Sukses

5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Menjaga kesehatan paru-paru tidak sulit, kok, asalkan Anda konsisten menerapkan tips ini!

Klikdokter.com, Jakarta Selain jantung dan otak, paru-paru adalah organ vital manusia yang mengatur pernapasan. Supaya prosesnya lancar, Anda perlu menjaga kesehatan paru-paru dengan baik. Ada tips yang bisa dengan mudah Anda ikuti untuk memastikan kondisinya tetap prima.

Dalam kerjanya, paru-paru dibantu otot-otot pernapasan menjadi ‘pompa udara’ ketika Anda menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Pertukaran kedua gas tersebut terjadi dalam jaringan kecil berbentuk seperti kantung, yang bernama alveolus.

Nantinya, oksigen yang Anda hirup akan masuk ke pembuluh darah dan dialirkan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan bahan bakar metabolisme. Inilah kenapa paru-paru menjadi organ yang sangat penting karena fungsinya yang sangat mendasar bagi kehidupan manusia.

Sayangnya, karena paru-paru mempunyai hubungan dengan dunia luar yang tersambung dengan saluran pernapasan, risiko penyakit dan bahaya dari luar membuat kesehatannya terancam.

Tips menjaga kesehatan paru-paru

Jika paru-paru terpapar alergen, polutan, atau mikroba, maka gangguan bisa muncul. Dengan mengetahui betapa penting peran dan tingginya risiko organ ini, maka sudah seharusnya Anda turut memprioritaskan kesehatan paru-paru. Cara mudahnya adalah dengan mengikuti tips di bawah ini.

  1. Berhenti merokok dan hindari paparan asapnya

Merokok adalah penyebab utama beragam masalah pada paru-paru. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, dan fibrosis paru adalah penyakit yang paling sering timbul akibat kebiasaan buruk tersebut.

Selain itu, rokok juga dianggap menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru. Sebagai informasi, kanker paru adalah penyumbang kematian nomor satu di dunia. Selain masalah pada paru, rokok juga meningkatkan risiko terjadinya masalah pembuluh darah, sehingga berdampak pada kejadian serangan jantung dan stroke.

Bagi Anda yang masih bandel merokok, cobalah untuk perlahan berhenti, dimulai dengan tekad yang kuat. Sedangkan bagi Anda yang tidak merokok, hindari menjadi perokok pasif dengan menjauhi lingkungan yang dipenuhi asap rokok. Selain itu, jangan bosan untuk mengingatkan orang-orang terdekat yang masih merokok.

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga yang disarankan adalah jenis aerobik, yaitu yang membutuhkan stamina seperti joging, sepeda, berenang, atau senam. Olahraga minimal 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Saat berolahraga, pernapasan menjadi cepat, sehingga melatih paru agar kapasitasnya meningkat sekaligus mencegah PPOK. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi tubuh.

  1. Hindari paparan polusi

Paparan polusi termasuk debu jalanan, debu bangunan, dan asap knalpot kendaraan bermotor harus dihindari. Tanpa disadari, polutan tersebut sering kali menjadi penyebab masalah paru, apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang lama atau jumlah yang banyak.

Zat polutan yang ukurannya sangat kecil tersebut bisa masuk ke jaringan paru-paru dan menumpuk, sehingga mengganggu fungsi pernapasan dan kapasitas paru. Maka dari itu, Anda disarankan untuk selalu menggunakan masker apabila banyak beraktivitas di luar ruangan atau bekerja di lingkungan pabrik.

  1. Menghindari paparan infeksi

Infeksi langsung pada paru dapat menimbulkan masalah, baik itu akibat virus maupun bakteri. Cara menghindarinya adalah dengan menjaga kebersihan tangan; rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Selain itu, pakai masker apabila ada orang-orang di sekitar yang sedang mengalami infeksi paru, karena penularan bisa melalui udara yang Anda hirup.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Langkah ini juga tak kalah penting. Pasalnya, jika daya tahan tubuh Anda lemah, mikroba yang masuk ke tubuh bisa langsung menimbulkan infeksi.

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, istirahat cukup, menghindari stres, tidak merokok, dan olahraga teratur.

Jika perlu, konsumsi suplemen untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Carilah yang memiliki kandungan adenosine dan cordycepin yang mampu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan stamina dan vitalitas, sehingga bisa mengembalikan kebugaran dan energi lebih cepat.

Suplemen jenis ini juga bisa meningkatkan kardiopulmoner saat stres dan meningkatkan kadar energi pada jaringan tubuh. Baiknya konsultasikan dulu dengan dokter jika ingin mengonsumsinya, apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Paru-paru adalah organ vital karena perannya dalam menunjang kehidupan manusia. Maka dari itu, kesehatan paru-paru harus sebaik mungkin Anda jaga dengan menerapkan tips di atas. Jika tidak, siapa lagi?

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar