa saja sih aktivitas pagi hari yang bikin hari Anda lebih cerah? 

  • Minum air putih

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan saat bangun tidur adalah minum air putih. Perlu diketahui, sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. 

Hal ini menunjukkan bahwa air sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai fungsi organ dalam tubuh. Ketika kebutuhan air tidak dicukupi atau bahkan mengalami dehidrasi, Anda berisiko terkena berbagai masalah kesehatan.

“Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan membantu sistem kerja metabolik yang nantinya akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dengan demikian, risiko terserang penyakit pun akan menurun,” ujar dr. Sepriani saat diwawancarai. 

Selain itu, minum air putih di pagi hari juga bisa membersihkan racun dalam tubuh —yang lagi-lagi— dapat mencegah tubuh terserang penyakit. 

  • Sarapan

Meski terdengar sepele, sarapan di pagi hari terbukti bisa meningkatkan mood Anda sepanjang hari. Perut yang tidak terisi di pagi hari bisa menyebabkan sistem kerja otak jadi menurun dan membuat Anda jadi tidak fokus dalam bekerja. 

“Perut kosong juga bisa mengganggu situasi mood dan buat Anda cenderung lebih sensitif,” dr. Sepriani menambahkan. 

Pilihlah menu sarapan sehat yang mengandung sayuran yang bernutrisi, protein berkualitas tinggi, lemak tak jenuh, dan serat. Jika semua hal tersebut terpenuhi, Anda akan merasa kenyang dan berenergi sepanjang hari.

  • Olahraga dan beraktivitas fisik

Orang yang memiliki kebiasaan olahraga selama 30 menit sebelum memulai harinya bisa dipastikan memiliki tubuh yang lebih sehat dan prima. 

Selain membantu menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan hormon bahagia karena tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang saat menjalani aktivitas sehari-hari. 

  • Buat daftar kegiatan

Anda dapat juga membuat daftar kegiatan apa yang harus dilakukan pertama, dan apa yang bisa dilakukan nanti-nanti. 

Hal ini berguna agar aktivitas sehari-hari jadi tidak keteteran dan berantakan. Anda bisa memilih kegiatan mana yang menjadi prioritas dan kegiatan mana yang bisa dilakukan setelahnya. 

Selain itu, membuat daftar kegiatan juga bisa membantu kehidupan Anda jadi lebih tertata. Anda pun tidak perlu lagi cemas atau khawatir jika ada kegiatan yang lupa untuk dilakukan. Misalnya, bayar tagihan listrik, bayar SPP sekolah anak, dan belanja bulanan.

  • Jangan lupakan ‘me-time’!

Pernahkah Anda mendengar istilah me-time? Jika pernah, coba diingat kembali, kapan terakhir Anda melakukan me-time? Jika Anda merasa sudah lama atau bahkan tidak pernah memiliki waktu untuk diri sendiri, coba lakukan me-time di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Anda bisa luluran sambil mendengar lagu, atau hanya sekedar memasak menu sarapan favorit untuk diri Anda sendiri. Jika pagi hari dirasa tidak cukup untuk melakukan me-time, coba lakukan di malam hari sebelum Anda pergi tertidur. Melakukannya di malam hari juga punya manfaat baik untuk meningkatkan mood di keesokan harinya, kok! 

Daripada buru-buru membuka gawai dan mengecek sosial media, lebih baik lakukan lima kegiatan di atas saat bangun pagi. Anda pun akan lebih memiliki aura positif dan bersemangat menjalani hari. Selamat mencoba! 

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar