Sukses

Ini 8 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Kesehatan

Tak hanya menyenangkan, olahraga bulu tangkis juga baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Kenali manfaat olahraga ini untuk kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Anda penggemar olahraga bulu tangkis – baik yang hanya menonton atau gemar memainkan dan sudah merasakan manfaat olahraga ini – tentu tengah mengikuti “kasus” tentang olahraga ini. Ya, bulu tangkis menjadi perbincangan hangat beberapa waktu belakangan. Pasalnya, audisi umum salah satu perkumpulan bulu tangkis asal Tanah Air “dipaksa” berhenti oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Yayasan Lentera Anak.

Polemik tersebut ramai di media sosial lantaran memperdebatkan soal eksploitasi anak terkait promosi merek rokok tertentu. Banyak pihak yang menyayangkan, karena banyak atlet bulu tangkis kelas dunia yang dihasilkan dari audisi tersebut.

Manfaat sehat olahraga bulu tangkis

Terlepas dari ada atau tidaknya polemik itu, bulu tangkis adalah olahraga yang sejatinya mampu menyehatkan apabila dilakukan secara rutin. Ini karena bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio, yang mampu meningkatkan kesehatan otot jantung dan efektif menurunkan berat badan.

"Kardio merupakan kata pendek dari latihan kardiovaskular. Olahraga jenis ini secara sederhana diartikan sebagai aktivitas ritmik atau setiap gerakan yang mengoptimalkan detak jantung dan meningkatkan sirkulasi darah," kata dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari KlikDokter.

Tak sebatas itu, olahraga bulu tangkis juga bisa memberikan manfaat berikut ini apabila dilakukan secara rutin dan teratur:

1. Meningkatkan kesehatan paru

Bulu tangkis terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi paru-paru secara signifikan. Ini karena olahraga tersebut membuat sirkulasi darah menjadi lebih optimal, sehingga stamina dan fungsi paru turut meningkat secara keseluruhan.

2. Membantu menyembuhkan hipertensi

Tidak hanya membantu mengendalikan hipertensi, bulu tangkis juga dianggap mampu menyembuhkan penyakit tersebut. Ini karena bermain bulu tangkis membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh, dan memicu reaksi kimia alami yang bersifat seperti obat.

3. Mengurangi risiko diabetes

Olahraga bulu tangkis juga membantu menurunkan kadar gula darah (glukosa) ke rentang optimal, sehingga mampu mengurangi risiko diabetes mellitus.

4. Meningkatkan kepadatan tulang

Bulu tangkis yang dilakukan secara rutin dan teratur mampu mengurangi tekanan pada tulang, juga memicu pertumbuhan sel yang mendorong pertumbuhan tulang yang kuat.

5. Meningkatkan fungsi jantung

Bulu tangkis dapat membantu membakar lemak dan menyingkirkan kolesterol berlebih di dalam tubuh Anda. Selain itu, olahraga bulu tangkis juga membantu meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Kesemua hal ini pada akhirnya mampu meningkatkan fungsi jantung secara keseluruhan, sehingga risiko penyakit jantung dan serangan jantung bisa ditekan.

6. Meningkatkan refleks, kecerdasan dan produktivitas

Gerakan bulu tangkis yang konstan membuat Anda merasa lebih waspada, sehingga meningkatkan refleks tubuh. Ini memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi lebih baik pada pekerjaan, memiliki gerakan yang lebih lincah, dan mengembangkan kekuatan yang membantu menghilangkan stres.

7. Mengatasi stres

Rutinitas harian bikin tertekan dan stres? Jika ya, Anda perlu meluangkan 15–30 menit dalam sehari untuk bermain bulu tangkis. Dengan ini, Anda akan merasa lebih relaks sehingga “beban” yang mencetuskan stres bisa hilang seketika.

Penelitian mengatakan bahwa individu yang bermain bulu tangkis secara rutin dan teratur cenderung memiliki suasana hati yang lebih santai dan pikiran yang tenang.

8. Meningkatkan fungsi kognitif

Saat bermain bulu tangkis, Anda harus memiliki pikiran dan tubuh yang terkoordinasi. Hal ini dapat membantu mengasah fungsi kognitif dan keterampilan Anda dalam berpikir maupun mengambil keputusan.

Itulah sejumlah manfaat olahraga bulu tangkis untuk kesehatan. Meski kini tengah dilanda “perselisihan”, bulu tangkis tetap menjadi olahraga yang mampu menyehatkan tubuh secara menyeluruh jika dilakukan dengan tepat dan secara rutin. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai menggeluti olahraga yang satu ini?

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar