Sukses

Cara Mengatasi Kutu Rambut pada Anak

Tak hanya gatal, kutu rambut pada anak bisa menurunkan kualitas hidupnya. Begini cara jitu untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Kalau sampai hinggap di kepala anak, kutu rambut bisa bikin kulit kepala gatal dan sebabkan ketidaknyamanan. Tak perlu kalang kabut, ada beberapa cara jitu untuk mengatasinya.

Kutu rambut, atau isitilah medisnya pedikulosis, adalah kondisi menular bagi anak-anak maupun orang dewasa. Kutu rambut sendiri disebabkan oleh parasit jenis pediculus humanus capitis, yang dapat ditularkan melalui kontak fisik langsung pada kepala atau rambut penderita, sisir, seprai, topi, atau bahkan saat sedang bertukar pakaian. 

Meski tidak menimbulkan dampak yang serius, tetapi kutu rambut yang tidak segera dibasmi akan menimbulkan rasa gatal berlebih, ketidaknyamanan, atau bahkan infeksi dan iritasi kepala hebat. Itu semuanya tentu dapat memengaruhi kualitas hidup si Kecil.

Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, reaksi gatal di kepala anak sendiri sebenarnya disebabkan karena air liur dari kutu yang hinggap. Rasa gatal tersebut tidak langsung muncul, tergantung sensitivitas kulit kepala anak. Bikin gatal parah atau tidak, tetap saja kutu rambut harus dibasmi sampai tuntas supaya anak bisa nyaman beraktivitas.

Cara membasmi kutu rambut pada anak

Terapkan langkah-langkah berikut ini untuk mengenyahkan kutu rambut pada anak.

  1. Pertama-tama, ketahui gejalanya

Cara pertama yang sebaiknya dilakukan adalah tahu gejala anak yang kutuan.

“Gejala paling umum adalah anak lebih sering menggaruk kepala dan mengeluh nyeri atau perih di bagian kulit kepala,” kata dr. Nabila.

Untuk memastikan ada atau tidaknya kutu, minta anak untuk menundukkan kepala, lalu sisir rambutnya dari atas ke bawah. Bila ada binatang yang jatuh, maka benar bahwa anak kutuan.

  1. Berikan obat pembasmi kutu

Setelah memastikan rambut anak terdapat kutu, langkah selanjutnya adalah dengan memberikan obat pembasmi kutu. Sebaiknya, bawa anak menemui dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan sampo, krim, obat, dan juga losion pembasmi kutu. Berbagai produk tersebut akan membunuh kutu, tapi mungkin perlu beberapa hari untuk benar-benar menghilangkan rasa gatalnya.

Walaupun sekarang sudah banyak obat kutu yang dijual bebas di pasaran, tapi Anda sebaiknya tetap memilih obat yang direkomendasikan dokter dan mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan. Karena, obat kutu termasuk dalam golongan insektisida, yang mana obat tersebut bisa menimbulkan reaksi alergi atau iritasi jika digunakan secara tidak tepat.

  1. Basmi kutu dewasa

Kutu dewasa akan menghasilkan telur dan memperbanyak jumlah kutu rambut di kepala. Kutu dewasa berukuran sedikit lebih kecil dari biji wijen dan warnanya cokelat kehitaman.

“Bila tak segera dibasmi, kutu dewasa bisa bertelur dan hidup hingga 30 hari pada kepala seseorang. Baik telur kutu atau kutu dewasa, keduanya dapat ditemukan dengan menggunakan sisir bergigi halus pada kulit kepala, belakang telinga dan sekitar tengkuk,” kata dr. Adeline Jaclyn juga dari KlikDokter turut menambahkan.

  1. Singkirkan telur kutu dengan sisi bergigi halus

Setelah mengaplikasikan obat kutu, singkirkan telur-telur kutu dengan sisir bergigi halus. Biasanya telur kutu berada di batang rambut, dekat kulit kepala, yang mana suhunya sempurna untuk tetap hangat sampai menetas. Telur kutu tersebut akan menetas dalam waktu satu hingga dua minggu setelah diletakkan.

Terkadang, telur kutu juga terlihat seperti ketombe, tetapi tidak dapat dihilangkan dengan cara disikat. Setelah menetas menjadi nimfa, cangkang yang tersisa akan terlihat putih atau bening, dan tetap melekat kuat pada batang rambut.

“Sama seperti sebelumnya, minta anak untuk menundukkan kepalanya, lalu sisir rambut anak dari atas ke bawah. Bisa juga minta anak untuk duduk, membagi rambut ke beberapa bagian, kemudian perlahan sisir dan cermati telur kutu yang terlihat,” kata dr. Nabila.

  1. Jika kutu rambut hinggap di kulit kepala balita atau bayi di bawah 6 bulan

Jika anak masih balita atau bayi di bawah 6 bulan, sebaiknya obat kutu tidak digunakan karena dapat menyebabkan infeksi dan iritasi hebat di kulit kepala bayi. 

Gunakan sisir bergerigi yang sudah diolesi sampo atau kondisioner untuk membasmi kutu rambut pada rambut bayi. Lakukan metode ini selama tiga minggu, sampai kutu akan mati dan hilang dengan sendirinya.

Itulah cara mengatasi kutu rambut pada anak. Supaya kutu tak hinggap lagi meneror kulit kepalanya, ajari anak untuk menjaga kebersihan dirinya, termasuk rambut dan kulit kepala, setiap hari. Pastikan juga untuk selalu mencuci bersih pakaian, seprai, atau benda lainnya seperti sisir, ikat rambut, topi, dan lain-lain secara rutin.

(RN)

0 Komentar

Belum ada komentar