Sukses

Daun Insulin, Benarkah Ampuh Mengatasi Diabetes?

Daun insulin disebut-sebut sebagai salah satu herbal yang mampu mengatasi penyakit diabetes. Apa kata medis terkait hal ini?

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar tentang daun insulin? Menurut sebagian kalangan, daun ini mampu mengatasi diabetes. Tidak dimungkiri, kata “insulin” memang identik dengan penyakit diabetes. Seperti dikatakan oleh dr. Atika dari KlikDokter, penyakit diabetes terjadi saat hormon insulin tak lagi mampu mengendalikan gula darah di dalam tubuh.

“Ketika insulin tak lagi mampu bekerja dengan optimal, kadar gula darah akan cenderung tinggi. Jika gula darah terus tinggi dan tidak terkendali, berbagai organ tubuh akan mengalami kerusakan hingga kehilangan fungsinya sama sekali,” katanya.

Meneruskan penjelasan, dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter mengatakan bahwa salah satu terapi yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil adalah suntik insulin.

“Yang sering dipakai untuk pengobatan diabetes melitus adalah suntikan insulin manusia dan insulin analog. Insulin manusia berarti bahwa suntikan tersebut berisi hormon insulin seperti yang ada di tubuh manusia. Sedangkan insulin analog adalah hormon insulin yang telah mendapat modifikasi genetik agar dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan,” tutur dr. Fiona.

Bagaimana dengan daun insulin?

Penemuan daun insulin tentu membawa angin segar bagi mereka yang mengalami penyakit diabetes melitus. Sebab, daun yang memiliki nama latin Costus igneus ini memang mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Dengan kata lain, penderita diabetes yang mengonsumsi daun insulin pada porsi yang tepat tidak akan mengalami lonjakan gula darah. Sehingga, risiko terjadinya komplikasi juga bisa diminimalkan.

Akan tetapi, meski mampu mencegah lonjakan gula darah, daun insulin tidak benar-benar mampu mengatasi penyakit diabetes melitus. 

"Daun insulin termasuk tanaman herbal. Bisa dibilang daun insulin itu bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jadi, kalau dimakan, kadar gula darah tidak akan naik atau tetap stabil," ujar dr. Theresia Rina dari KlikDokter.

Kendati begitu, lanjut dr. Theresia, bukan berarti bahwa daun insulin bisa benar-benar menyembuhkan penyakit diabetes melitus. 

“Daun insulin hanya sebagai terapi pendamping. Karena pada dasarnya, segala jenis obat-obatan herbal tidak dapat ‘berdiri sendiri’ untuk mengobati diabetes. Harus tetap ada obat-obatan medis yang diminum sesuai anjuran dokter," tutur dr. Theresia.

Lagi pula, diabetes melitus itu sendiri adalah penyakit yang tidak bisa benar-benar disembuhkan. Penyakit ini hanya bisa dikendalikan agar penderita tidak mengalami komplikasi yang merugikan.

Kesimpulan yang bisa ditarik, daun insulin tidak memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit diabetes melitus. Terlepas dari fakta tersebut, tak ada salahnya jika penderita diabetes ingin mengonsumsi daun insulin sebagai pendukung obat-obatan yang diberikan dokter. Meski demikian sebelum Anda mengonsumsi daun ini Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai perlu atau tidaknya daun insulin sebagai pendamping pengobatan yang sedang Anda jalani. 

(NB/ RVS) 

0 Komentar

Belum ada komentar