Sukses

Makan Apel, Lebih Baik dengan Kulitnya atau Dikupas?

Dikupas mengurangi gizi, dimakan dengan kulit katanya bahaya untuk kesehatan. Jadi, bagaimana sebenarnya cara terbaik makan apel?

An apple a day keeps the doctor away. Pepatah tersebut berarti bahwa Anda tidak akan berobat ke dokter apabila mengonsumsi satu buah apel setiap hari.

Memang, buah yang mengandung banyak gizi ini terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh bagian luar dan dalam.

Sayang, tak sedikit orang yang enggan menjadikannya menu harian lantaran pro dan kontra terkait cara terbaik makan apel.

Ada yang bilang bahwa apel harus dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Ini karena kandungan dalam kulit apel yang dinilai bermanfaat bagi tubuh.

Namun di balik itu, kulit apel juga berpotensi mengandung zat lilin dan pestisida. Jika masuk ke dalam tubuh, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Lalu sebaiknya makan apel dengan kulit atau tidak, ya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Kandungan Kulit Apel

Beberapa orang lebih memilih makan apel dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Cara ini dianggap mampu melindungi tubuh dari risiko terpapar zat lilin maupun pestisida.

Meski demikian, makan apel dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu juga dipercaya bisa mengurangi kandungan gizi yang ada di dalam buah tersebut.

Artikel Lainnya: Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Baik?

Secara umum, kandungan pada kulit apel, yakni vitamin A dan C, berbagai mineral, termasuk kalsium, kalium, dan fosfor.

Apel tanpa kulit sendiri sudah mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti kalori, serat, karbohidrat, lemak, dan protein.

Jadi, walaupun kulit apel dikupas, nutrisi yang terkandung pada buah apel tidak akan hilang. Hanya saja, mengupas kulit apel akan mengurangi kandungan nutrisinya.

Bila ingin mendapatkan nutrisi dari buah apel dengan kulitnya, jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Studi yang dipublikasi di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan, salah satu bahan yang terbukti efektif menghilangkan zat lilin dan pestisida pada kulit apel adalah baking soda atau soda kue.

Larutkan 1 sendok makan baking soda dengan 100 cc air bersih dan rendam apel selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang mengalir. Bila perlu gunakan spons untuk menggosok kulit apel selagi dibilas.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Buah Apel untuk Atasi Sembelit

2 dari 3 halaman

Manfaat Makan Apel dengan Kulitnya

Jika bicara cara makan apel dikupas dan tidak, keduanya memang memberikan pasokan gizi yang berbeda.

Secara spesifik, berikut adalah manfaat yang didapat apabila makan apel dengan kulit:

1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu kandungan terbanyak pada apel. Vitamin ini merupakan kunci penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk membasmi kuman penyebab penyakit.

Tidak hanya itu, vitamin C memegang peran besar dalam melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Pada apel yang tidak dikupas, kandungan vitamin C di dalamnya adalah sekitar 10,3 miligram. Sementara pada apel yang dikupas, kandungan vitamin C di dalamnya hanya sekitar 8,6 miligram.

2. Potasium

Perbedaan kandungan gizi pada apel yang dikupas dan tidak, juga berlaku pada kandungan potasium di dalamnya.

Apel yang tidak dikupas mengandung 239 miligram potasium, sedangkan yang dikupas hanya mengandung 194 miligram potasium.

Mengapa kandungan potassium dalam makanan harus diperhatikan? Ini karena zat gizi tersebut merupakan salah satu komponen penting yang tugasnya menjaga kesehatan organ vital, seperti jantung, otot, dan sistem saraf.

3. Vitamin A

Perbedaan angka gizi pada apel yang dimakan bersama kulit atau dikupas juga terjadi pada kandungan vitamin A.

Perlu diketahui, vitamin tersebut memegang kunci penting untuk memelihara kesehatan dan kerja mata, kulit, tulang maupun organ tubuh lainnya.

Apel yang kulitnya tidak dikupas mengandung 120 IU vitamin A. Sementara itu, apel yang dikupas hanya mengandung 82 IU vitamin A.

Artikel Lainnya: Manfaat Konsumsi Apel, Bisa Usir Penyakit Ini

4. Vitamin K

Kandungan vitamin K juga berbeda antara apel yang sudah dikupas dengan yang tidak.

Apel dengan kulit mengandung 4,9 mikrogram vitamin K, sedangkan apel tanpa kulit mengandung 1,3 mikrogram vitamin K.

5. Sumber Mineral

Tahukah Anda bahwa apel juga kaya akan mineral lain, seperti kalsium, asam folat, serta zat besi?

Namun demikian, kandungan mineral tersebut cenderung lebih rendah jika kulit apel yang dimakan telah dikupas.

6. Ursolic Acid

Manfaat kulit apel salah satunya untuk membantu menurunkan berat badan dan melawan obesitas. Khasiat ini diperoleh dari kandungan ursolic acid pada kulit apel.

7. Serat

Zat gizi lain yang juga terpengaruh dari ada atau tidaknya keberadaan kulit apel adalah serat. Faktanya, kulit apel adalah bagian yang mengandung paling banyak serat.

Sebuah apel yang tidak dikupas mengandung 5,4 gram serat. Sementara itu, apel yang sudah dikupas hanya mengandung 2,8 gram di dalamnya. Bedanya lumayan, bukan?

Sekarang Anda sudah tahu bahwa cara terbaik makan apel adalah bersama dengan kulitnya, alias tidak dikupas terlebih dahulu.

Namun sebelum itu, Anda dianjurkan untuk mencuci buah apel hingga benar-benar bersih agar zat lilin atau pestisida yang mungkin menempel bisa sepenuhnya luruh.

Ingin tahu fakta kesehatan lainnya? Unduh di aplikasi Klikdokter untuk membaca beragam artikel menarik seputar kesehatan.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar