Gigi Mulut

Hati-hati, Bibir Kering Memicu Sariawan

drg. Callista Argentina, 05 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bibir kering bukan hanya bisa menyebabkan bibir mudah terkelupas, tapi juga bisa memicu sariawan. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Hati-hati, Bibir Kering Memicu Sariawan

Kalau kondisi rongga mulut sering terasa kering, biasanya salah satu keluhan yang juga muncul adalah bibir kering. Biasanya bibir kering bisa disebabkan berbagai faktor, seperti cuaca dingin, sering menjilat bibir, dehidrasi, dan sebagainya. 

Menurut The Journal of the American Dental Association, rongga mulut yang kering atau dry mouth dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko sariawan. Mengapa bibir kering bisa menyebabkan sariawan? Baca terus ulasan berikut! 

Artikel lainnya: Penyebab Sariawan pada Anak

Bagaimana Bibir Kering Sebabkan Sariawan?

Tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak mengandung kelenjar minyak. Bibir hanya ditutupi oleh lapisan tipis yang memiliki kapasitas kelembapan yang rendah. 

Oleh karena itu, bibir sangat rentan terhadap efek lingkungan. Kurangnya kelembapan bibir dapat menyebabkan kondisi lebih buruk.

Bibir kering akibat mulut kering umumnya menyebabkan keluhan seperti bau mulut, sariawan atau stomatitis, serta kesulitan mengunyah, berbicara, dan menelan. 

Stomatitis adalah suatu luka atau radang di rongga mulut. Kondisi ini bisa muncul di daerah pipi, gusi, lidah, maupun bibir. Penyebab sariawan pun bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi, iritasi, luka tergigit, reaksi alergi, ataupun penyakit sistemik.

Sering kali penyebab sariawan tidak diketahui pasti. Namun, secara umum hal ini disebabkan oleh aliran produksi air liur yang kurang. 

Air liur sendiri memiliki sejumlah peran penting, seperti membersihkan rongga mulut, serta membantu mengunyah dan menelan makanan, juga saat berbicara.

Kurangnya produksi air liur bisa menyebabkan bibir kekurangan kelembapan, sehingga menjadi kering, mengelupas, dan pecah-pecah. Akibat bibir kering, terkadang terbentuk luka pada bibir dan bisa menimbulkan sariawan.

Artikel lainnya: Tak Hanya Kurang Vitamin C, Ini 7 Alasan Anda Sering Sariawan

Cara Mencegah Sariawan Akibat Bibir Kering

Untuk mencegah mulut dan bibir tidak mudah kering, langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah menjaga kelembapannya. 

Meskipun bersifat sementara, penggunaan lip balm mengandung lanolin atau petroleum jelly dapat membantu melindungi bibir agar tetap lembap dan tidak mudah kering.

Pastikan asupan nutrisi, vitamin, dan air putih cukup untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jadi, tubuh terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi

Kurangi merokok serta minuman mengandung kafein dan minuman manis. Hindari pula makanan pedas dan asin, juga minuman beralkohol ataupun larutan kumur yang mengandung alkohol.

Untuk merangsang produksi air ludah, kunyah permen karet bebas gula. Hentikan kebiasaan membasahi bibir dengan air liur atau menggigit-gigit bibir. Karena, hal tersebut justru dapat membuat bibir bertambah kering.

Jika cara-cara di atas sudah diterapkan tetapi tidak mengalami perubahan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kalau mau lebih mudah, tanya dokter online seputar keluhan kesehatan yang kamu alami. #JagaSehatmu dan jangan tunda untuk memeriksakan diri, ya.

Untuk membaca artikel kesehatan gigi dan mulut lainnya, bisa download aplikasi KlikDokter via Play Store dan Apps Store!

(FR/JKT)

bibir keringGigi dan MulutSariawan

Konsultasi Dokter Terkait