Sukses

Punya Gangguan Penglihatan, Bolehkah Berenang Pakai Softlens?

Beberapa orang berenang pakai softlens atau lensa kontak karena mengalami gangguan penglihatan. Namun, apakah hal itu dibenarkan?

Klikdokter.com, Jakarta Mereka yang tidak memiliki gangguan penglihatan, tentu berenang bukan jadi suatu hal yang rumit. Beda halnya jika Anda memiliki gangguan penglihatan. Berenang pakai softlens atau lensa kontak sering  jadi solusi. Namun apakah ini dibenarkan secara medis?

Bagi orang yang baru memakai kacamata atau lensa kontak, biasanya mereka akan memikirkan bagaimana caranya agar tetap bisa melihat saat berada di dalam air.

Sebagian ada yang memanfaatkan lensa kontak, sebagian lagi ada yang tak memakai apa pun karena masih bisa melihat sedikit. Selain itu, masih ada juga yang lebih memilih untuk mengenakan kacamata renang berlensa minus.

Pakai lensa kontak saat berenang itu berisiko!

Food and Drugs Administration (FDA) pernah menyatakan bahwa memakai lensa kontak saat berenang sangat berbahaya bagi kondisi mata Anda. Meski memakai lensa kontak terkesan simpel dan bisa memberikan penglihatan lebih jelas saat beraktivitas, tetapi memakainya di dalam air tidak dianjurkan.

Hal itu dibenarkan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter. Menurutnya, sangat tidak dianjurkan memakai lensa kontak saat berenang karena faktor kandungan air kolam renang.

“Dalam kegiatan di luar kolam saja, memakai lensa kontak bisa membuat mata Anda merah. Apalagi jika lensa kontak dipakai di dalam air. Lagi pula, air kolam mengandung kaporit dan lain sebagainya. Jika itu masuk ke mata berlensa kontak, bisa-bisa mata Anda menjadi sangat merah,” jelas dr. Devia.

Selain kandungan kaporit dan zat-zat kimia lainnya di dalam kolam, dr. Devia mengatakan bahwa kuman juga ada di dalam kolam renang.

“Ketika mata dengan lensa kontak di dalam kolam renang tidak mendapat perlindungan apa pun, risiko mata untuk terkena infeksi kuman sangat tinggi. Jadi, jangan pernah berenang pakai lensa kontak,” tegasnya.

Mungkin pada awalnya, sebagian orang yang berenang menggunakan lensa kontak akan baik-baik saja. Tapi jika itu dilakukan terus-menerus, bukan tak mungkin bahwa infeksi yang parah pada mata bisa terjadi.

Perlu diketahui juga bahwa terdapat satu bakteri yang dapat membahayakan mata ketika Anda berinteraksi dengan air, yaitu bakteri Acanthamoeba. Bakteri ini hidup di danau, laut, hingga air keran.

Ketika Anda berenang tanpa kacamata renang, bakteri Acanthamoeba dapat menginfeksi kornea saat menempel di lensa kontak. Kondisi tersebut dapat berujung pada kehilangan penglihatan yang hanya bisa diatasi dengan donor kornea. Tentu Anda tak mau kalau hal itu sampai terjadi.

1 dari 2 halaman

Lebih baik pakai kacamata renang minus saat berenang

Anda memang dilarang menggunakan lensa kontak saat berenang. Tapi tenang, Anda yang punya gangguan penglihatan masih dapat menggunakan kacamata renang minus. Itulah solusi terbaik jika Anda yang memiliki gangguan penglihatan hendak berenang.

Saat berada di dalam air, pandangan yang normal pun akan memburam akibat kekeruhan lapisan optik kornea mata dan air yang hampir sama. Lantas, hal tersebut menyebabkan pembiasan cahaya tidak bisa terjadi dan pandangan pun akan menjadi tidak jelas.

Sementara itu, mereka yang sedari awal sudah punya masalah mata minus, pembiasan cahaya mata di daratan memang sudah tidak tepat dari awal. Jadi, Anda memerlukan kacamata renang minus jika ingin beraktivitas di dalam air.

Kacamata renang minus sendiri sudah banyak dijual dengan lensa berkisar -1,5 hingga -10,00. Dengan demikian, kemungkinan besar ukuran mata minus Anda akan terfasilitasi oleh kacamata renang tersebut.

Ketika akan membeli kacamata renang minus, usahakan cari desain kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah Anda. Kacamata renang dengan potongan hidung sempit biasanya ditujukan untuk anak-anak dan remaja.

Lalu, perhatikan juga warna lensanya. Bila Anda sering berenang di lokasi luar ruangan, memilih warna lensa yang agak gelap akan terasa lebih nyaman.

Kesimpulannya, Anda sama sekali tidak disarankan untuk berenang pakai softlens atau lensa kontak karena dapat memicu iritasi dan infeksi mata yang parah. Tidak memakai perlindungan apa pun juga bukan tindakan benar, jadi selalu gunakan kacamata renang bila Anda ingin melakukan olaharaga air. Bagi Anda yang punya gangguan penglihatan, sudah banyak juga yang menjual kacamata renang minus. Maka, Anda bisa memakainya saat berenang.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar