Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarMakan Terlalu Cepat, Ini Dampaknya pada Tubuh
Sehat dan Bugar

Makan Terlalu Cepat, Ini Dampaknya pada Tubuh

dr. Vika Damay, 22 Jul 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tanpa disadari Anda mungkin sering makan terlalu cepat. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan?

Makan Terlalu Cepat, Ini Dampaknya pada Tubuh

Cara makan Anda berdampak pada tubuh, termasuk ketika Anda sering makan terlalu cepat. Pernahkah mengamati ada teman Anda yang bertubuh kurus selalu paling terakhir selesai makan, atau menghabiskan makanan dalam waktu paling lama? Ternyata, makan cepat juga berkaitan dengan berat badan seseorang.

Biasanya, orang akan cenderung makan dengan tergesa-gesa karena berbagai alasan, misalnya tuntutan pekerjaan. Jika Anda salah satunya, waspadai bahaya makan terlalu cepat berikut ini.

Bahaya Makan Terlalu Cepat

Banyak orang yang makan dengan cepat agar punya banyak waktu untuk bekerja atau melakukan hal produktif lain. Namun, hal ini ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak bagi tubuh, di antaranya:

1. Tersedak

Makan terlalu cepat bisa memicu Anda untuk tersedak. Sebab, makanan yang Anda konsumsi belum dikunyah secara sempurna. Ketika makanan tersangkut di kerongkongan, napas Anda akan terhambat. Meski dianggap remeh, jika tidak ditangani dengan baik, tersedak bisa menyebabkan kematian.

2. Proses Pencernaan Menjadi Lambat

Mirip dengan tersedak, jika Anda makan terlalu cepat, maka makanan belum dilumatkan secara sempurna. Makanan yang masih keras akan menyebabkan sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Hal ini menyebabkan proses pencernaan dan penyerapan makanan menjadi lebih lama.

Artikel Lainnya: Cepat Lapar? Coba Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama Ini

3. Asam Lambung Naik

Bahaya makan terlalu cepat lainnya adalah naiknya asam lambung. Makan terburu-buru akan menyebabkan terjadinya aliran balik asam lambung ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti dada terasa panas, mual, dan mulut terasa pahit.

Bila kondisi ini tidak diatasi dan terjadi terus-menerus, maka akan menyebabkan penyempitan atau luka pada kerongkongan.

4. Peningkatan Berat Badan

Sebagian besar orang mengonsumsi makanan mereka dengan tergesa-gesa. Bahkan, sampai tidak menyadari banyaknya kalori yang dikonsumsi. Padahal, setidaknya dibutuhkan 20 menit dari waktu Anda mulai makan sampai otak mulai mengirimkan sinyal kenyang.

Terlalu banyak kalori yang dikonsumsi dapat meningkatkan risiko peningkatan berat badan dan obesitas.

5. Masalah Kesehatan Jangka Panjang

Makan cepat dan naiknya berat badan dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah kumpulan kondisi dari minimal tiga kondisi medis, yakni obesitas sentral, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, trigliserida tinggi, dan rendahnya HDL.

Sindrom metabolik akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Artikel Lainnya: Mengenal Binge Eating Disorder, Gangguan Makan Berlebihan

Tips Mencegah Makan Terlalu Cepat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics membuktikan bahwa ada manfaat bila seseorang makan dengan lambat. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa orang-orang yang makan dengan lambat cenderung mengonsumsi kalori yang lebih sedikit.

Para peneliti mengatakan bahwa ketika seseorang menikmati sebuah makanan dengan mengunyah lebih lama, hal ini dapat mencegah terjadinya diabetes.

Selain itu, manfaat makan lambat juga dapat mengurangi konsumsi camilan karena hormon yang meregulasi rasa kenyang akan memberikan sinyal ke otak untuk berhenti makan. Dengan demikian, porsi makanan akan berkurang. Selain itu, mengunyah lebih lama juga akan membantu penyerapan lebih banyak nutrisi.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi tempo makan Anda:

Duduk Saat Makan dan Minimalkan Distraksi

Ketika Anda sedang di rumah, cobalah untuk selalu duduk saat makan. Selain itu, makan cepat bisa ditangani dengan menyingkirkan distraksi, misalnya dari perangkat elektronik, seperti gawai, televisi, dsb.

Mulai Makan dengan Hidangan Penutup

Sering kali kita masih dalam keadaan lapar ketika makanan penutup atau dessert datang walaupun sudah makan makanan utama. Keinginan makan yang manis dapat dipenuhi dengan memakan kue/hidangan pencuci mulut sebelum makanan utama. Cukup satu atau dua gigitan saja dapat memuaskan Anda.

Artikel Lainnya: Pria Juga Bisa Kena Gangguan Pola Makan, Lo!

Makan Bersama

Menikmati makanan bersama dengan keluarga atau orang-orang terdekat akan membantu memperlambat kecepatan makan. Selain menghindari makan cepat, suasana makan juga lebih menyenangkan.

Makan dengan Iringan Musik Tempo Lambat

Ternyata, makan sembari mendengarkan musik yang bertempo lambat dapat membantu mengurangi kecepatan makan. Para peneliti menemukan, orang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati makanan saat diiringi musik yang rileks.

Gigit Makanan secara Perlahan

Makan secara perlahan tidaklah mudah, terutama ketika Anda sedang sibuk dan sudah terlalu lapar. Namun, Anda akan merasakan mudahnya menurunkan kecepatan makan jika mengonsumsi makanan di waktu yang sama setiap harinya.

Sediakan Waktu untuk Ngemil

Sediakan waktu untuk mengonsumsi camilan sehat. Ketika Anda sangat sibuk, jadwalkan 15 menit khusus untuk camilan. Gunakan 15 menit tersebut untuk relaksasi, mengisi ulang tenaga dan semangat dengan makan. Mini break seperti ini juga dapat meringankan stres Anda.

Minum Air Putih

Bila Anda masih belum bisa mengurangi kecepatan makan, minumlah segelas besar air. Makan terlalu cepat juga bisa terjadi karena Anda sedang kurang cairan, bukan kurang makanan.

Jika berbagai upaya untuk menyadarkan diri Anda agar tidak makan terlalu cepat masih belum berhasil, konsultasikan kepada dokter spesialis gizi klinik untuk mendapatkan bantuan. Dengan terapi yang tepat, Anda bisa mengurangi dampak bahaya makan terlalu cepat pada tubuh.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami mengenai beragam informasi kesehatan lainnya melalui fitur Tanya Dokter. Salam sehat!

[WA]

Tips Sehat

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter