Sukses

Ini Teknik Pijat Bayi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Ketahui teknik pijat bayi yang tepat agar si Kecil senantiasa sehat dan tumbuh kembangnya optimal.

Klikdokter.com, Jakarta Sekarang ini banyak sekali tempat yang menawarkan fasilitas pijat bayi atau baby spa. Tentunya, pengalaman ini sangat menyenangkan untuk dicoba. Asal Anda tahu teknik pijat bayi yang tepat Anda juga bisa melakukan pijat bayi sendiri di rumah dengan mudah.

Pijat bayi yang dilakukan langsung oleh seorang ibu secara langsung merupakan suatu bentuk stimulasi untuk merangsang perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Stimulasi pijat ini dapat dilakukan sejak bayi baru lahir dengan memperhatikan kondisi kesehatan bayi. Ada beberapa manfaat stimulasi pijat bayi secara langsung, antara lain: :

  • Membangun ikatan batin antara ibu dan bayi.
  • Menciptakan suasana nyaman dan relaks untuk ibu dan bayi.
  • Meningkatkan kualitas tidur bayi.
  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Karena dengan pijatan, bayi belajar mengenal kepekaan indra yang dimiliki.
  • Mengurangi keluhan baby blue syndrome atau depresi usai melahirkan, karena dengan melakukan kegiatan memijat bayi, seorang ibu dapat berinteraksi dengan bayi dan merasakan suasana yang bahagia.

Untuk melakukan stimulasi pijat bayi, Anda perlu mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  • Sediakan waktu yang cukup panjang

Waktu merupakan hal pertama yang perlu di perhatikan. Waktu yang cukup panjang bertujuan agar saat memijat si Kecil Anda tidak terburu-buru. Perhatikan pula kapan waktu yang tepat untuk memijat agar tidak bentrok dengan jam tidur dan makan bayi.

Pastikan pula Anda sudah berkonsultasi ke dokter mengenai stimulasi pijat bayi yang akan dilakukan.

Pijat bayi memang sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin dengan durasi berbeda tergantung usianya. Pada bayi usia 0-1 bulan, Anda bisa melakukan stimulasi pijat selama 3-5 menit. Sedangkan pada usia 1-3 bulan, stimulasi pijat dapat di lakukan hingga 15 menit lamanya.

Di atas usia 3 bulan, Anda bisa memperpanjang durasi pijatan karena mulai usia ini biasanya bayi sudah mulai responsif terhadap lingkungan sekitar, sehingga komunikasi dua arah bisa terjadi lebih intim.

1 dari 5 halaman

Selanjutnya

  • Siapkan ruangan yang hangat, bersih dan tenang

Lakukan stimulasi pijat bayi di ruangan yang mendukung. Hindari memijat di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Paling tidak, Anda menggunakan ruangan yang bersuhu ruangan atau sekiatr 240–260 celsius.

Saat memijat, jangan lupa sediakan alas yang lembut dan nyaman untuk si Kecil berbaring, sehimngga ia tetap merasa nyaman.

  • Gunakan minyak pijat bayi atau losion

Saat memijat bayi jangan lupa gunakan minyak pijat bayi atau lotion. Keduanya sekarang  sudah banyak tersedia secara bebas. Beberapa minyak pijat yang disarankan untuk digunakan antara lain minyak kelapa, minyak almond, minyak biji anggur, baby oil, minyak chamomile, dan lain sebagainya.

Selain sebagai pelicin untuk mempermudah Anda dalam memijat, penggunaan minyak atau lotion yang beraroma dapat menciptakan suasana yang menenangkan baik untuk Anda maupun si Kecil.

  • Jaga kebersihan

Pastikan keadaan tangan Anda bersih. Ingat selalu untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan pijatan bayi. Hindari pula memiliki kuku yang panjang karena dapat menyebabkan luka pada kulit bayi.

2 dari 5 halaman

Bagaimana teknik memijat bayi yang baik dan benar?

Meski teknik pijat bayi tampak mudah untuk dilakukan, tetapi jika tidak dilakukan dengan baik dan benar manfaatnya pun tidak akan terasa. Secara umum, pijat bayi dimulai dari daerah kaki lalu naik ke wajah. Namun, hal ini dapat divariasikan tergantung keadaan bayi itu sendiri.

Berikut ini merupakan beberapa dasar teknik pijat bayi yang dapat Anda lakukan di rumah, antara lain :

1. Kaki

  • Indian milking

Pertama-tama, pegang kaki bayi dengan nyaman, kemudian gerakan tangan seperti memerah susu (naik dan turun secara bergantian). Gunakan pula tangan untuk memutar atau memeras daerah kaki secara lembut.

  • Telapak kaki

Pada telapak kaki, lakukan pijatan dengan ibu jari Anda. Tekan dan pijat secara lembut hingga ke arah jari-jari. Saat sampai di daerah jari-jari, janganlah menarik ruas jari bayi dengan kencang karena hal ini tentu sangat berbahaya.

Anda hanya diperbolehkan memijat secara lembut setiap ruas jari. Dan jika memungkinkan, akhiri dengan tarikan yang lembut.

  • Punggung kaki

Lakukan pijatan lembut di punggung kaki dengan membuat gerakan memutar di sekitar mata kaki menggunakan kedua ibu jari Anda. Setelah selesai, lanjutkan dengan gerakan seperti mengurut punggung kaki.

  • Betis

Sesampainya di daerah betis, lakukan gerakan Swedish milking, yaitu gerakan seperti mengurut atau menarik betis dari atas menuju ke arah kaki dengan menggunakan kedua tangan Anda. Setelah itu, lanjutkan dengan gerakan memutar betis menggunakan telapak tangan seperti membuat api unggun.

  • Paha

Letakkan kedua tangan di pangkal paha, serta lakukan gerakan memijat dan meremas secara lembut. Ulangi beberapa kali dan lanjutkan dengan gerakan penutup berupa merapatkan kaki dan mengusap lembut hingga ke mata kaki dengan menggunakan tangan secara bersamaan.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

  • Perut

Karena banyak sekali organ yang ada di daerah perut, Anda perlu berhati-hati saat melakukan pijatan ini. Hindari pijatan yang terlalu keras dan lihat respon bayi saat memijatnya. Jika bayi menangis, rewel, atau gelisah, hentikan pijatan, karena mungkin si Kecil merasa tidak nyaman.

  • Gerakan mengayuh sepeda

Gerakan mengayuh sepeda tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Gerakan ini dapat mengurangi keluhan kolik pada bayi. Pegang kedua kaki bayi dengan tangan Anda, kemudian gerakan ke atas dan ke bawah seperti sedang mengayuh sepeda. Setelah itu, lanjutkan dengan memijat perut dari arah atas menuju bawah dengan lembut.

  • Sun Moon

Gerakan ini membentuk lingkaran seperti sun (matahari) dan setengah lingkaran seperti moon (bulan), dilakukan dengan mulai memijat perut kanan bawah searah dengan jarum jam, dengan jari-jari tangan Anda. Setelah penuh membuat lingkaran, kemudian kembalilah dengan arah berlawanan.

  • Love You

Buat gerakan I dengan menekan perut dari atas ke bawah secara lembut. Kemudian, lanjutkan dengan gerakan L, menekan perut secara lembut dari kanan atas ke samping menuju kiri bawah. Disusul dengan gerakan Y yang membentuk lengkungan dari perut kanan bawah menuju ke kiri bawah.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

2. Dada

  • Open book

Gerakan open book dilakukan dengan cara menekan secara lembut dada bayi ke arah luar dan dilanjutkan memutar atau mengusap di sekitar daerah puting bayi.

  • Kupu-kupu

Gerakan kupu–kupu seperti gerakan menyilang. Dari dada sebelah kanan atas diusap lembut ke arah ulu hati, begitu juga sebaliknya dari dada sebelah kiri atas menuju ke arah ulu hati.

3. Tangan

Gerakan untuk tangan hampir sama dengan gerakan pijat yang dilakukan di daerah kaki. Hanya saja, pada pijatan di tangan di awali dengan gerakan memijat daerah ketiak dan dilanjutkan dengan gerakan Indian milking, memijat telapak tangan dan pergelangan tangan, serta Swedish milking.

  • Pit stop

Memijat ketiak dilakukan dengan cara mengangkat tangan bayi ke atas, kemudian memijat daerah sekitar ketiak dengan jari tangan Anda.

4. Wajah

Pijat daerah di sekitar dahi dan mengurutnya secara perlahan dari arah dalam keluar dengan menggunakan kedua ibu jari. setelah itu lanjutkan memijat lembut bagian hidung dan menyamping ke daerah pipi bayi.

Memijat bayi adalah sarana komunikasi antara ibu dan bayi, jadi selalu tatap mata bayi Anda dan lihat responnya.

Setelah selesai dengan pipi bayi, lanjutkan dengan gerakan memijat di bawah bibir dengan menarik lembut ke arah luar.  Lakukan pula relaksasi di bagian rahang bayi dengan gerakan memutar,

5. Punggung

Pada daerah punggung, ubah posisi bayi menjadi tengkurap. Pastikan bayi dalam posisi nyaman dan masih bebas untuk bernapas. Pijat dan usap secara lembut seluruh bagian punggung dari atas ke bawah dengan menggunakan telapak tangan Anda.

Teknik pijat bayi sangat mudah dilakukan dan disarankan rutin untuk dilakukan karena memiliki manfaat bagi ibu dan bayi. Yang terpenting sebelum memulai pijat bayi, diskusikan dahulu dengan dokter spesialis anak apakah memungkinkan dilakukan stimulasi. Jika selama pijat bayi tampak gelisah dan rewel, sebaiknya hentikan pijatan dan tenangkan bayi dengan cara lain.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar