Sukses

Mengenal Manfaat Bisabolol dalam Produk Perawatan Bayi

Produk perawatan bayi dengan kandungan bisabolol saat ini kian marak. Apakah manfaat bisabolol bagi si kecil?

Klikdokter.com, Jakarta Bisabolol berfungsi sebagai anti-iritasi pada berbagai produk yang sering digunakan setiap hari. Meski cukup sering ditemukan dalam produk dewasa, manfaat bisabolol pada produk perawatan bayi sedang hangat diperbincangkan. Ya, kandungan bisabolol dalam produk bayi kini memang makin banyak ditemukan di pasaran.

Mengenal bisabolol

Bisabolol adalah cairan berminyak yang tebal dan tidak berwarna. Berasal dari bunga Matricaria chamomila, bisabolol memiliki kandungan yang bersifat sebagai antiradang.

Zat ini bermanfaat untuk melindungi kulit sensitif. Sensasi yang ditimbulkan adalah rasa sejuk ketika digunakan dan melembapkan kulit yang bersifat kering sehingga sangat cocok untuk kulit sensitif.

Banyak produk kulit yang mengandung bisabolol, khususnya bagi orang dengan kulit sensitif. Seperti yang terdapat dalam pelembab, losion, tabir surya, terapi anti-aging, kosmetik, pembersih wajah, dan juga lipstik.

Bisabolol memiliki segudang manfaat untuk kulit sensitif, antara lain:

  • Melindungi kulit dari kerusakan yang terjadi setiap hari karena memiliki efek anti-iritasi yang dapat mencegah peradangan.
  • Memicu dan mendukung proses penyembuhan kulit.
  • Menjaga kelembapan kulit sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit.
  • Memperlambat proses penuaan karena memiliki efek antioksidan.
  • Menurunkan efek kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) berlebih.

Manfaat bisabolol bagi bayi

Penggunaan produk bayi yang menggunakan bisabolol kini sedang populer, khususnya bagi bayi yang memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi. Ketika mengalami riwayat alergi berulang – seperti pada kasus dermatitis atopik atau eksim – kulit akan mengalami peradangan secara berulang dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dermatitis atopik sering ditemukan pada bagian kulit yang memiliki lipatan. Meskipun kondisi ini sangat sering ditemukan pada bayi dan anak, tidak menutup kemungkinan untuk ditemukan pada usia dewasa.

Ketika berlangsung dalam waktu cukup lama, dermatitis atopik dapat menimbulkan dampak pada kulit. Misalnya kulit kering dan bersisik. Tidak jarang pula, dermatitis atopik menimbulkan luka yang dapat menjadi saluran masuk infeksi bakteri.

Ketika bayi atau anak mengalami dermatitis atopik, hal yang paling penting dilakukan adalah menghindari alergen atau pemicu alergi. Jika diperlukan, dapat diberi obat antialergi sehingga rasa gatal dapat tertangani. Kulit sensitif dan kering pada bayi atau anak yang mengalami eksim dapat dijaga dengan menggunakan produk yang mengandung bisabolol.

Kandungan bisabolol dalam produk perawatan bayi dapat menjaga kelembapan kulit. Pada kondisi dermatitis atopik, reaksi peradangan pada kulit berlangsung lama dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Kandungan bisabolol yang memiliki efek anti-iritan dapat membantu kulit agar kondisinya tetap terjaga dengan baik.

Reaksi radang kronis pada bayi yang mengalami eksim akan memicu munculnya ruam dan perubahan warna maupun tekstur pada kulit. Bisabolol dapat membantu menjaga kulit bayi dan membantu proses penyembuhan kulit. Selain itu, bisabolol dapat menjaga kelembapan kulit yang umumnya sangat kering pada bayi dengan dermatitis atopik.

Si Kecil yang memiliki masalah kulit sensitif atau riwayat alergi kini dapat merasakan manfaat bisabolol dalam produk-produk perawatan bayi. Tak cukup menggunakan produk yang memiliki kandungan bisabolol, Anda juga harus menghindari pemicu alergi. Selain itu, Anda dapat memilih produk perawatan bayi khusus yang bersifat hipoalergenik atau berisiko rendah memicu reaksi alergi.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar