Sukses

Kyuri, Timun Jepang dengan Segudang Manfaat Sehat

Pernah dengar tentang kyuri? Ini adalah timun Jepang dengan manfaat sehat yang tidak kalah banyak dengan sayuran lain, lo!

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering makan di restoran Jepang? Jika ya, Anda tentu sudah tidak asing dengan kyuri, yang umumnya menjadi salah satu bahan isian sushi. Nah, seperti apa manfaat sayur yang juga disebut timun Jepang ini?

Kyuri, satu keluarga dengan melon

Si timun Jepang ini sering salah dikenali sebagai zucchini bentuknya yang mirip. Bicara tentang bentuk, walau berbeda, keduanya sebenarnya masih ‘satu keluarga’ dengan melon, labu, dan labu siam. 

Kyuri berbeda dengan timun-timun dari negara lain. Timun Jepang ini memiliki bentuk yang lebih ‘langsing’, ukuran biji yang lebih kecil, tidak pahit, dan memiliki tekstur yang lembut namun garing ketika dikunyah. 

Ada juga jenis Kyuri yang tidak mengandung biji sama sekali. Rasanya pun lebih manis. Timun Jepang ini mengandung 96 persen air, sehingga dapat bertahan di musim panas yang terik. 

Ukuran kyuri berbeda-beda. Kyuri yang berukuran kecil biasa digunakan sebagai hiasan makanan. Sementara itu yang berukuran sedang digunakan untuk sushi dan kyuri ukuran besar diolah menjadi acar yang dinamakan tsukemono.

Segudang manfaat sehat kyuri

Meskipun terkadang hanya digunakan sebagai hiasan makanan, sebenarnya ada banyak kebaikan kyuri bagi tubuh. Beberapa manfaat sehatnya, antara lain:

  • Kaya nutrisi

Kyuri adalah bahan makanan yang kaya akan vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor, dan mangan. Selain itu, kyuri juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin K, dan potasium, serta berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B5, dan B7. 

  • Meredakan cemas

Karena mengandung banyak vitamin B, kyuri diketahui mampu membantu meredakan rasa cemas berlebihan dan efek negatif dari stres.

  • Baik untuk saluran cerna

Kyuri juga kaya akan serat, yang bermanfaat untuk pencernaan. Timun Jepang ini disebut-sebut mampu memperlambat pengosongan lambung, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. 

Tak hanya itu, kyuri juga baik bagi pencernaan karena kemampuannya dalam membantu melancarkan buang air besar. 

  • Mencegah dehidrasi

Kyuri mengandung banyak air, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Dengan kata lain, timun Jepang ini bisa membuat Anda terhindar dari dehidrasi alias kekurangan cairan.

  • Menjaga kesehatan otak

Kyuri mengandung flavonol, suatu zat anti-peradangan yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Menurut penelitian, flavonol dapat membantu memperbaiki fungsi memori dan melindungi sel otak dari penuaan dini. 

  • Menurunkan risiko kanker

Kyuri memiliki kandungan polifenol. Senyawa ini diduga memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker payudara, rahim, ovarium, dan prostat.

Selain kaya akan berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kyuri juga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sebab, timun Jepang ini memiliki kandungan kalori, lemak jenuh, kolesterol, dan sodium yang rendah.

Tidak disangka, kyuri ternyata memiliki segudang manfaat sehat yang tidak kalah hebat dari sayur lain. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli dan mengolah sendiri timun Jepang ini? 

Pastikan Anda menyimpan kyuri di tempat yang sejuk seperti lemari es agar tidak mudah kering dan layu. Untuk mengolahnya, Anda bisa menyajikannya sebagai salad atau acar. Tetap ingat, meski memiliki banyak manfaat, batasi porsi saat mengonsumsi olahan kyuri, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar