Sukses

Manfaat Olahraga untuk Mengatasi Depresi

Tahukah Anda, gangguan mental depresi ternyata dapat diatasi dengan berolahraga! Apa saja olahraga yang baik untuk depresi? Simak di sini.

Depresi bukan sekadar stres berat, tetapi merupakan masalah kejiwaan serius yang dapat mengancam jiwa.

Itu sebabnya, penting untuk mengelola stres sebelum berlanjut pada depresi. Ada berbagai cara mengatasi depresi, salah satunya dengan olahraga.

Memilih olahraga untuk mengatasi depresi sangat disarankan. Hal ini karena saat berolahraga, kadar hormon stres (kortisol) menurun dan hormon bahagia (serotonin, endorfin) meningkat.

Selain itu, ketika olahraga, umumnya Anda akan melakukan interaksi sosial yang kemudian membuat pikiran menjadi teralihkan.

Anda pun dapat mengelola stres dengan lebih baik sekaligus mengurangi gejala depresi. Lantas, apa saja olahraga yang baik untuk depresi?

1 dari 5 halaman

1. Berjalan

Olahraga penghilang depresi yang pertama adalah berjalan santai. Kegiatan ini dapat diikuti dengan berjalan cepat atau berlari saat tubuh sudah siap.

Di sisi lain, berjalan-jalan santai di luar ruangan juga dapat meningkatkan suasana hati Anda dengan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

2. Lari

Lari mungkin adalah olahraga yang membutuhkan usaha lebih keras. Akan tetapi, manfaatnya sungguh besar untuk melepaskan emosi yang terpendam.

Berlari bisa menjadi cara cepat untuk melepaskan emosi yang terpendam. Namun begitu, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum berlari, ya.

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Depresi pada Remaja yang Perlu Anda Waspadai

2 dari 5 halaman

3. Yoga

Latihan meditasi ini terkenal dapat membuat Anda lebih kuat dan lebih fleksibel. Namun begitu, yoga juga bisa memberi Anda energi dan rasa bahagia.

Kontrol napas yang pada olahraga yoga juga dapat menenangkan emosi Anda. Itu sebabnya, yoga bisa menjadi pilihan olahraga untuk mengatasi depresi.

4. Berenang

Berenang merupakan latihan yang tepat untuk seluruh tubuh Anda. Selain itu, ada efek air yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

Tidak perlu melakukannya terlalu lama. Berenanglah selama sekitar 30 menit, selama 3-5 kali seminggu.

Artikel Lainnya: Dampak Depresi terhadap Fisik yang Harus Diwaspadai

3 dari 5 halaman

5. Bersepeda

Bersepeda juga cara terbaik untuk melepaskan depresi dan meningkatkan mood Anda. Carilah lintasan yang dipenuhi pepohonan agar Anda semakin menikmati waktu berolahraga.

Anda dapat mengajak keluarga atau orang terdekat menemani bersepeda. Berceritalah tentang hal-hal yang menyenangkan untuk meredakan stres dan kepenatan.

6. Menari

Olahraga untuk depresi berikutnya adalah menari. Kegiatan fisik ini mengombinasikan olahraga, interaksi sosial, dan fun. Semuanya dapat meningkatkan suasana hati.

Anda juga bisa menyalakan speaker untuk memutar musik bertempo cepat, atau memutar video tari di televisi atau laptop.

Selanjutnya, menarilah mengikuti irama musik. Cara lain juga bisa Anda lakukan dengan ikut kelas zumba.

4 dari 5 halaman

7. Tenis

Tenis adalah latihan yang bagus untuk mengeluarkan emosi tanpa membicarakan perasaan Anda.

Dengan raket dan bola yang berat, Anda biasanya akan membutuhkan teriakan untuk memukul. Hal tersebut dapat membuat perasaan Anda lega.

Itulah beberapa rekomendasi pilihan olahraga untuk mengatasi depresi. Namun, apabila perasaan stres dan depresi Anda berkepanjangan, jangan diabaikan. Tak ada salahnya berkonsultasi lebih dalam dengan psikolog.

Masih punya pertanyaan seputar depresi? Tanyakan langsung kepada dokter dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

1 Komentar

  • Ela******i

    Hallo pembaca, Sudahkan anda mencoba untuk trading forex, emas, saham dan bitcoin, meefx adalah broker terbaik untuk anda. mengapa harus berdagang di meefx. 1. Bonus 5 usd tanpa deposit 2. Trading tidak dikenakan swap 3. Trading tidak dinekan komisi..website kami : http://meefxidn.com