THT

Kiat Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 11 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tenggorokan gatal bisa mengganggu. Bagaimana cara mengatasi tenggorokan gatal? Mari simak 6 obat tenggorokan gatal alami maupun medis di sini.

Kiat Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

Gatal di tenggorokan merupakan sensasi gatal atau seperti digelitik di tenggorokan. Tak jarang, tenggorokan gatal juga disertai batuk kering. 

Batuk memang salah satu mekanisme tubuh untuk menyingkirkan lendir atau zat iritan lain penyebab gatal. Namun, sayangnya batuk tidak selalu bisa menghilangkan gatal tenggorokan. 

Rasa kering di tenggorokan atau mulut dapat disebabkan beberapa hal, di antaranya infeksi, alergi, dehidrasi, dan penggunaan obat-obat tertentu. Lalu, apa saja cara mengatasi tenggorokan gatal?

1. Cukup Minum Air Hangat

Cairan membantu membersihkan lendir yang dapat menyebabkan rasa gatal. Suhu hangat juga dapat mengurangi frekuensi batuk. 

Air hangat bisa menjadi pilihan obat tenggorokan gatal alami. Cobalah minuman hangat untuk membantu mengurangi gejala gatal tenggorokan.

2. Berkumur

Menjaga kebersihan mulut penting untuk mencegah iritasi tenggorokan. Salah satu kiatnya, coba berkumur dengan cairan pembersih mulut sebagai cara mengobati tenggorokan gatal. 

Jangan anggap sepele kebersihan rongga mulut. Berkumurlah rutin untuk menghindari keluhan gatal tenggorokan.

3. Antihistamin

Antihistamin dapat mengurangi reaksi alergi. Namun, tidak semua tenggorokan gatal disebabkan oleh alergi. 

Karena itu, pemeriksaan dokter diperlukan untuk memastikan diagnosis. Menghindari pencetus alergi juga perlu Anda lakukan untuk menurunkan keluhan gatal tenggorokan yang disebabkan alergi.

4. Obat Penurun Peradangan 

Obat penurun peradangan bekerja dengan meredakan sakit tenggorokan. Salah satu contohnya adalah ibuprofen. 

Namun, jangan sembarangan menggunakan obat ini tanpa pemantauan dokter. Selain itu, tidak semua gatal tenggorokan memerlukan obat penurun peradangan.

5. Obat Pengencer Dahak

Salah satu penyebab tenggorokan gatal adalah lendir pada tenggorokan. Cara menghilangkan gatal tenggorokan akibat lendir ini bisa dilakukan dengan menggunakan obat pengencer dahak, agar dahak lebih mudah dikeluarkan.

Artikel Lainnya: Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

6. Berhenti Merokok

Penyebab gatal di tenggorokan lainnya adalah iritasi tenggorokan oleh asap rokok. Jadi, kurangi paparan asap rokok jika Anda ingin mengurangi keluhan gatal tenggorokan, ya.

Beberapa cara mudah di atas bisa Anda lakukan untuk meredakan tenggorokan gatal. 

Jika rasa gatal di tenggorokan menetap selama lebih dari tiga hari dan disertai kelenjar bengkak, demam, kesulitan menelan, mengi, dan penurunan berat badan, segera ke dokter. 

Penanganan lebih lanjut mungkin dibutuhkan untuk mengatasi kondisi Anda. Konsultasi ke dokter lebih cepat dan mudah lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses 2022. 6 Sore Throat Remedies That Actually Work.

tenggorokanGatalRadang Tenggorokan