Sukses

Ini 4 Akibat Jika Anda Minum Alkohol setelah Olahraga

Jangan pernah menghilangkan haus setelah olahraga dengan minum alkohol. Karena kebiasaan ini justru berakibat buruk pada kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa alkohol sama sekali tidak memberikan manfaat kesehatan. Bahkan, bagi orang yang minum alkohol setelah olahraga, mereka dikatakan lebih berisiko untuk mengalami beragam gangguan kesehatan.

Dikatakan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, minum alkohol secara berlebihan tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

"Gangguan kesehatan jangka pendek yang bisa terjadi akibat konsumsi alkohol adalah keracunan. Sedangkan, gangguan jangka panjang yang sering terjadi adalah penyakit hati dan jantung, serta kanker," ujar dr. Devia.

Hingga saat ini, jenis alkohol apa pun tidak ada yang baik untuk dikonsumsi. Bukan hanya bahaya jika dikonsumsi secara berkelanjutan, alkohol juga bisa menimbulkan dampak buruk apabila dikonsumsi setelah Anda olahraga.

Bahaya minum alkohol setelah olahraga

Olahraga seharusnya mampu memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Namun, manfaat tersebut bisa hilang sama sekali jika Anda minum alkohol setelah berolahraga. Adapun bahaya yang dimaksud, yaitu:

1. Dehidrasi

Melansir dari Livestrong, alkohol bisa bikin tubuh Anda kekurangan cairan alias dehidrasi. Sebab, alkohol membuat Anda banyak berkeringat dan buang air kecil lebih sering. Jika dampak ini “bertabrakan” dengan kondisi Anda yang baru saja selesai berolahraga, risiko terjadinya dehidrasi bisa sangat tinggi.

Akibat minum alkohol setelah olahraga, Anda akan mengalami keluhan mulut kering dan sakit kepala. Jika kondisi ini dibiarkan terus berlanjut, bukan tidak mungkin Anda juga akan mengalami penurunan kesadaran.

2. Perbaikan otot mengalami gangguan

Setelah olahraga, otot perlu waktu untuk "memperbaiki diri" dan kembali ke keadaan semula. Di sisi lain, alkohol mengganggu proses tersebut. Ini artinya, menenggak alkohol sehabis berolahraga sama saja merusak proses pemulihan otot yang sedang tubuh Anda lakukan.

Tubuh akan menggunakan hormon pertumbuhan (HGH) selama proses perbaikan otot. Konsumsi alkohol mengurangi sekresi HGH sehingga proses perbaikan otot tidak akan berlangsung sempurna.

3. Rasa sakit berkelanjutan

Akibat minum alkohol setelah berolahraga, otot tidak mampu memperbaiki diri dengan baik. Sebagai akibatnya, Anda akan mengalami rasa sakit atau nyeri untuk waktu yang lebih lama.

Rasa sakit atau nyeri yang dialami setelah berolahraga adalah dari robekan otot mikroskopis maupun asam laktat, yang keduanya membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke keadaan semula.

4. Bikin tubuh kelelahan

Jika Anda melakukan olahraga intensitas tinggi, tubuh akan merasa sangat kelelahan. Jika Anda minum alkohol setelahnya, yang akan terjadi adalah gangguan metabolisme sehingga tubuh akan terasa sangat lelah seperti tidak bertenaga. 

Selain itu, alkohol juga dapat mengganggu jadwal tidur, membuat tubuh terasa sakit dan lelah pada hari berikutnya. Ini karena tubuh Anda tidak mampu melakukan proses regenerasi yang optimal akibat adanya “campur tangan” alkohol, yang Anda konsumsi setelah berolahraga.

Bukannya bikin segar, minum alkohol setelah olahraga justru bikin tubuh Anda “hancur” dari dalam. Oleh karena itu, jangan sekali-sekali minum alkohol setelah olahraga. Akan lebih baik bila Anda minum air putih atau air kelapa setelah berolahraga.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar