Sukses

Kapan Harus Mandi Air Hangat Supaya Tidur Nyenyak?

Ingin tidur nyenyak dan berkualitas? Cobalah mandi air hangat di waktu yang tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur nyenyak dan berkualitas adalah salah satu kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan siapa pun. Untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mandi air hangat. Nah, ketika Anda cukup istirahat di malam hari Anda akan bisa melakukan beragam aktivitas secara optimal keesokan harinya.

Fakta menyebutkan bahwa mandi air hangat di malam hari dapat menghasilkan perasaan relaks dan membuat suhu tubuh lebih rendah. Seperti dikatakan oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, mandi air hangat terbukti mampu menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. 

"Mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat Anda merasa lebih relaks. Alhasil, tidur bisa lebih nyenyak dan berkualitas," ujarnya.

Namun demikian, manfaat tersebut baru bisa benar-benar dirasakan jika Anda mandi air hangat di waktu yang tepat. Lantas, kapan waktu yang dimaksud? Tim peneliti yang dipimpin oleh peneliti doktoral Departemen Teknik Biomedis di University of Texas, Dr. Shahab Haghayegh tergerak untuk menyelidiki hal tersebut.

Waktu yang tepat mandi air hangat

Haghayegh dan rekan-rekan yang tergabung dalam tim melakukan penelitian dengan meninjau 5322 studi dari bank data PubMed, CINAHL, Cochran, Medline, PsycInfo, dan Web of Science.

Para peneliti yang tergabung dalam tim mencoba menganalisis efek air hangat pada tubuh terkait indikator kualitas tidur, yang meliputi latensi onset tidur, bangun setelah tidur, total waktu tidur, efisiensi tidur, tidur gelombang lambat, dan kualitas tidur subjektif.

Latensi onset tidur atau sleep onset latency (SOL) menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. SOL itu sendiri adalah berapa lama waktu yang diperlukan untuk masuk ke fase dari kondisi yang sebelumnya terjaga.

Setelah melakukan telaah mendalam dengan memperhatikan berbagai faktor yang terlibat, tim peneliti mendapatkan hasil bahwa waktu terbaik untuk mandi air hangat adalah 1–2 jam sebelum tidur. Untuk mendapatkan manfaat yang paling maksimal, durasi mandi air hangat yang dilakukan tidak perlu lebih dari 10 menit.

Dari penelitian tersebut, tim yang tergabung mengungkap bahwa mandi air hangat bisa mengoptimalkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan suhu dari inti tubuh ke bagian lainnya. Tak hanya itu, peneliti juga berpendapat bahwa mandi air hangat 1–2 jam sebelum tidur mampu meningkatkan ritme suhu sirkadian, sehingga seseorang bisa tidur lebih cepat dengan kualitas yang paling baik.

"Ketika melihat semua studi, kami melihat perbedaan yang signifikan dalam hal pendekatan dan temuan,” ujar Haghayegh.

"Ya, data dan hasil perhitungan pada penelitian ini membuktikan bahwa mandi air hangat sebelum tidur memang terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur secara signifikan," jelas Haghayegh.

Nah, jadi, mandi air hangat 1–2 jam sebelum tidur adalah solusi paling tepat untuk Anda yang ingin bisa tidur nyenyak. Jangan lupa untuk membuat suasana kamar nyaman dengan menjaga suhunya agar tetap sejuk, hindari minum alkohol atau kafein sebelum tidur, dan lakukan olahraga secara rutin dan teratur, serta terapkan gaya hidup sehat. Dengan ini semua, kualitas tidur Anda akan benar-benar optimal sehingga kesehatan tubuh senantiasa terjaga.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar