Sukses

Kiat Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

Munculnya tenggorokan gatal bisa sangat mengganggu aktivitas. Kenali beberapa cara mudah untuk mengatasinya ketika rasa itu muncul.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami sensasi gatal atau seperti rasa digelitik di tenggorokan. Tak jarang, tenggorokan gatal juga disertai dengan batuk kering. Batuk memang salah satu mekanisme tubuh untuk menyingkirkan lendir atau zat iritasi lain penyebab gatal. Namun sayangnya, batuk tidak selalu bisa menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. 

Penyebab radang tenggorokan

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari Klikdokter, rasa kering di tenggorokan atau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya dehidrasi, penggunaan obat-obat tertentu, defisiensi vitamin.

“Bila disertai rasa gatal dan terdapat dahak yang keluar, dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, dan iritasi,” tutur dr. Alvin.

Adapun penyebab lainnya, seperti dikutip dari Medical News Today, adalah:

  • Post-nasal drip (ingus kental, dan terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan)
  • Sinusitis
  • Sakit tenggorokan
  • Asma
  • Iritasi lingkungan atau polusi
  • Asma
  • Dehidrasi

Selain itu, tenggorokan gatal juga bisa disebabkan oleh penyakit refluks gastroesofageal, atau dikenal sebagai GERD. Kondisi tersebut dapat menyebabkan batuk kronis dan menggelitik di tenggorokan.

Pengobatan tenggorokan gatal

Kunci untuk mengatasi tenggorokan gatal adalah memahami penyebabnya sebelum menentukan pengobatan yang tepat. Berikut cara mengobati tenggorokan gatal:

  1. Sakit tenggorokan

Jika tenggorokan gatal karena sakit tenggorokan, Anda dapat mengatasinya dengan obat antiinflamasi, istirahat, dan pengobatan rumahan yang dijual bebas.

  1. Alergi

Untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan yang disebabkan oleh alergi, Anda harus mengidentifikasi apa yang menyebabkan alergi dan menghindarinya. Mengidentifikasi zat alergi dapat dilakukan dengan bantuan ahli alergi. Ketika tidak mungkin untuk menghindari alergen, seperti serbuk sari di udara, obat yang termasuk antihistamin dapat membantu mengurangi iritasi.

  1. Sinusitis

Infeksi sinus atau dikenal sebagai sinusitis adalah penyebab umum lain dari rasa gelitik di tenggorokan. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat diobati dengan antibiotik. Sementara itu, infeksi virus diatasi dengan penghilang rasa sakit dan perawatan hidung yang dijual bebas.

  1. Dehidrasi

Meningkatkan produksi air liur dapat membantu mengurangi gejala dehidrasi dan menghilangkan rasa geli di tenggorokan yang disebabkannya.

  1. Debu dan iritan lainnya

"Sering terpapar polusi atau zat iritan dapat menyebabkan seseorang rentan terkena radang tenggorokan. Asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap pembakaran sampah yang terhirup dapat menimbulkan radang pada tenggorokan," kata dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan berhenti merokok dan membatasi paparan asap rokok, serta membatasi paparan asap lainnya.

  1. GERD

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD dapat diobati dengan kombinasi konsumsi obat dan perubahan gaya hidup. Gaya hidup yang dapat Anda terapkan antara lain tidur dengan kepala terangkat dan memodifikasi kebiasaan makan dan minum.

  1. Asma

Asma adalah kondisi paru-paru kronis di mana saluran udara menjadi meradang dan menyempit, sehingga sulit bernapas. Bagi sebagian orang, rasa gatal di tenggorokan dan batuk kronis adalah gejala asma utama mereka.

Penderita asma perlu bekerja sama dengan dokter mereka untuk mengembangkan dan mengikuti rencana perawatan yang dapat mengendalikan gejala mereka.

1 dari 2 halaman

Cara mudah mengatasi tenggorokan gatal

Karena tenggorokan gatal adalah gejala umum dan biasanya tidak terkait dengan kondisi kesehatan yang serius, banyak penderita beralih ke pengobatan rumahan untuk menghilangkan rasa itu.

Ada beragam pilihan untuk dipilih, termasuk:

  • Teh panas dengan lemon atau madu
  • Sup panas
  • Minuman yang terbuat dari air panas, jus lemon, dan madu
  • Teh jahe
  • Tablet pereda tenggorokan atau permen jahe hangat
  • Minum lebih banyak air
  • Menghindari kafein
  • Menggunakan pelembap udara agar kulit tidak terlalu kering
  • banyak istirahat
  • Mandi dengan air hangat.

Beberapa cara mudah di atas bisa Anda lakukan untuk meredakan tenggorokan gatal. Akan tetapi, jika rasa gatal di tenggorokan menetap selama lebih dari 3 minggu dan disertai oleh kelenjar bengkak, demam, kesulitan menelan, mengi, penurunan berat badan, Anda harus segera ke dokter. Penanganan lebih lanjut mungkin dibutuhkan untuk mengatasi kondisi Anda.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar