Sukses

Jangan Sepelekan Sakit Kepala Bagian Belakang, Kenali Penyebabnya!

Jika Anda sering mengalami sakit kepala bagian belakang, jangan pernah sepelekan. Kenali penyebabnya dan lakukan pencegahan dini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian dari Anda yang pernah merasakan sakit kepala bagian belakang tentu tidak ingin merasakannya lagi. Saat sakit kepala tersebut menyerang, rasa berat, linu, dan nyeri biasanya datang bersamaan. Beragam rasa sakit tersebut biasanya kemudian menjalar ke tengkuk atau leher.

Sakit kepala jenis ini biasanya sering diartikan sebagai keluhan yang muncul akibat  kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi. Padahal penyebabnya tidak selalu berhubungan dengan kedua hal tersebut.

Beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang

Dilansir WebMD, salah satu penyebab yang sering kali tidak disadari penderita adalah postur atau sikap tubuh yang buruk. Kebiasaan berdiri atau duduk membungkuk ternyata bisa memicu sakit kepala bagian belakang. Selain sikap tubuh yang tidak tegak, beberapa jenis sakit kepala juga bisa menjadi penyebabnya.

Senada dengan itu, menurut dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter, kondisi sakit kepala yang terjadi pada kepala bagian belakang ini diakibatkan oleh beragam faktor, seperti gangguan pada otot leher, peradangan pembuluh darah hingga perdarahan di dalam otak.

Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang seperti yang dikatakan oleh dr. Alvin.

  1. Tension type headache

Kondisi ini merupakan nyeri kepala dengan gejala nyeri tumpul di sekitar kepala. Biasanya bagian belakang kepala juga akan mengalami nyeri yang luar biasa. Sakit kepala ini biasanya dialami oleh orang dewasa dan bisa diakibatkan oleh berbagai penyebab seperti cahaya, stres dan dehidrasi.

  1. Giant cell aretritis

Gangguan kesehatan ini juga dikenal sebagai peradangan pembuluh darah,  yang biasanya melibatkan pembuluh darah daerah oksipital yang terletak di bagian belakang kepala. Gangguan pembuluh darah ini bisa menyerang hampir seluruh pembuluh darah pada tubuh seperti pembuluh darah pada kepala, mata, hingga ekstremitas.

  1. Spasm otot leher

Gangguan pada otot dan tulang pada leher bisa menyebabkan keluhan sakit kepala. Hal ini jarang dipahami oleh masyarakat. Salah satu gangguan leher yang sering menyebabkan keluhan sakit kepala adalah spasm otot leher. Cedera pada leher atau kesalahan posisi kepala dalam waktu yang lama, biasanya rentan mengakibatkan sakit kepala bagian belakang.

  1. Perdarahan subarachnoid

Kondisi perdarahan di dalam otak juga bisa memicu sakit kepala bagian belakang. Nyeri kepala yang dialami penderita  biasanya terjadi secara tiba-tiba. Kemungkinan terjadinya perdarahan subarachnoid khususnya terjadi pada seorang yang baru saja mengalami cedera kepala. Biasanya diperlukan pemeriksaan CT-scan kepala untuk memastikan diagnosis perdarahan.

1 dari 2 halaman

Kondisi lain penyebab sakit kepala bagian belakang

Selain kondisi-kondisi yang dipaparkan dr. Alvin di atas, ada pula sejumlah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala bagian belakang.

Serangan migrain bisa menjadi salah satu penyebabnya. Pada umumnya migrain ditandai dengan terjadinya denyutan di kepala bagian belakang. Penderita bahkan bisa mengalami mual dan muntah.

Jika Anda sering mengalami kondisi tersebut, Anda bisa mengurangi konsumsi makanan tinggi Monosodium Glutamat (MSG) dan makanan tinggi kandungan garam. Cara ini bisa mengurangi keluhan migrain, sehingga bisa meminimalkan kejadian sakit kepala bagian belakang.

Selain migrain, penyebab jenis sakit kepala yang satu ini adalah seks dan olahraga yang berlebihan. Meski keduanya tergolong sebagai aktivitas yang bisa menyehatkan tubuh, namun berlebihan melakukan aktivitas seks dan olahraga justru bisa memicu penyempitan pembuluh darah. Kondisi inilah yang bisa memicu nyeri kepala di bagian belakang.

Selain itu, masih ada pula sejumlah faktor lain yang rentan memicu sakit kepala bagian belakang, seperti nyeri di sisi kanan bagian belakang kepala dan tumor otak.

Beragamnya penyebab sakit kepala bagian belakang seperti yang dipaparkan di atas perlu membuat Anda lebih waspada. Kondisi gangguan kesehatan tersebut tidak boleh disepelekan. Jangan tunggu lebih lama, apalagi sampai minum sembarang obat tanpa resep yang dianjurkan oleh dokter. Jika Anda sering mengalami sakit kepala jenis ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar