Sukses

Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

Menjaga gigi tetap sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat, salah satunya buah. Apa saja buah yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut?

Buah memiliki ragam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, asupan sehat ini juga mengandung beberapa nutrien penting yang dibutuhkan untuk menjaga gigi tetap sehat.

Faktanya, buah memiliki banyak nutrisi dan ragam antioksidan yang dapat membantu melindungi gusi maupun jaringan mulut lainnya dari kerusakan sel ataupun infeksi bakteri.

 

1 dari 2 halaman

Buah untuk Kesehatan Gigi

Berikut ini adalah beberapa pilihan buah untuk kesehatan gigi Anda:

1. Apel

Buah apel memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi.

Dengan adanya gerakan mengunyah saat Anda mengonsumsi buah ini, produksi air liur (saliva) juga akan menjadi lebih banyak sehingga mampu menetralkan keasaman mulut. Hal ini dapat berguna mencegah terjadinya gigi berlubang.

Tekstur dari buah apel yang sedikit kasar juga dapat ‘menggosok’ dan membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan, termasuk plak yang menempel.

Buah yang umumnya berwarna merah ini juga banyak mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu mencegah gusi dan jaringan sekitarnya dari kerusakan dan infeksi bakteri.

Artikel Lainnya: Ini Makanan yang Baik dan Buruk bagi Kesehatan Gigi

2. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, yang sangat berguna untuk kesehatan pembuluh darah. Buah berwarna merah ini dapat meredakan peradangan, sehingga mampu menjaga kesehatan gusi Anda.

Tidak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam stroberi juga sangat berguna untuk produksi kolagen — suatu protein yang mampu melawan penyakit periodontal.

Buah ini pun dipercaya dapat mencerahkan warna gigi berkat kandungan asam malat yang ada di dalamnya.

3. Anggur

Anggur sangat kaya antioksidan, yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit periodontal. Buah berwarna ungu ini juga mengandung fungsi antosianin untuk mencegah menempelnya plak pada permukaan gigi. 

Beberapa penelitian mengasumsikan bahwa anggur memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kanker mulut.

4. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, yang memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Kandungan nutrisi buah ini juga mampu mengatasi penyakit gusi agar tidak bertambah parah, karena dapat mengurangi peradangan.

Artikel Lainnya: Waspada Bahaya Minuman Kekinian untuk Kesehatan Gigi

5. Pir

Buah pir memiliki manfaat dalam menetralkan asam di dalam mulut. Dengan kondisi tersebut, mulut akan selalu segar sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengancam kesehatan gigi.

6. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Buah ini terbukti dapat membasmi bakteri di mulut dan meningkatkan asupan kolagen untuk mendukung kesehatan gusi Anda.

7. Cranberry

Buah cranberry mengandung antosianin dan kaya akan polifenol, yang dapat mencegah pembentukan plak gigi sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Buah ini juga efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, terbentuknya plak gigi, serta mencegah radang gusi dan kerusakan gigi.

8. Semangka

Semangka mendukung gigi dan gusi yang sehat, karena kaya akan serat. Kadar air yang tinggi pada buah ini juga memicu produksi air liur. Hal ini dapat membuat mulut Anda terlindung dari partikel sisa makanan dan bakteri.

Di samping itu, semangka juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah penyakit gusi, menghambat pembentukan plak dan karang gigi.

9. Timun

Timun adalah buah yang renyah dan kaya akan serat. Buah ini memiliki kadar air yang tinggi, sehingga membantu melapisi mulut Anda agar tidak kering.

Mengunyah mentimun akan menghasilkan air liur untuk membantu menghilangkan bakteri jahat di mulut Anda.

Itulah buah-buahan yang dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Namun perlu diketahui, sebagian buah-buah di atas banyak mengandung asam.

Artikel Lainnya: Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk langsung menggosok gigi setelah mengonsumsinya. Tunggulah sekitar 30 menit hingga 1 jam, agar lapisan gigi tidak terkikis.

Supaya kesehatan gigi dapat lebih optimal lagi, jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi buah-buahan tersebut dengan kebiasaan menyikat gigi dengan cara yang tepat dan dilakukan secara rutin.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, ya!

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai makanan untuk kesehatan gigi, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter melalui layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

2 Komentar