Sukses

Benarkah Suntik Kromosom Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit?

Tren suntik kromosom untuk mempercerah kulit dalam waktu singkat melanda masyarakat. Apa manfaat suntik kromosom menurut medis?

Klikdokter.com, Jakarta Zaman sekarang, banyak orang ingin mendapatkan hasil dengan instan, termasuk dalam hal kecantikan. Salah satu aspek kecantikan wajah yang sedang menjadi sorotan adalah perawatan kulit dengan penggunaan suntik vitamin atau dikenal dengan suntik kromosom.

Metode yang disebut sebagian orang dengan istilah infus kromosom ini digadang-gadang dapat memutihkan kulit. Bagaimana fakta medis di balik suntikan ini?

Mengenal isi suntik kromosom

Dari namanya, Anda akan menduga bahwa materi yang disuntikkan ke dalam tubuh adalah kromosom manusia. Faktanya, suntikan kromosom tidak mengandung kromosom manusia, tapi senyawa penghambat gen SLC24A5 (SLC24A5 gen inhibitor).

SLC24A5 adalah gen yang bertanggung jawab dalam pigmentasi kulit. Namun, apakah penyuntikan senyawa ini benar dapat mengubah kinerja gen dan menurunkan aktivitas gen yang berakhir pada pemutihan kulit?

Secara sederhana, gen adalah materi dalam sel yang mengatur semua proses kehidupan manusia, mulai dari warna rambut, warna kulit, hingga bentuk wajah Anda. Nah, manfaat yang diklaim oleh suntik kromosom adalah obat dapat masuk ke dalam sel Anda dan menekan gen yang bertanggung jawab dalam warna kulit. Dengan penekanan gen ini, kulit Anda pun bisa menjadi jauh lebih putih.

Apakah ada bukti penelitian yang mendukung hal ini? Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian berskala besar yang dapat menjadi landasan terapi ini. Padahal, setiap obat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia sebaiknya melalui penelitian untuk mengetahui efektivitas dan keamanan dari produk tersebut.

Jika tidak melalui penelitian, bisa jadi terdapat efek samping yang tidak terdeteksi dan pada akhirnya dapat membahayakan penggunanya.

Anda patut waspada terhadap bahaya suntikan ke dalam tubuh. Jika obat ini tidak melalui uji klinis, artinya Anda memasukkan obat dengan efek yang masih belum dibuktikan. Mungkin efek sampingnya tidak terasa sekarang, tapi bisa terjadi di masa yang akan datang.

1 dari 2 halaman

Solusi kulit lebih sehat dan cerah

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan cerah. Menjalankan pola hidup sehat bisa menjadi salah satu langkah untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecerahan kulit.

  • Bersihkan wajah dengan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit, terutama setelah beraktivitas dan sebelum tidur. Membersihkan wajah dapat menghilangkan debu dan kotoran yang menempel setelah beraktivitas. Kotoran pada kulit wajah dapat meningkatkan risiko terjadinya jerawat pada wajah.
  • Jika hendak beraktivitas di bawah matahari, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV.
  • Minum air putih setidaknya 2 liter per hari. Jangan lupakan cairan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jika Anda kekurangan cairan, kulit akan terlihat keriput dan lebih kusam.
  • Perhatikan keseimbangan nutrisi harian. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran. Anda dapat memilih jeruk, pepaya atau pear untuk memenuhi kebutuhan buah Anda. Vitamin C dan Vitamin E pada buah baik untuk kesehatan kulit Anda.

Suntik kromosom atau yang juga disebut awam sebagai infus kromosom memang diklaim bisa memutihkan kulit dalam waktu singkat. Akan tetapi, terapi itu belum didukung penelitian ilmiah terkait efek sampingnya. Daripada melakukan prosedur yang belum jelas keamanannya, lebih baik Anda mulai menjalankan pola hidup sehat. Selain kulit bertambah cerah, tubuh Anda pun juga ikut sehat.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar