HomeInfo SehatKesehatan UmumSakit Kepala Menyerang, Hadapi dengan 7 Cara ini
Kesehatan Umum

Sakit Kepala Menyerang, Hadapi dengan 7 Cara ini

Tamara Anastasia, 30 Jul 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sebelum mengonsumsi obat, Anda bisa melakukan tujuh cara alami ini untuk mengatasi sakit kepala.

Sakit Kepala Menyerang, Hadapi dengan 7 Cara ini

Saat sakit kepala menyerang, sebagian orang biasanya akan langsung mengonsumsi obat untuk meredakan gangguan yang satu ini. Namun rupanya, sakit kepala tidak melulu harus disembuhkan dengan minum obat. Ada beberapa cara alami, yang bisa dilakukan untuk meredam rasa sakit berdenyut di kepala Anda.

Sakit kepala, menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, bisa timbul karena berbagai faktor, mulai dari kurang tidur, kelelahan, hingga cemas yang berlebihan. Anda terlebih dahulu harus mengidentifikasi penyebab sakit kepala sebelum mengaplikasikan penanganan yang sesuai.

Namun secara umum, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala. Berikut ulasannya.

1. Relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi seperti meditasi dan olah napas dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Tidak perlu sampai ikut kelas meditasi atau yoga, Anda bisa menggunakan kamar atau cari lokasi tenang di rumah. Duduk dan pejamkan mata Anda sambil menarik napas selama lima detik dan buang selama lima detik juga.

Selain itu, berendam air panas juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih relaks. Pada akhirnya, kepala jadi terasa lebih enteng dan tidak pusing lagi.

2. Hindari makan yang memicu sakit kepala

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat memicu timbulnya sakit kepala. Hindari makanan yang mengandung monosodium glutamate (MSG), makanan mengandung nitrat (seperti hotdog, sosis, peperoni), dan makanan yang mengandung tyramine (seperti piza dan beberapa jenis keju). Selain itu, minuman beralkohol juga bisa memicu sakit kepala.

3. Hindari stres

Dilansir dari Verywell Health, stres merupakan penyebab sakit kepala yang paling umum terjadi. Selain sakit kepala, stres, atau cemas yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, lakukan beberapa kegiatan yang bisa mengurangi stres, seperti olahraga, mendengarkan musik, serta menulis buku harian.

4. Mengatur pola hidup

Memiliki pola hidup yang sehat dan mengontrol asupan makan sehari-hari juga bisa menjadi cara alami atasi sakit kepala. Alergi atau intoleransi terhadap suatu makanan dapat menciptakan respons di otak yang akan menyebabkan sakit kepala. Konsumsilah makanan dengan protein tinggi dan lemak baik untuk menghindari sakit kepala menyerang.

5. Penuhi kebutuhan cairan

Dehidrasi adalah penyebab umum sakit kepala. Ketika Anda tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh, volume darah akan menurun secara keseluruhan. Konsumsilah air minimal 8 gelas atau 2 liter per harinya.

6. Kompres dengan air hangat atau dingin

Jika Anda mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot, kompres hangat atau dingin dapat membantu mengurangi keluhan. Dijelaskan dr. Anita, apabila Anda mengalami migrain, cobalah aplikasikan kompres dingin di dahi selama tidak lebih dari 15 menit.

Jika Anda mengalami tension type headache, cobalah untuk memberikan kompres hangat di daerah leher atau belakang kepala.

7. Hindari terlalu sering terpapar sinar matahari

Selain membuat badan jadi berkeringat dan kulit jadi kusam, sering terpapar sinar matahari juga bisa buat kepala jadi sakit dan pusing. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat migrain, menatap cahaya matahari secara langsung dapat memicu serangan sakit kepala sebelah.

Ini karena sinar matahari dapat memberikan rangsangan ke pusat thalamus di otak sehingga sakit kepala kerap tidak bisa dihindari.

Bagi sebagian orang, obat mungkin menjadi penyelamat di kala sakit kepala melanda. Akan tetapi, sebelum mengonsumsi obat, Anda bisa melakukan metode-metode di atas untuk proses penyembuhan. Namun, bila sakit kepala tak kujung reda bahkan semakin berat, segera periksa ke dokter.

[HNS/ RVS]

StressakitkepalaPenyebab Sakit Kepalamengobati sakit kepalaSakit KepalaPusing

Konsultasi Dokter Terkait