Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perhatikan Ini sebelum Menghilangkan Lemak Perut dengan Tummy Tuck

Perhatikan Ini sebelum Menghilangkan Lemak Perut dengan Tummy Tuck

Tummy tuck merupakan tindakan pembedahan yang bisa membuat Anda terlihat lebih langsing. Ketahui manfaat dan efek sampingnya di sini.

Perut adalah salah satu bagian tubuh yang sering kali membuat frustrasi. Berbagai perubahan, seperti hamil, naik-turunnya berat badan, dan penuaan, turut pengaruhi penampakan perut.

Meski telah dilakukan diet sehat dan olahraga rutin, ada saja yang tak juga memiliki perut seperti sedia kala.

Untuk mengatasinya, operasi tummy tuck atau abdominoplasty dapat dipilih. Metode bedah ini dapat membentuk lekuk pinggang dan meratakan perut.

Tummy tuck mampu memperbaiki otot perut yang rusak, lemah, lalu mengencangkannya.

1 dari 3 halaman

Kondisi yang Tidak Cocok untuk Tummy Tuck

Seperti bedah lainnya, penting bagi Anda memahami prosedur secara keseluruhan sebelum menjalaninya.

Belum lagi ditambah fakta kalau tak semua orang dapat melakukan prosedur ini. Jika Anda punya kondisi di bawah ini, tunda dulu keinginan menjalani tummy tuck.

1. Masih Berencana Menambah Anak

Apabila Anda masih berencana hamil dan ada kemungkinan untuk dilakukan operasi sesar, hindari melakukan tummy tuck. Hal ini dilakukan untuk menghindari operasi berulang pada area perut.

Anda tentu tidak ingin bentuk perut kembali tak sedap dipandang usai melakukan tummy tuck, bukan? Oleh karena itu, pastikan dulu Anda sudah tidak lagi berencana hamil.

Artikel Lainnya: Cara Atasi Kulit Kendur Akibat Penurunan Berat Badan

2. Merokok

Merokok memengaruhi peredaran darah mikro, sehingga penyembuhan luka operasi akan terganggu.

Berhenti merokok selama setidaknya 2 minggu sebelum operasi tummy tuck menjadi syarat khusus untuk memenuhi kriteria layak operasi.

Tidak hanya memperbaiki fungsi paru, syarat ini juga mampu mengukur keinginan dan komitmen pasien sebelum melakukan prosedur tummy tuck.

3. Obesitas Morbid

Pada umumnya, hal ini ditentukan dari indeks massa tubuh yang lebih dari >40 kg/m2. Lemak yang sangat berlebih akan menyulitkan dokter bedah untuk membentuk perut menjadi rata seperti yang diinginkan.

Artinya, apabila BMI mencapai obesitas morbid, tummy tuck bukanlah prosedur yang disarankan.

4. Penyakit sistemik

Adanya penyakit sistemik, seperti diabetes, hipertensi, dan kelainan jantung, akan berpengaruh besar pada keberhasilan serta pemulihan tummy tuck. Itu sebabnya, penyakit sistemik dianggap sebagai kontraindikasi relatif yang patut diperhatikan.

Selain itu, kondisi kelainan pada darah juga menjadi pertimbangan untuk tidak melakukan prosedur ini.

Artikel Lainnya: 3 Cara Menghilangkan Lemak di Pinggang

2 dari 3 halaman

Efek Samping Tummy Tuck

Usai abdominoplasty dilakukan, ada sejumlah efek samping yang wajib diketahui, yaitu:

1. Waktu Pemulihan yang Lama dan Buruk

Terkadang, area bekas sayatan bedah akan sulit pulih. Anda mungkin diberikan antibiotik saat dan setelah operasi untuk mencegah infeksi.

2. Terbentuk Bekas Luka yang Luas

Bekas luka sayat pada tummy tuck bersifat permanen, tapi pada umumnya tersembunyi di bagian dalam celana dalam sehingga tak terlihat khalayak umum.

Panjang dan seberapa terlihat bekas luka akan bervariasi pada satu orang dengan orang lainnya.

3. Cairan yang Tertimbun di Bawah Kulit Perut

Selang akan dipasang untuk mengalirkan cairan dari daerah perut. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi penumpukan cairan berlebihan, yang disebut dengan seroma. Dokter juga mungkin mengambil cairan menggunakan jarum suntik.

4. Kerusakan Jaringan

Saat prosedur tummy tuck, jaringan lemak yang terletak di dalam kulit perut dapat rusak, bahkan mati.

Jaringan dapat pulih seperti semula, tergantung area yang dioperasi. Jika tidak, dibutuhkan prosedur bedah lanjutan atau operasi tambahan.

5. Perubahan Sensasi pada Kulit

Dengan memosisikan ulang jaringan perut saat prosedur, saraf pada area perut dan paha atas akan terkena. Namun, ini adalah kasus yang jarang.

Efeknya, akan terjadi penurunan sensasi atau rasa baal, yang akan hilang setelah beberapa bulan usai prosedur dilakukan.

Artikel Lainnya: Efek Samping Berbahaya Akibat Operasi Plastik

Layaknya operasi lain, tummy tuck juga berisiko perdarahan, infeksi, dan reaksi terhadap obat bius.

Prosedur tummy tuck akan memberikan tampilan lebih kencang dan kurus pada perut Anda. Hasilnya bisa bertahan lama, terutama apabila Anda menjaga berat badan tetap stabil.

Apabila Anda merasa membutuhkan tummy tuck, berkonsultasilah dulu kepada dokter bedah untuk mengetahui apakah memenuhi kriteria atau tidak.

Baca berita terbaru lainnya seputar kesehatan, penyakit, dan gaya hidup dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar