HomeInfo SehatKesehatan UmumArti Warna Memar pada Tubuh Anda
Kesehatan Umum

Arti Warna Memar pada Tubuh Anda

Klikdokter, 09 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Warna memar pada tubuh bisa berbeda-beda. Tahukah kamu Apa arti warna memar yang muncul pada tubuh? Simak ulasannya.

Arti Warna Memar pada Tubuh Anda

Memar dapat terjadi pada tubuh ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah akibat suatu trauma, misalnya benturan atau kecelakaan. 

Seiring berjalannya waktu, memar dapat berubah warna karena proses penyembuhan, yaitu hemoglobin di dalam darah yang keluar akan dipecah kembali. Ketahui arti warna memar berikut ini:

1. Merah atau Merah Muda

Pada awal terjadinya memar, umumnya kulit akan terlihat merah. Warna lebam pada kulit tersebut dikarenakan ada darah yang keluar dari pembuluh darah dan menumpuk di bawah kulit.

2. Ungu, Biru, atau Hitam

Setelah 1-2 hari, darah akan mulai kehilangan oksigen dan sel darah mulai rusak. Akhirnya, warna memar berubah sehingga terlihat biru, ungu, maupun hitam.

Artikel lainnya: Bahaya Kepala Terbentur dan Penanganan Pertamanya

3. Hijau atau Kuning

Dalam kurun 5-10 hari, memar berubah menjadi hijau atau kuning. Kedua warna ini disebabkan oleh komponen yang disebut bilirubin dan biliverdin. Keduanya dihasilkan tubuh ketika hemoglobin di dalam darah sedang dipecah.

4. Kuning Kecokelatan atau Cokelat Muda

Sesudah 10-14 hari, warna lebam pada kulit akan berubah kuning kecokelatan atau cokelat muda. Setelah menjadi cokelat muda, lebam akan mulai menghilang. Umumnya memar akan menghilang tanpa pengobatan dalam dua minggu.

Proses dan warna-warna memar di atas adalah proses penyembuhan memar yang normal. Perlu diingat, warna kulit juga akan memengaruhi tampilan memar. 

Pemilik kulit berwarna cerah akan mengalami variasi warna merah dan kuning pada memar. Sementara, orang yang berkulit lebih gelap akan memiliki warna memar yang lebih gelap.

Artikel lainnya: Kuku Jadi Biru karena Terjepit, Apa yang Harus Dilakukan?

Umumnya memar bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan dan biasanya tidak membutuhkan penanganan medis. Namun, beberapa kondisi mungkin membutuhkan penanganan medis segera, seperti hematoma atau lebam akibat pengumpulan darah dalam volume yang cukup banyak dan tertahan di dalam jaringan.

Lebam sering berkaitan dengan cedera langsung pada suatu area. Ketika lebam, tubuh tidak bisa menyembuhkannya secepat cedera minor. 

Akhirnya, hematoma atau lebam ini akan cenderung tetap dalam satu warna yang gelap dan lebih nyeri bahkan beberapa hari setelahnya. Lokasi, penyebab, dan ukuran lebam akan menentukan bagaimana penanganan lebam tersebut.

Beberapa tanda kamu membutuhkan pengobatan memar atau lebam segera yaitu:

  • Lengan atau tungkai mati rasa
  • Penurunan atau kehilangan fungsi suatu sendi, tungkai, tangan, maupun otot
  • Lebam semakin besar
  • Memar terjadi di area yang sama secara berulang atau bertahan lebih dari dua minggu
  • Terjadi bersamaan dengan patahnya suatu tulang
  • Terjadi pada kepala maupun leher
  • Menyebabkan penurunan penglihatan
  • Terjadi tanpa sebab yang diketahui pada daerah kepala, dada, atau perut. Hal ini dapat menjadi sinyal masalah organ tubuh

Apabila terdapat tanda-tanda memar berbahaya di atas, segeralah cari pertolongan medis. Kamu juga bisa gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi awal.

Dapatkan berbagai info kesehatan dan tips pertolongan pertama lebih lengkap di aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

kulitmemarLebam

Konsultasi Dokter Terkait