Sukses

Lawan Dehidrasi Saat Ibadah Haji dengan 7 Makanan Ini

Dehidrasi sering jadi salah satu musuh utama saat ibadah haji. Lawan kondisi tersebut dengan dengan konsumsi makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ibadah haji di Tanah Suci memang penuh tantangan. Cuaca yang terik dan aktivitas ibadah yang padat rentan memicu kondisi dehidrasi. Bagi para jemaah haji, dehidrasi bisa dilawan dengan memperbanyak minum dan mengonsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung air.

Jika tubuh tidak fit akibat dehidrasi, tentu saja konsentrasi para jemaah haji untuk beribadah akan menurun. Alhasil ibadah bisa kurang khusyuk karena kepala pusing, dan badan lemas.

Lawan dehidrasi dengan makanan ini

Agar tubuh bisa pulih dan kembali berkonsentrasi penuh menjalankan ibadah, selain dengan minum air, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah maupun sayur yang kandungan airnya tinggi. 

Selain itu, pilih juga buah dan sayur yang mengandung vitamin yang mampu mempercepat pemulihan tubuh. Berikut beberapa jenis buah yang bisa Anda pilih:

  1. Mentimun

Selain kondisi tubuh bagian dalam, dehidrasi pun dapat memengaruhi kondisi kulit. Ketika Anda mengalami dehidrasi, kulit cenderung kering dan mudah iritasi. Bayangkan, iritasi kulit dan sedang di bawah panasnya terik matahari tentu bisa mengganggu ibadah.

Oleh karena itu, saat Anda sedang dalam proses pemulihan diri dari dehidrasi, cobalah untuk mengonsumsi mentimun. Dilansir dari laman Cleveland Clinic, mentimun mengandung 95 persen air dan kaya akan senyawa antiinflamasi, sehingga dapat membantu detoksifikasi dan mengurangi risiko iritasi kulit.

  1. Seledri

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, seledri mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa antikanker. Senyawa acetylenics di dalamnya telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor.

Lalu, asam fenolatnya dapat menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Tak hanya itu, adanya senyawa kumarin dapat membantu mencegah radikal bebas merusak sel-sel di dalam tubuh.

“Kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh sekaligus menetralkan keasaman,” jelas dr. Astrid.

Untuk menghilangkan dehidrasi dengan seledri, cobalah buat segelas jus seledri. Sebab, seledri dapat menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

  1. Semangka

Penamaan “watermelon” untuk buah semangka sangat berkaitan dengan air yang terkandung di dalam daging buah tersebut. Semangka mengandung 91 persen air. Saat sedang beribadah haji, mungkin sel-sel tubuh Anda ada yang rusak akibat paparan sinar matahari. Kabar baiknya, semangka mengandung likopen yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan sinar matahari terus-menerus.

“Selain kaya air, semangka juga merupakan sumber likopen, sejenis antioksidan, yang tinggi. Antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko kanker. Jadi selain dapat mencegah dehidrasi, semangka juga dapat memberikan Anda manfaat tambahan antioksidan,” jelas dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Melon

Melon terdiri dari 90 persen air, sehingga menjadikannya buah yang ideal untuk masa pemulihan setelah Anda mengeluarkan cairan berlebih (misalnya berkeringat berlebih). Selain itu melon juga dapat menggantikan cadangan glikogen dengan cepat.

“Dengan makan 170 gram daging buah melon atau sekitar ¼ buah melon, 100 persen kebutuhan vitamin A dan vitamin C harian Anda dapat terpenuhi,” ujar dr. Nadia.

  1. Zukini

“Kembaran” mentimun ini juga mengandung 95 persen air. Tak cuma itu, zukini mengandung antioksidan seperti beta karoten, lutein, dan zeaksantin. Jika Anda menemukan menu makan yang berisi banyak zukini, jangan disingkirkan, ya! Konsumsilah yang banyak agar tubuh bisa cepat pulih dari dehidrasi berat.

  1. Stroberi

Meskipun kecil, tetapi kadar air dalam stroberi mencapai 91 persen, lo! Stroberi juga kaya akan flavonoid, yakni senyawa yang terkait dengan peningkatan fungsi kognitif. Sebagai contoh, sebuah studi menyatakan bahwa makan lebih banyak buah ini sama saja dengan menunda penuaan kognitif hingga 2,5 tahun.

  1. Kembang kol

Kembang kol mengandung 92 persen air. Tak cuma itu, konsumsinya juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C dan K. Kembang kol beserta sayuran silangan lainnya mengandung nutrisi yang dapat membantu menurunkan kolesterol serta menurunkan risiko kanker.

Bagi para jemaah haji, selain fokus pada ibadah memprioritaskan kesehatan juga penting. Jaga kesehatan tubuh Anda dengan mengatasi dehidrasi saat di Tanah Suci agar ibadah berjalan lancar tanpa adanya gangguan kesehatan.Beberapa jenis buah di atas bisa melawan dehidrasi saat di Anda di Tanah Suci. Namun jika kondisi Anda tidak kunjung membaik, segera periksakan ke Petugas Kesehatan Haji yang bertugas.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar