Sukses

Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

Studi mengatakan beberapa jenis buah baik untuk kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Apa saja? Ini beberapa buah yang dimaksud.

Buah juga mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga gigi tetap sehat.

Faktanya, buah memiliki ragam antioksidan yang dapat membantu melindungi gusi maupun jaringan mulut lainnya dari kerusakan sel ataupun infeksi bakteri.

Anda harus bijak dalam memilih buah untuk gigi. Pasalnya, tak semua buah bagus untuk gigi karena sifat asamnya.

Lalu, perhatikan pula bagaimana cara mengonsumsi buah dan seberapa sering memakannya.

Berikut ini beberapa buah yang bisa meningkatkan kesehatan gigi dan gusi:

1 dari 5 halaman

1. Apel

Buah apel memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi.

Dengan adanya gerakan mengunyah saat Anda mengonsumsi buah ini, produksi air liur (saliva) juga akan menjadi lebih banyak, sehingga mampu menetralkan keasaman mulut. Hal ini dapat berguna mencegah gigi berlubang.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

Tekstur buah apel yang renyah dan sedikit kasar juga dapat “menggosok” dan membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan, termasuk plak yang menempel. Napas pun lebih segar.

Apel banyak mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan ini membantu mencegah kerusakan dan infeksi bakteri pada gusi dan jaringan sekitarnya.

2. Stroberi

Stroberi yang kaya vitamin C sangat berguna untuk kesehatan pembuluh darah. Buah merah ini dapat meredakan peradangan, sehingga mampu menjaga kesehatan gusi.

Vitamin C stroberi juga sangat berguna untuk produksi kolagen, yaitu protein yang mampu melawan penyakit periodontal.

Buah ini pun dipercaya dapat mencerahkan warna gigi berkat kandungan asam malat di dalamnya.

2 dari 5 halaman

3. Anggur

Anggur sangat kaya antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit periodontal. Buah ungu ini juga mengandung antosianin untuk mencegah menempelnya plak pada permukaan gigi. 

Beberapa penelitian mengasumsikan, anggur memiliki manfaat mengurangi risiko kanker mulut.

4. Jeruk

Buah jeruk kaya vitamin C yang memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Kandungan nutrisi buah ini juga mampu mengatasi penyakit gusi agar tidak bertambah parah, karena dapat mengurangi peradangan.

5. Pir

Buah pir memiliki manfaat menetralkan asam di dalam mulut. Dengan kondisi tersebut, mulut akan selalu segar sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan mengancam kesehatan gigi.

Artikel Lainnya: Makanan yang Bisa Memperkuat Gigi Anak

3 dari 5 halaman

6. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Buah ini terbukti dapat membasmi bakteri di mulut dan meningkatkan asupan kolagen untuk mendukung kesehatan gusi.

7. Cranberry

Buah cranberry mengandung antosianin dan kaya polifenol. Kandungan ini dapat mencegah pembentukan plak gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Buah ini juga efektif menghambat pertumbuhan bakteri, terbentuknya plak gigi, serta mencegah radang gusi dan kerusakan gigi.

8. Semangka

Semangka mendukung gigi dan gusi yang sehat, karena kaya serat. Kadar air yang tinggi pada buah ini juga memicu produksi air liur. Hal ini dapat membuat mulut terlindungi dari partikel sisa makanan dan bakteri.

Semangka juga kaya vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah penyakit gusi, serta menghambat pembentukan plak dan karang gigi.

4 dari 5 halaman

9. Timun

Timun kaya akan serat. Buah yang kerap dikelompokkan sebagai sayur ini memiliki kadar air tinggi, sehingga membantu melapisi mulut agar tidak kering.

Mengunyah mentimun akan menghasilkan air liur untuk membantu menghilangkan bakteri jahat di mulut, sekaligus menetralkan kondisi rongga mulut yang asam.

Artikel Lainnya: Cek, Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gusi

10. Pisang

Buah pisang sangat baik untuk menunjang kesehatan gigi karena mengandung vitamin C, B6, dan juga kaya serat.

Pisang juga mengandung mineral seperti potassium, mangan, dan magnesium yang bisa memperkuat gigi.

Dibandingkan jeruk, pisang mempunyai pH keasaman 4,5-5,2 yang rendah asam, sehingga buah ini sangat baik untuk gigi.

Itulah buah-buahan yang dapat menunjang kesehatan gigi dan mulut. Namun, untuk buah-buahan yang mengandung asam tinggi, disarankan tidak langsung menggosok gigi setelah mengonsumsinya.

Tunggulah sekitar 30 menit hingga 1 jam, agar lapisan email gigi tidak terkikis. Supaya kesehatan gigi dapat lebih optimal, jangan lupa mengombinasikan konsumsi buah-buahan tersebut dengan kebiasaan menyikat gigi dengan tepat dan rutin.

Tak lupa lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, ya! Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai makanan untuk kesehatan gigi, konsultasi melalui LiveChat dokter gigi di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

2 Komentar