Sukses

Manfaat Centella Asiatica (Daun Pegagan) bagi Kesehatan Kulit

Centella asiatica atau daun pegagan sedang naik daun akhir-akhir ini. Yuk, cari tahu manfaatnya bagi kesehatan kulit.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin belum pernah mendengar tentang Centella asiatica – atau daun pegagan – dan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Daun pegagan adalah tanaman liar yang sering digunakan untuk obat tradisional. Daun yang dikenal dengan nama Gotu Kola ini hidup di daerah tropis dengan penyebaran daerah yang luas, yaitu mencakup di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Secara umum, daun pegagan berbentuk seperti ginjal dengan tepian bergerigi dengan cabang batang banyak. Tumbuhan ini juga memiliki bunga yang dapat berwana putih maupun merah muda serta buah kecil-kecil yang berbau harum.

Sudah cukup lama C. asiatica dimanfaatkan untuk menjadi obat tradisional karena kandungannya mudah dicerna tubuh dan tingkat toksisitasnya rendah. Centella  sendiri diolah menjadi racikan jamu atau dikonsumsi dalam bentuk kering. 

Racikan tersebut lantas dimanfaatkan sebagai obat diare, mengatasi asma, wasir, reumatik, demam, meningkatkan ketajaman daya ingat maupun sebagai penambah darah. 

Meski termasuk tumbuhan liar, daun pegagan memiliki kandungan aktif yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya untuk kesehatan kulit. 

Kandungan paling penting di dalam ekstrak C. asiatica adalah centelloid. Selain itu, kandungan seperti asiatikosida, madekasosida, asam asiatik, dan asam madekasik pada tumbuhan ini  juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam dunia kosmetik. 

Manfaat daun pegagan untuk kulit

Selain sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa kondisi, ekstrak Centella juga memiliki manfaat untuk kulit. Manfaat Centella bagi kesehatan kulit, antara lain: 

  1. Mengurangi peradangan pada kulit

C. asitica tidak jarang diambil ekstraknya untuk dijadikan cairan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit. Umumnya, Centella digunakan untuk mengurangi peradangan pada kondisi psoriasis dan dermatitis. 

Pada penelitian yang dilakukan Guseva (1998), dilaporkan bahwa C. asitica juga dapat memberikan efek positif pada penyakit skleroderma. 

  1. Mempercepat penyembuhan luka 

Kandungan penting triterpene pada daun pegagan membantu proses penyembuhan luka, terutama luka bakar, luka diabetes maupun luka paska operasi. Triterpene membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan membantu pembentukan pembuluh darah yang baru sehingga proses penyembuhan luka berjalan lebih cepat. 

Bagi Anda yang sedang bertarung melawan jerawat, tak ada salahnya mencoba produk perawatan wajah yang mengandung daun pegagan. Pasalnya, Centella terbukti membantu proses pengeringan jerawat dan mengurangi kemerahan yang muncul pada kulit.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Sebagai anti-penuaan

Di dalam dunia kosmetik, kandungan daun pegagan sudah tidak diragukan lagi. Daun pegagan ini memiliki antioksidan yang ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan.  Tanda-tanda penuaan ini terjadi karena berkurangnya kadar kolagen tipe I dalam kulit karena faktor usia, paparan sinar matahari, maupun pola hidup yang tidak sehat.  

  1. Melembapkan kulit

Tidak hanya berguna sebagai anti-penuaan, ekstrak Centella dapat meningkatkan kelembapan kulit seseorang, khususnya bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang kering dan sensitif. Centella membantu melindungi dinding pembuluh darah sehingga menahan air yang ada di dalam kulit dan kelembaban kulit terjaga. 

  1. Mengurangi selulit dan striae

Selulit dan striae menjadi masalah kulit yang kerap dialami oleh wanita, terutama pada saat sedang hamil, pasca melahirkan, maupun saat mengalami perubahan berat badan yang drastis. Kondisi kulit ini dapat ditemukan di daerah sekitar paha, perut, bokong, bahkan di sekitar lengan tangan. 

Gabungan antara ekstrak C. asiatica dengan methilxantine juga dipercaya dapat membantu melancarkan metabolisme  pada sel-sel di sekitar jaringan ikat yang terbentuk. Efeknya, lemak yang terbentuk dapat terurai. 

Produk kecantikan yang mengandung daun pegagan sekarang cukup mudah dijumpai. Namun, meski memiliki manfaat yang baik, tak menutup kemungkinan timbul alergi pada saat menggunakan produk yang mengandung Centella.

Jika muncul kemerahan pada kulit, gatal, dan rasa terbakar, segera hentikan pemakaian produk. Jangan segan berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum Anda memutuskan menggunakan produk yang mengandung Centella asiatica – atau daun pegagan – tersebut, demi kesehatan kulit Anda.

[HNS/ RVS]

2 Komentar