Sukses

Efek Mendengarkan Musik Upbeat Saat Olahraga

Jenis musik upbeat sering diputar di pusat-pusat kebugaran. Tapi, apakah ada pengaruhnya mendengarkan musik ini saat olahraga?

Jika Anda butuh dorongan semangat saat melakukan olahraga kesukaan, cobalah mendengarkan musik upbeat. Manfaat musik upbeat untuk olahraga nyatanya menguntungkan dalam aktivitas tersebut.

Bagaimana dampak positif dari mendengarkan musik saat olahraga? Ketahui lebih lanjut di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik Upbeat Saat Olahraga

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychology of Sport and Exercise menunjukkan, musik upbeat dapat membuat latihan terasa lebih mudah. Musik jenis ini juga dapat memotivasi orang yang tidak aktif untuk mulai berolahraga.

Penelitian tersebut bekerja sama dengan Costas Karageorghis, seorang ahli musik dan olahraga dari Brunel University London. Terpilihlah tiga jenis lagu yang digolongkan sebagai lagu yang dapat memotivasi.

Orang-orang yang ikut serta dalam penelitian tersebut menyatakan mereka lebih merasa bersemangat melakukan gerakan saat musik dimainkan. 

Denyut jantung dan kinerja mereka juga meningkat selama berolahraga, sejalan dengan musik yang dimainkan.

Selain tempo dan beat musik yang dipilih, peneliti percaya lirik lagu yang didengar juga ikut berperan dalam meningkatkan dan meneruskan kelanjutan latihan.

Artikel Lainnya: Mendengarkan Musik Bisa Turunkan Berat Badan

Penelitian yang dilakukan pada olahraga intensitas rendah (seperti jogging) menemukan, musik mempunyai efek “mengelabui” seseorang dari rasa sakit atau tidak nyaman saat berolahraga. 

Dengan adanya musik yang membangun semangat, seseorang akan merasa ia tidak sedang melakukan aktivitas berat.

Faktanya, musik upbeat dapat membuat seseorang lebih bersemangat, sehingga meningkatkan kecepatan dalam berolahraga. Tubuh akan lebih mudah diajak bergerak dibandingkan apabila tidak mendengarkan musik.

2 dari 3 halaman

Lakukan Olahraga Ini Sambil Mendengarkan Musik Upbeat

Para peneliti menyebutkan, orang-orang lebih menyukai olahraga high-intensity interval training (HIIT) ketika mendengarkan musik bertempo cepat atau upbeat

Jenis olahraga tersebut meliputi sesi latihan yang intens, singkat, dan berulang, yang dipisahkan oleh periode istirahat. Aktivitas ini dapat menjadi tantangan bagi mereka yang jarang berolahraga.

Latihan HIIT tergolong efisien dalam segi waktu dan memberikan manfaat bagi orang dewasa yang kurang aktif.  

Pada olahraga HIIT, musik akan lebih berperan efektif apabila memiliki tempo yang cepat dan sangat memancing motivasi. 

Musik dengan tempo yang cepat (upbeat) juga dapat mendorong seseorang lebih aktif bergerak, terlebih apabila iramanya sejalan dengan gerakan yang dilakukan.

Artikel Lainnya: Ini Dia Manfaat Nonton Konser untuk Kesehatan 

Beberapa jenis olahraga HIIT yang dapat Anda lakukan sambil mendengarkan musik upbeat antara lain:

  • Push up
  • Jumping jack
  • Burpees
  • Sit up
  • Squat jump
  • Mountain climbers

Agar manfaat dengarkan musik upbeat untuk olahraga bisa Anda rasakan lebih optimal, jangan lupa tetap memerhatikan ketahanan tubuh. 

Meski musiknya bisa memicu semangat, bukan berarti Anda mesti memaksakan diri untuk terus bergerak melakukan latihan yang disukai.

Terlalu memaksakan diri saat berolahraga justru bisa meningkatkan risiko cedera. Bukan tidak mungkin Anda malah bisa mengalami dampak buruk lain yang mengancam kesehatan tubuh.

Dapatkan tips olahraga lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar