Sukses

7 Manfaat Olahraga Golf untuk Kesehatan

Lebih dikenal sebagai aktivitas untuk kepentingan melobi, olahraga golf juga menawarkan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Tak seperti lari atau bersepeda, olahraga golf kurang populer di kalangan masyarakat luas. Meski bertitel “olahraga”, tetapi umumnya golf hanya populer di kota-kota besar, dan penggiatnya biasanya politisi, pebisnis, atau memang atlet. Lantas, selain demi keberhasilan bisnis atau melobi, ada tidak, sih, manfaat golf untuk kesehatan?

Golf adalah salah satu jenis olahraga yang populer di dunia. Olahraga ini dimainkan di lapangan sangat luas, berkisar 30-200 hektar. Target utama golf adalah memasukkan bola ke lubang dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin, dengan menggunakan klab (stik golf).

Faktanya, golf tak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat terhadap tubuh. Apa saja?

  1. Paparan suasana outdoor

Suasana yang monoton, dingin, dan terkungkung di dalam ruangan kerja sering kali membuat jenuh dan stres. Golf yang dilakukan di lapangan luas, dikelilingi pohon dan rumput hijau, membuat Anda akan terpapar dengan suasana luar ruangan. Tubuh dan pikiran akan lebih tenang, udara yang Anda hirup segar dan sangat minim kontaminasi polusi.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa paparan terhadap suasana di luar ruangan berwarna hijau, seperti lapangan golf, akan membuat tubuh relaks, mengurangi stres, serta mengurangi rasa cemas. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, yang mana perannya sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.

  1. Memperkuat kandung kemih

Ternyata, bermain golf secara rutin bisa memperkuat kandung kemih. Eh, bagaimana bisa? Saat bermain golf, pemainnya akan berada di tengah lapangan luas, sehingga secara tidak langsung membuat pemainnya tidak bisa leluasa ke toilet terlalu sering. Nah, ternyata ini akan melatih pemain untuk mengontrol kandung kemih, sehingga otot-ototnya jadi kuat.

  1. Membakar kalori

Biasanya, mobil golf digunakan pemain untuk mengantar pemain ke tempat bola atau lubang selanjutnya. Padahal, jika lebih banyak berjalan kaki sambil membawa peralatan golf, maka pemain dapat membakar hingga 1.000 kalori tiap main golf. Cukup banyak, bukan?

  1. Menjaga kesehatan jantung

Sekilas memang golf tidak tampak melelahkan seperti olahraga tipe aerobik. Namun, bermain golf juga dapat memicu kerja jantung. Bermain golf akan meningkatkan denyut jantung dan melatihnya untuk bekerja lebih keras memompa darah, sehingga risiko terjadinya penyakit jantung bisa diturunkan jika dilakukan secara rutin.

  1. Baik untuk kesehatan otak

Dengan peningkatan denyut jantung, aliran darah ke otak juga akan meningkat. Kondisi ini dapat menstimulasi dan meningkatkan koneksi sel saraf. Hal ini dapat memperlambat kelainan mental seperti demensia.

Selain itu, bermain golf rupanya juga dapat melatih otak untuk berpikir, mengatur strategi, serta koordinasi antara mata dan otot-otot tangan. Semuanya itu melatih kerja otak untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit otak yang bersifat degeneratif.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Bermain golf dapat meningkatkan kualitas tidur karena pembakaran yang disebabkan oleh peningkatan kerja otot saat membuat tubuh terasa lelah setelah selesai bermain. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

Tidur nyenyak sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, karena golf dapat mengurangi stres, maka kualitas tidur Anda juga akan menjadi lebih baik.

  1. Bikin panjang umur

Menurut sebuah penelitian yang dimuat di “The British Journal of Sports Medicine”, mereka yang rutin bermain golf bakal terhindar dari 40 penyakit kronis, antara lain diabetes dan kanker payudara atau usus.

Selain itu, bukti menunjukkan bahwa para pemain golf hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain golf, menikmati perbaikan taraf kolesterol, proporsi tubuh, kesehatan, dan kepuasan diri.

Wah, ternyata banyak juga, ya, manfaat golf untuk kesehatan?! Karenanya, anggapan bahwa golf hanya olahraga untuk pebisnis, politisi, atau untuk orang kaya harus Anda hapuskan. Karena, pada dasarnya padang golf yang tersebar di berbagai kota tak hanya bisa diakses anggotanya, tetapi juga publik yang penasaran untuk mencobanya. Jika belum pernah mencoba sama sekali, jangan khawatir, ada instuktur yang siap membimbing Anda.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar