Sukses

Makanan Kaya Antioksidan, Resep Panjang Umur

Radikal bebas adalah musuh besar tubuh. Tangkal dengan makanan kaya antioksidan dan bergizi lainnya untuk bisa sehat dan panjang umur.

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki tubuh sehat dan panjang umur? Semua orang pasti menginginkannya. Salah satu caranya lewat asupan yang Anda konsumsi sehari-hari, terutama makanan kaya antioksidan. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang bisa menjadi resep panjang umur Anda.

You are what you eat. Pepatah lama ini bukan sekadar istilah belaka. Apa yang Anda makan mencerminkan diri Anda, terutama dari sisi kesehatan.

Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengungkapkan bahwa pilihan makanan yang baik dapat memperpanjang umur seseorang. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan harapan hidup seseorang menjadi lebih pendek akibat terjadinya berbagai penyakit.

Antioksidan untuk cegah radikal bebas

Salah satu yang dianggap paling bertanggung jawab dalam merusak jaringan tubuh Anda adalah radikal bebas, yaitu sebuah substansi berbahaya yang dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti asap rokok dan polusi udara, yang memicu terjadinya peradangan dan kerusakan jaringan pada tubuh.

Nah, kerusakan jaringan tubuh tersebut juga disebut dapat memicu terjadinya penuaan dini. Oleh sebab itu, demi memiliki tubuh sehat dan berumur panjang, pola makan sehat dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi tinggi, terutama yang kaya antioksidan, adalah sebuah kewajiban.

Antioksidan sendiri merupakan zat yang berperan untuk memperlambat dan mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Pada dasarnya, tubuh manusia mampu memproduksi antioksidan sendiri. Namun, jika Anda banyak terpapar rokok, zat kimia, konsumsi makanan olahan, stres, dan berbagai hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan sel, dibutuhkan pula antioksidan dari luar tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Sumber makanan yang mengandung antioksidan umumnya berasal dari sayuran dan buah. Beberapa di antaranya yang tinggi dengan antioksidan adalah jeruk, stroberi, mangga, wortel, tomat, terung, anggur merah, oats, dan beras merah.

Untuk semakin mengoptimalkan asupan antioksidan bagi tubuh, Anda dapat menggunakan H2 Genetron Tepung yang merupakan tepung bebas gluten yang mengandung antioksidan (resveratol) alami. Selain menangkal radikal bebas, kandungan ini juga bisa membantu mencegah penuaan dini, baik untuk kesehatan jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, H2 Genetron Tepung juga kaya akan serat yang dapat membantu mengontrol berat badan, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.

H2 Genetron Tepung dapat Anda gunakan dengan menambahkannya (1-2 sendok makan) ke dalam yoghurt, smoothies, atau jus. Tepung ini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan pembuatan roti, kue, muffin, cupcake, pancake, waffle, brownies, atau biskuit.

Selain makanan-makanan kaya antioksidan tersebut, masih ada beberapa makanan lain yang harus Anda konsumsi secara rutin jika menginginkan tubuh sehat dan umur panjang, antara lain:

  • Ikan

Di antara berbagai jenis daging, ikan merupakan salah satu yang paling sehat. Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan tenggiri, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh rantai ganda yang tinggi. Jenis asam lemak ini justru mampu membantu menurunkan kolesterol.

Selain itu, jenis ikan tersebut juga mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini berperan mengoptimalkan kerja sel otak dan terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

Ikan juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang berperan penting dalam perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, ikan juga penting untuk dikonsumsi ibu hamil.

Sudah menjadi rahasia umum pula bahwa ikan merupakan sumber protein yang tinggi. Protein tersebut dibutuhkan tubuh untuk tumbuh kembang, membentuk tulang dan otot, memproduksi berbagai hormon, membentuk sel-sel pertahanan tubuh (sel imun), serta sebagai sumber energi.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan –seperti kacang tanah, kacang polong, kacang kapri, kacang merah, dan kacang hijau tak hanya lezat dikonsumsi, tapi juga kaya nutrisi.

Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Kandungan serat tersebut juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga gula darah lebih stabil dan tak mudah melonjak tinggi.

Satu lagi, kacang-kacangan juga mengandung kalsium, magnesium, dan potasium. Mineral-mineral tersebut dapat membantu menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung koroner.

  • Sayuran hijau

Makan berbagai macam sayuran merupakan cara sederhana yang sangat efektif untuk memiliki umur panjang. Di antara berbagai jenis sayuran, ada beberapa sayuran hijau yang sering dianggap super food karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi.

Salah satunya adalah bayam. Sayuran hijau yang lezat dikonsumsi bersama dengan jagung ini memiliki mengandung zat besi yang merupakan bahan dasar pembuatan sel darah merah, serta vitamin K dan vitamin A yang tinggi.

Vitamin K sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang karena bisa membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Sementara vitamin A juga tak kalah penting, sebab berperan vital dalam mengoptimalkan fungsi penglihatan dan menjaga kesehatan kulit.

Brokoli juga merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin. Selain vitamin K, brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang diperlukan untuk penyembuhan luka dan antioksidan.

  • Susu dan produk susu

Susu dan produk susu, seperti yoghurt dan keju, tak hanya bermanfaat bagi anak saja, tetapi juga bagi orang dewasa. Kandungan kalsium dalam susu sangat esensial untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, sebagian produk susu sapi juga difortifikasi dengan vitamin D. Kalsium dan vitamin D merupakan dua nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Susu juga kaya akan kolin, sumber nutrisi yang bekerja mengoptimalkan transmisi sinyal saraf di otak, sehingga membantu meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat. Lalu, masih ada juga kandungan potasium yang dapat menurunkan risiko penyakit stroke dan jantung koroner, serta mencegah pembentukan batu ginjal.

Tak sulit untuk bisa memiliki tubuh sehat dan berumur panjang. Kuncinya adalah pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan Anda sehari-hari, terutama makanan kaya antioksidan untuk membentengi tubuh Anda dari serangan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar