Sukses

Malas Melepas Lensa Kontak Saat Mandi? Waspadai Ini

Segera hentikan kebiasaan malas melepas lensa kontak saat mandi. Pasalnya, ada infeksi yang mengancam.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang suka malas melepas lensa kontak saat mandi? Apalagi jika setelah mandi masih harus beraktivitas. Kebiasaan ini harus dihentikan, karena ancamannya terhadap kesehatan mata tidak main-main.

Beda dengan kacamata, lensa kontak atau contact lens langsung berkontak dengan bagian terluar dari bola mata. Karena pertimbangan inilah, jika Anda memilih menggunakan lensa kontak, kebersihannya harus benar-benar dijaga.

Penggunaan lensa kontak telah menjadi hal yang lazim bagi sebagian besar masyarakat yang membutuhkan koreksi penglihatan. Meski pemakaian kacamata belum sepenuhnya ditinggalkan, tetapi banyak yang beralih atau mengombinasikannya dengan lensa kotak. Alasannya? Praktis sekaligus menunjang penampilan.

Aturan dasar penggunaan lensa kontak

Bagi para pengguna lensa kontak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pemakaian lensa kontak senantiasa aman dan tidak membahayakan kesehatan mata.

Menjaga kebersihan lensa kontak mutlak harus dilakukan, yaitu saat pemakaian, selama pemakaian, dan sesudah pemakaian.

Saat akan memakai lensa kontak, Anda harus memastikan bahwa lensanya, wadah penyimpanannya, cairan pembersih, serta tangan Anda harus bersih dari kotoran, setidaknya yang terlihat mata.

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, kemudian keringkan sebelum memegang dan memasang lensa kontak.

Setelah itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan selama pemakaian lensa kontak. Inilah saatnya Anda harus mengetahui kapan saja lensa kontak boleh digunakan dan kapan sebaiknya dilepas.

Lensa kontak seharusnya hanya berkontak dengan mata dan cairan khusus yang dibuat untuk merendam dan membersihkannya. Malas melepas lensa kontak pada saat mandi misalnya, dapat menyebabkan air yang Anda gunakan untuk mandi masuk ke mata dan mengenai lensa kontak. Hal ini berisiko menyebabkan tumbuhnya bakteri di lensa kontak akibat adanya mikroorganisme di air yang kasat mata. Gangguan pada mata tentu saja bisa terjadi.

1 dari 2 halaman

Bahaya malas melepas lensa kontak saat mandi: infeksi kuman

Meski terlihat bersih, sesungguhnya air seperti air minum atau air keran bisa dipenuhi mikroorganisme. Salah satunya adalah Acanthamoeba, yang memang merupakan mikroorganisme alami yang terdapat di alam.

Dalam kondisi normal, mikroorganisme tersebut tidak berbahaya dan jarang menyebabkan penyakit. Namun jika berkontak dengan organ tubuh yang sensitif, tentu tetap dapat menyebabkan infeksi yang merugikan.

Acanthamoeba yang masuk ke mata melalui lensa kontak dapat menyebabkan keratitis Acanthamoeba, yaitu radang pada kornea mata akibat infeksi paraseit ini.

Lensa kontak yang tetap terpasang di bola mata saat mandi bisa membuat air terjebak di antara mata dan lensa kontak, sehingga mikroorganisme di dalamnya punya kesempatan untuk merusak lapisan kornea mata dan merusak sel-selnya.

Selain Acanthamoeba, ada pula ancaman infeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus. Keduanya bisa dengan mudah ditemukan pada permukaan tanah dan air, bahkan tubuh manusia. Keratitis akibat bakteri pada umumnya dengan cepat menimbulkan iritasi. Jika mata mengalami iritasi atau merasakan ketidaknyamanan, sebaiknya hentikan penggunaan kontak lens untuk mencegah kondisi bertambah parah.

Mencegah infeksi dari lensa kontak

Selain paham benar mengenai menjaga kebersihan lensa kontak dan dioptimalkan dengan menjaga kesehatan mata, pengguna lensa kontak juga dianjurkan melakukan ini:

  • Cek mata secara rutin untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi atau cek kesesuaian mata dengan lensa kontak atau kacamata.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memasang dan melepas lensa kontak.
  • Bersihkan lensa kontak dengan cairan pembersih secara rutin.
  • Simpan di tempat yang kering dan sejuk.
  • Ganti wadah penyimpanan lensa kontak tiap tiga bulan sekali.
  • Hindari tidur dengan lensa kontak karena dapat menyebabkan perpindahan kuman penyakit dan meningkatkan risiko infeksi.
  • Lepas lensa kontak saat mandi atau berenang.
  • Jika lensa kontak terkena air, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Penting untuk menjaga kebersihan saat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan cairan tubuh, salah satunya mata. Karena berkontak langsung dengan bola mata, maka kebersihan lensa kontak harus benar-benar dijaga, apalagi jika Anda menggunakan lensa kontak mingguan atau bulanan.

Simpan lensa kontak sesuai aturan di dalam wadah yang bersih serta tertutup. Perhatikan jika ada tanda kerusakan pada lensa kontak dan hindari memakai lensa kontak melewati tanggal kedaluwarsanya. Selain itu, jangan malas melepas lensa kontak saat mandi atau berenang untuk mencegah kerusakan pada mata.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar