Sukses

Ibu Hamil Minum Susu Unta Saat Ibadah Haji, Amankah?

Susu unta cukup mudah ditemui saat Anda melaksanankan ibadah haji. Tapi bolehkah ibu hamil minum susu unta?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu minuman khas Tanah Suci yang bisa diminum jemaah haji adalah susu unta. Nutrisi yang terdapat dalam susu unta diklaim tak kalah dibandingkan susu sapi dan susu kambing. Namun, bagaimana bila ibu hamil minum susu ini saat sedang menjalankan ibadah haji? Apakah hal ini berbahata atau justru mendatangkan manfaat?

Nutrisi dalam susu unta

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, selain dagingnya, susu unta juga bermanfaat baik bagi kesehatan. “Susu unta mengandung vitamin C tiga kali lipat lebih banyak dari susu sapi, serta kaya akan zat besi dan vitamin B,” tutur dia.

Tak berhenti di situ, seperti dilansir dari Healthline, dalam hal kandungan kalori, protein, dan karbohidrat, susu unta tidak kalah dibandingkan susu sapi. Susu unta juga mempunyai lemak jenuh yang lebih rendah dan menawarkan lebih banyak vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, dan kalium.

Susu dari hewan khas padang gurun ini juga merupakan sumber lemak sehat yang baik yang dapat mendukung kesehatan otak dan jantung. Dalam satu setengah cangkir (120 ml) susu unta antara lain mengandung kalori 50, protein 3 gram, lemak 3 gram, dan karbohidrat 5 gram. 

Selain itu, tiamin 29% dari nilai harian, riboflavin 8% dari nilai harian, kalsium 16% dari nilai harian, kalium: 6% dari nilai harian, fosfor 6% dari nilai harian, serta vitamin C 5% dari nilai harian. Dengan kandungan gizi tersebut, apakah lantas ibu hamil boleh mengonsumsinya?

Ibu hamil boleh minum susu unta?

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, sebenarnya sah-sah saja kalau susu unta diminum oleh ibu hamil. Yang terpenting, susu tersebut telah melewati proses pasteurisasi, yang berarti aman untuk ibu hamil. 

“Jika tidak melewati proses pasteurisasi, biasanya masih ada bakteri dan kuman yang tentu berbahaya bagi ibu hamil,” ujar dr. Theresia lagi.

Akan tetapi, dr. Theresia menyebut bahwa sebenarnya dibandingkan minum susu unta, ibu hamil lebih disarankan minum susu khusus ibu hamil yang sudah lebih terjamin nutrisinya bagi janin. Selain itu, kandungan nutrisi susu unta sendiri belum diketahui pasti untuk ibu hamil.

"Kandungan nutrisi susu unta belum diketahui secara pasti. Takutnya, kalau ibu hamil minum susu unta, malah tidak mendapatkan nutrisi penting untuk kehamilan. Jangan pula Anda minum susu unta sebagai pengganti susu kehamilan ya," tutur dr. Theresia saat dikonfirmasi.

Susu khusus ibu hamil sudah terbukti sangat membantu kebutuhan nutrisi selama kehamilan.  Susu ini antara lain mengandung zat besi, seng, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, serta E, juga asam folat, AA dan DHA.

Oleh karena itu, bila saat sedang menjalankan ibadah haji ibu hamil minum susu unta, sebenarnya boleh-boleh saja. Dengan catatan, Anda memastikan bahwa susu unta diproses dengan bersih dan melalui tahap pasteurisasi. Selain itu pengemasannya pun harus bersih. Dengan demikian ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi dari susu unta dengan aman.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar