Sukses

Cara Alami Menghilangkan Kutil di Wajah

Tidak hanya jerawat yang buat percaya diri turun, kutil di wajah juga bisa bikin minder. Tak usah risau, coba beberapa cara menghilangkan kutil di wajah berikut ini.

Kutil merupakan benjolan yang tumbuh pada kulit dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada juga yang dapat bertahan beberapa bulan, bahkan sampai beberapa tahun.

Selain memicu nyeri, penyakit akibat virus HPV (human papillomavirus) ini cukup mudah menular melalui sentuhan. Anda dapat terinfeksi virus bila menyentuh kutil secara langsung. 

Oleh karena itu, menjaga kebersihan, seperti cuci tangan sebelum menyentuh wajah dan menghindari kontak langsung dengan kutil seseorang adalah cara untuk mencegah kutil di wajah.

Bila sampai kutil tumbuh di wajah, tak hanya nyeri yang datang mengganggu, penampilan Anda pun dapat ikut terganggu. Tapi tenang, ada beberapa cara alami menghilangkan kutil di wajah yang bisa Anda terapkan. Berikut tipsnya: 

1 dari 4 halaman

1. Bawang Putih

Adanya kandungan antivirus (allium sativum) dalam bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi virus HPV, yang menjadi penyebab kutil.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi kutil di wajah menggunakan ekstrak bawang putih? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Hancurkan satu siung bawang putih.
  • Oleskan di atas kutil wajah.
  • Setelahnya, tutup dengan plester, diamkan selama 15 menit.
  • Lakukan sehari sekali.

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, perhatikan gejala sesudahnya. Bila Anda merasa gatal, rasa terbakar, atau rasa geli yang bertambah, segera basuh area yang terpapar bawang putih. Sebab, luka bakar dapat muncul pada kulit sebagian orang.

Artikel Lainnya: Cara Aman Menghilangkan Kutil di Kulit

2. Jus Lemon

Siapa sangka, minuman menyegarkan yang satu ini dapat mengatasi kutil yang tumbuh di wajah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam sitrat dalam lemon yang dapat membunuh virus.

Cara menghilangkan kutil di wajah menggunakan lemon dapat dilakukan dengan mengencerkan buah ini dengan air. Pada sebuah studi, obat alami ini dikatakan efektif untuk menghilangkan kutil.

3. Jus Nanas

Belum ada bukti ilmiah mengenai jus nanas atau sari nanas sebagai obat alami untuk mengatasi kutil yang tumbuh di wajah. Namun, kandungan enzim pada nanas diketahui dapat menghancurkan jaringan kutil.

Ekstrak nanas ataupun jusnya bisa Anda oleskan pada wajah menggunakan cotton bud sebelum tidur. Kemudian, basuh wajah pada pagi harinya. Lakukan ini selama beberapa minggu.

2 dari 4 halaman

4. Madu

Madu yang diaplikasikan pada area kutil dapat menjadi cara menghilangkan kutil di wajah. Hal ini disebabkan oleh sifat madu sebagai antibakteri dan antivirus.

Cara yang bisa Anda lakukan, yaitu oleskan madu pada kutil di wajah, kemudian setelahnya Anda dapat menutup permukaan tersebut menggunakan perban.

Penutupan kutil menggunakan madu bertujuan untuk mencegah adanya oksigen yang masuk, sehingga dapat membunuh virus penyebab kutil.

Artikel Lainnya: Muncul Kutil pada Vagina, Perlukah Dioperasi?

5. Cuka Apel

Cuka apel dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi kutil pada wajah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam asetat dalam cuka apel yang bersifat antivirus, sehingga dapat membasmi virus penyebab kutil.

Selain mematikan virus, asam asetat juga mampu menghilangkan jaringan berlebih pada wajah Anda.

Cara mengatasi kutil di wajah menggunakan cuka apel dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam setengah gelas air.
  • Celupkan kapas pada campuran cuka apel dengan air.
  • Setelahnya, tempelkan kapas pada wajah yang ditumbuhi kutil.
  • Diamkan semalaman.

6. Tea Tree Oil

Kandungan antivirus dalam tea tree oil dapat membantu memusnahkan kutil yang tumbuh di wajah. Cara mengatasi kutil di wajah menggunakan minyak esensial ini adalah sebagai berikut:

  • Encerkan tea tree oil dengan cara mencampur 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes almond atau castor oil.
  • Teteskan larutan tersebut sebanyak 3-4 tetes ke kapas.
  • Letakkan pada kutil selama 5-10 menit.
  • Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

Bila setelah menerapkan langkah di atas Anda merasa nyeri, panas, atau rasa terbakar, larutan harus lebih diencerkan kembali.

Artikel Lainnya: Kutil di Leher Bisa Menular, Ketahui Cara Menghindari dan Mengatasinya

3 dari 4 halaman

7. Kemangi

Kutil yang tumbuh di wajah dapat diatasi dengan bahan alami seperti kemangi. Tumbuhan ini memiliki kandungan yang bersifat antivirus, sehingga mampu membasmi virus penyebab kutil.

Cara menghilangkan kutil di wajah menggunakan bahan alami ini cukup sederhana. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Hancurkan seperempat cangkir yang berisi daun kemangi.
  • Setelah lembek, aplikasikan pada kutil di wajah.
  • Tutup permukaan wajah yang telah diolesi kemangi menggunakan perban.
  • Lakukan setiap hari selama 1-2 minggu.

8. Kulit Pisang

Cara untuk menghilangkan kutil di wajah dapat dilakukan dengan memanfaatkan pisang, atau lebih tepat kulitnya. Manfaat kulit pisang dalam mengatasi kutil yang tumbuh di wajah diperoleh dari kandungan enzim yang dikenal efektif untuk mengatasi kondisi ini.

Cara menggunakan kulit pisang untuk mengatasi kutil cukup mudah. Caranya, kikis bagian dalam kulit pisang, lalu oleskan pada kutil di wajah. Lakukan sebanyak dua kali sehari sampai kutil memudar.

Demikian beberapa kiat yang bisa Anda terapkan. Namun, sebelum melakukan beberapa cara alami untuk mengatasi kutil di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Apabila penanganan di rumah sudah dilakukan, tapi tidak berhasil juga, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang sesuai.

[WA]

1 Komentar