Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatJantungEfektifkah Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Daging Kambing?
Jantung

Efektifkah Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Daging Kambing?

dr. Alvin Nursalim, 26 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daging kambing dipercaya dapat mengatasi masalah tekanan darah rendah atau hipotensi. Bagaimana faktanya secara medis?

Efektifkah Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Daging Kambing?

Banyak informasi kesehatan yang masih simpang siur kebenarannya. Salah satunya adalah terkait hubungan daging kambing dengan tekanan darah. 

Tak sedikit orang yang meyakini bahwa daging kambing dapat mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi. 

Oleh sebab itu, banyak penderita tekanan darah rendah memperbanyak konsumsi daging kambing. Dan sebaliknya, sebagian penderita hipertensi berusaha sebisa mungkin menghindarinya.

Bagaimana hubungan antara asupan daging kambing dengan tekanan darah? Benarkah ada pengaruh konsumsi daging kambing untuk darah rendah? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. 

Apakah Daging Kambing Bisa Menambah Tekanan Darah?

Entah dari mana awalnya kepercayaan tersebut muncul. Namun, fakta medis menunjukkan bahwa daging kambing tidak terbukti memiliki efek sebagai penambah darah. 

Karena itu, konsumsi daging kambing bukan pengobatan yang tepat untuk darah rendah.

Terdapat penelitian yang mencoba menjawab tentang hubungan antara asupan daging kambing dengan tekanan darah. 

Artikel Lainnya: Kenali Tekanan Darah Normal Sesuai Jenjang Usia

Penelitian dilakukan pada tikus percobaan yang dibagi menjadi beberapa kelompok. 

Pada kelompok yang mendapatkan asupan daging kambing, tidak dijumpai perbedaan tekanan darah yang bermakna dibandingkan kelompok yang tidak mendapatkan asupan daging kambing.

Pada orang dewasa, seseorang dianggap mengalami hipotensi jika tekanan darah sistoliknya kurang dari 90 milimeter air raksa (mmHg) dan tekanan darah diastoliknya kurang dari 60 mmHg.

Tekanan darah rendah tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, sebagian orang bisa mengalami letih, kepala terasa melayang, pusing berputar, mual, telapak tangan dingin, penglihatan kabur, bahkan pingsan

Penderita Tekanan Darah Rendah Tetap Boleh Makan Kambing?

Salah Mengolah Daging Kambing, Waspada Penyakit GERD!

Ya, konsumsi daging kambing boleh-boleh saja untuk penderita darah rendah. Namun, tujuannya bukanlah untuk mengatasi darah rendah, melainkan untuk mendapatkan nutrisi dari daging tersebut.

Daging kambing merupakan sumber protein dan zat besi yang baik. Selain itu, daging kambing mengandung lemak khususnya lemak jenuh, sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Jika dimakan secara berlebihan, lemak tersebut bisa menempel di pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Namun, perlu diketahui jika dibandingkan dengan daging sapi, kadar lemak jenuh pada kambing lebih rendah. 

Agar daging kambing menyumbangkan nutrisi yang baik untuk penderita darah rendah, pilihlah bagian has yang tidak mengandung banyak lemak. 

Lalu, proses memasak yang paling dianjurkan adalah dengan mengukus atau merebusnya. Sebisa mungkin, hindari memasak daging kambing dengan cara dibakar atau digoreng. 

Artikel Lainnya: Penderita Hipertensi Perlu Lakukan 6 Cara Ini agar Tetap Sehat

Untuk memiliki tekanan darah yang baik memerlukan perubahan pola hidup yang sehat secara menyeluruh. Pola makan hanyalah salah satu langkah untuk mencapainya. 

Pastikan berat badanmu ideal. Kelebihan berat badan menambah risiko tekanan darah tinggi. 

Sedangkan, berat badan yang rendah dengan gizi dan status cairan yang tidak optimal juga bisa menyebabkan kekurangan cairan. Hal ini pada akhirnya dapat menimbulkan hipotensi. 

Jangan lupa olahraga secara rutin. Aktivitas sedang, seperti jalan cepat atau berenang, dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah. 

Tetapkan target sehingga kamu dapat berolahraga dengan aman setidaknya 150 menit (2,5 jam) per minggu. Tanyakan dan diskusikan kepada dokter sebelum kamu memulai rencana olahraga. 

Nah, sekarang sudah jelas bahwa makan daging kambing boleh dilakukan untuk penderita darah rendah. Meski demikian, daging kambing bukanlah pengobatan utama untuk masalah hipotensi. 

Bila punya pertanyaan lebih lanjut mengenai tekanan darah rendah, kamu bisa konsultasi dengan dokter via fitur Tanya Dokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[RS]

daging kambingTekanan Darah Rendah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter