Sukses

Ini, Lo, 10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari

Minum teh bukan cuma kebiasaan atau tradisi. Ada manfaat sehat minum teh yang berguna bagi kesehatan jika dilakukan secara rutin.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi hampir sebagian besar masyarakat Indonesia minum teh sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Ada yang menikmatinya di pagi hari, sore, bahkan ada yang selalu minum teh untuk mengiringi waktu makan. Meski demikian masih sedikit yang tahu manfaat minum teh bagi kesehatan.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, saat ini di pasaran beredar beragam jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh putih, dan lainnya. Masing-masing jenis teh tersebut tentu memiliki khasiatnya masing-masing.

Memang tidak mudah untuk memilih teh jenis apa yang manfaatnya paling dibutuhkan oleh tubuh. Namun dengan panduan berikut, Anda mungkin bisa mulai menentukan jenis teh apa yang akan Anda nikmati bersama keluarga.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati dari secangkir teh, jika Anda bisa meminumnya secara rutin:

  1. Melawan radikal bebas

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BmedSc(Hons), dari KlikDokter, teh mengandung antioksidan, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh dalam melawan radikal bebas.

Di dalam tubuh, radikal bebas muncul dari proses pembakaran. Radikal bebas inilah yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Nah antioksidan dalam teh inilah yang dinilai memiliki kemampuan melawan radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Menurut dr. Jesslyn, teh adalah minuman yang hampir tidak memiliki kalori. Kandungan di dalam teh dapat menghambat penyerapan lemak.

"Teh juga membantu membakar lemak lebih banyak saat Anda berolahraga. Namun, untuk dapat menurunkan berat badan, jangan menambahkan banyak gula dan susu ke dalam teh Anda," sarannya.

  1. Membuat kulit lebih sehat

Minum teh hitam secara teratur dinilai dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Meski demikian minum teh hitam panas (hangat) dinilai lebih bermanfaat bagi kesehatan ketimbang menikmatinya sebagai  es teh.

Seperti dilansir Reader’s Digest, Uma Naidoo, MD, Direktur Nutritional and Lifestyle Psychiatry di Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, mengatakan bahwa teh hitam panas bermanfaat untuk megurangi gejala karsinoma kulit skuamosa.

  1. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Menurut Dr. Naidoo juga, teh hijau dapat membantu Anda mengembangkan resistansi terhadap stres, dan berpotensi menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Kandungan polifenol dalam teh bisa melindungi sel dari kerusakan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Menurunkan risiko diabetes

Minum teh hitam setiap hari juga disebut dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di “Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition”, teh hitam dapat menurunkan gula darah dan setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Nutrition” melaporkan, mereka yang minum  teh hitam tanpa gula secara rutin mengalami penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, dibandingkan individu yang tidak mengonsumsi teh hitam.

Selain itu, dikatakan oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc, dari KlikDokter, hasil dari beberapa uji klinis lainnya juga menunjukkan bahwa konsumsi teh dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kolesterol LDL, trigliserida, serta tekanan darah sistolik dan diastolik.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh punya khasiat antiinflamasi lewat kandungan katekin, yang dapat membuat pembuluh darah relaks dan jernih, sehingga mengurangi tekanan pada jantung.

Ada pula beberapa literatur yang mengemukakan bahwa asupan teh hijau dapat menurunkan faktor risiko terkait penyakit jantung.

“Misalnya menurunkan kadar lemak dalam tubuh serta menjaga tekanan darah tetap stabil,” dr. Nitish menambahkan. Namun, karena penelitian tersebut merupakan penelitian observasional, kaitan antara teh hijau dengan pencegahan penyakit tidaklah langsung.

  1. Membuat gigi lebih kuat

Meskipun menyesap teh sepanjang hari bisa sedikit menodai gigi, tapi mungkin manfaat yang Anda dapat sepadan. Menurut sebuah penelitian di jurnal “Journal of Oral and Maxillofacial Pathology”, konsumsi teh hijau secara rutin memberikan manfaat  sebagai  antibakteri pembentuk lubang di gigi, bagi peminumnya. Selain itu, minum teh hijau secara rutin juga bisa mencegah gigi berlubang makin parah.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Anda punya masalah susah tidur? Cobalah bersantai sambil minum teh sebelum tidur. Menurut sebuah penelitian di jurnal “Integrative Medicine Research”, minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup pada mereka yang mengalami insomnia ringan hingga sedang.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kafein dalam teh diketahui dapat membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak hingga 100 kalori per hari.

Membaca semua manfaat minum teh yang dipaparkan di atas, Anda mungkin segera menyeduh teh. Namun sebelum itu, pastikan bahwa Anda juga jangan meminumnya secara berlebihan. Batasi konsumsinya tak lebih dari lima cangkir tiap harinya. Selain itu, agar Anda mendapatkan manfaat minum teh setiap hari, sebaiknya jangan mencampurkan gula atau susu. Jika Anda masih ingin mendapatkan rasa manis, boleh saja, tapi jangan terlalu banyak, ya!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar